Lombok Day 5: Lembah Sembalun & Hutan Pusuk

4 hari sebelumnya selalu panas2an ke pantai. Hari kelima kami mencoba ke tempat yang agak adem. Akhirnya kami memutuskan untuk jalan2 ke Lembah Sembalun. Sembalun berada di punggung sebelah timur dari Gunung Rinjani, memakan waktu hampir 2 jam dari kota Mataram. Sembalun ini terkenal sebagai entry point buat mendaki Gunung Rinjani. Seandainya ke puncak Rinjani semudah ke puncak Kelimutu, pasti kami kesana. Tapi apa daya, gak berbakat mendaki gunung :))

Sebelum sampai ke Sembalun kita akan melewati pintu masuk Taman Nasional Gunung Rinjani. Disini jalannya mulai menanjak, sempit, trus gelap karena menerobos hutan lebat. Sempat ketar ketir karena motornya gak begitu bertenaga, akhirnya sampai ke sebuah panorama. Disini lembah Sembalun terlihat sangat jelas dan indah.

Setelah puas bersantai disana, kami melanjutkan perjalanan menuju lembah. Sawahnya lagi hijau banget dengan latar bukit2. Di pinggir jalan ada beberapa kebun strawberry yang menyediakan wisata petik strawberry.

Kami memutuskan untuk pulang ke Mataram dengan terus ke utara melingkari gunung Rinjani. Di beberapa tempat, jalan yang kami lewati berada di pinggir pantai utara Lombok, tapi kami gak nemu pantai yang menarik. Kami terus jalan menuju hutan pusuk, yang aksesnya lebih cepat daripada jalan di pantai barat Lombok. Banyak monyet disini. Beberapa orang sengaja berhenti buat ngasih makan. Karena udah capek naik motor jauh hari ini kami cuma lewat untuk segera kembali ke Mataram dan istirahat.

14 thoughts on “Lombok Day 5: Lembah Sembalun & Hutan Pusuk

  1. Foto yang pertama keren banget! Dulu saya pas naik Rinjani mulai dari Sembalun, tapi gak inget lihat pemandangan kayak gitu. Mungkin karena saking terfokus sama tanjakan di depan yang gak abis-abis.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s