El Nido Tour C: The Beaches of Matinloc

Seperti hari sebelumnya, tour hari ini dimulai pkl 9.30. Kali ini peserta ada 6 org. Berbeda dengan tour kemaren, teman2 tour kali ini sangat ramah. Ada sepasang suami istri dan 2 org lagi masih seusia kami. Dari awal tour kami berenam sudah sibuk mengobrol. Ternyata sepanjang musim panas (Maret sampai Mei) sekolah sedang libur. Dan El Nido ini jadi tempat liburan favorit orang2 Filipina. Makanya selain wisatawan luar, banyak wisatawan lokal yang berkunjung ke El Nido.

Perhentian pertama yaitu Helicopter Island. Yup, pulau ini emang keliatan seperti helikopter. Kapal2 sudah berderet parkir di sisi pantai. Berhubung disini cuma berhenti sebentar, kami langsung foto2.

Kemudian kami melanjutkan perjalanan menuju Hidden Beach. Inilah spot favorit kami disini. Ada sebuah pantai yang tersembunyi dibalik batu2 karst. Boat harus parkir agak di tengah karena ditepi pantai airnya dangkal. Pemandangannya betul2 mengagumkan. Airnya biru terang dikelilingi batu2 karst berwarna kehitaman.

Tujuan berikutnya yaitu Matinloc Shrine. Ya, ada sebuah kuil berwarna putih ditepi pantai yang dikelilingi batu2 karang. Tempat ini unik, bukan cuma karena kuilnya yang cantik, tapi pantainya sangat indah dan punya sebuah dermaga. Di samping kuil ada sebuah jalan setapak berupa anak2 tangga ke atas bukit. Harus hati2 karena curam dan sempit, tapi setelah sampai di atas kita disuguhi pemandangan yang memanjakan mata.

Kemudian boat menyeberang ke pulau sebelahnya, berhenti di Colosa Beach. Awak kapal menyiapkan makan siang dan kami mulai snorkeling. Karangnya tidak bagus, tapi ikannya banyak. Teman2 tour kami sangat penasaran dengan Indonesia. Mereka juga penasaran seperti apa rasanya makanan indonesia. Kami bilang rasanya hampir mirip masakan Filipina, tapi lebih pedas dan berbumbu. Makanan yang disajikan ludes dalam sekejap karena makan siangnya agak telat. Seharusnya makannya di Matinloc Shrine, tapi karena dermaga penuh boat kami terpaksa parkir di pantai sebelahnya.

Masih ada 1 tempat lagi, yaitu Secret Beach. Tempat ini juga gak kalah unik. Kalau hidden beach masih punya akses masuk yang lebar, secret beach ini punya akses masuk yang sangat sulit. Pantai ini tertutup sempurna dibalik tebing karang yang tinggi. Satu2nya akses masuk yaitu sebuah lobang yang lebarnya kurang dari 1 meter. Jika sedang pasang, lobang itu akan tertutup air laut. Artinya harus menyelam untuk melewatinya. Beruntung pas kami kesana air lagi agak surut. Jadi gitu aja? Eits! Kapal gak bisa parkir dekat lobang itu. Harus berhenti kira2 50 meter dari sana. Kedalaman disekitarnya 15 meter! Jadi siapkan tenaga untuk berenang. Setelah melewati lobang itu sampailah kita di secret beach. Pantainya gak begitu luas, tapi pemandangannya bagus. Saran kami, pakai alas kaki. Batu2 karangnya licin dan agak rapuh. Teman kami ada yang terperosok trus kakinya luka.

Tour C ini betul2 seru. Pantas harganya paling mahal. Memang rutenya juga paling jauh. Ahh 2 hari di El Nido terasa sangat singkat. Tapi petualangan seru lainnya sudah menunggu kami di Puerto Princessa..😀

5 thoughts on “El Nido Tour C: The Beaches of Matinloc

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s