Lombok Day 2: Pantai Selong Belanak, Pantai Mawi, Pantai Semeti, Pantai Mawun, Pantai Kuta, Tanjung Aan, Pantai Seger & Dusun Sasak Sade

Hari kedua tujuan kami yaitu pantai2 di lombok tengah plus kampung sasak Sade. Sebanyak itu dalam 1 hari? Iya! Jarak pantai2 itu gak terlalu jauh kok😀

Dimulai dari yang paling barat dulu, Pantai Selong Belanak. Pantai ini favorit kami di pulau Lombok. Diapit perbukitan, berpasir putih landai dan luas. Sudah mulai banyak dikunjungi, di pinggir pantai banyak tempat bersantai dan warung2 tentunya, tapi tertata rapi dan gak terkesan crowded. Ombaknya lumayan, jadi banyak yang belajar surfing disini. Lautnya berwarna biru terang. Cakep!

Lanjut ke arah timur, ada pantai Mawi. Nah klo pantai yang ini memang tujuannya yang hobi berselancar. Ombaknya besar. Garis pantainya gak terlalu panjang, agak banyak karang tapi airnya jernih. Pasirnya seperti merica.

Gak jauh dari pantai Mawi ada pantai Semeti, sebenarnya masih satu garis pantai. Masih kurang terkenal dibandingkan pantai2 lain di Lombok Tengah, gak ada penunjuk arah, tapi berhasil sampai kesana dengan panduan map dari hp. Pantai ini seolah2 tersembunyi. Akses menuju pantai cuma jalan setapak diantara semak2. Tapi pantai ini gak kalah bagus. Luas, berpasir putih dan lautnya biru. Jangan lewatkan pantai ini klo ke lombok tengah.

Ke timur lagi ada pantai Mawun. Pantai ini unik, bentuknya seperti setengah lingkaran. Bagus banget! Pinggirnya gak terlalu landai, malah agak curam dikit, tapi malah kyk gini bule doyan berjemur😀. Kami yang udah punya kulit eksotis gak perlu ikut berjemur, cukup duduk2 dibawah pondok menikmati angin sepoi2 hehee.

Berikutnya, Pantai Kuta. Iya, Lombok juga punya pantai Kuta. Paling rame di Lombok Tengah. Banyak penginapan, villa dan resort. Money changer dan tour travel pun banyak. Udah komersil banget pokoknya. Di pantai banyak yang surfing pake parasut. Parasurfing bukan namanya?😀. Paling gampang cari warung makan disini. Jadi kami sekalian istirahat dan makan siang.

Selanjutnya kami menuju Tanjung Aan. Sepertinya ini jadi destinasi favorit baru. Aksesnya sudah diperbaiki pemerintah. Sampai disana ternyata memang rame banget. Viewnya paling bagus dari atas bukitkecil di tepi pantai (emang hobi naik bukit hahaa), nampak dengan jelas pemandangan di sekitarnya. Bukitnya ada sabananya lho😀. Disini ada satu spot terkenal, namanya Batu Payung. Tapi mesti naik boat dulu. Jadi kami skip aja.

Masih ada satu pantai lagi, namanya pantai Seger. Kurang tau juga kenapa namanya pantai Seger. Yang jelas emang seger banget duduk di pinggir pantai sambil minum air kelapa muda😀. Di pantai ini ada Monumen Putri Mandalika, biasanya ada festival tahunan namanya Bau Nyale, menangkap cacing laut rame2 mirip di Sumba.

Dalam perjalanan pulang ke Mataram kami mampir di Dusun Sasak Sade. Dusun ini masih menjaga kelestarian budaya suku Sasak dan dijadikan sebagai desa wisata oleh pemerintah. Walaupun berada di pinggir jalan raya, suasananya memang masih sangat tradisional. Warganya banyak menjual kerajinan tangan. Harganya cukup bersahabat. Dan sebelum pulang kami membeli beberapa cenderamata dan tenunan buat ortu.

24 thoughts on “Lombok Day 2: Pantai Selong Belanak, Pantai Mawi, Pantai Semeti, Pantai Mawun, Pantai Kuta, Tanjung Aan, Pantai Seger & Dusun Sasak Sade

  1. Asliii lihat ini jadi tambah sakaw pantai. Udah lamaaaa banget nggak ke pantai. Apalagi disuguhi gambar pantai sepi di Lombok begini… *brb beli tiket ke Lombok hahaha
    Oh iya baru nyadar logo buat watermark kalian baru. Lebih cakep🙂

    • Udah mau masuk musim panas nih halim. Pas buat ke lombok hahaa *komporin*. Watermark lama hilang krn instal ulang laptop huhuu. Jd bikin baru seadanya. Makasih halim😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s