Panasnya Gumuk Pasir

Nama lengkapnya adalah Gumuk Pasir Parangkusumo. Objek wisata di Jogja ini berupa bukit bukit pasir yang membentuk landscape seperti padang pasir di negara Timur Tengah. Padang Pasir KW sekian lah.. Di negara tropis seperti Indonesia, tentunya fenomena seperti ini sangat langka. Makanya tidak heran banyak yang datang kesini sekedar untuk berfoto foto narsis. Termasuk Kami. Sore itu kami menuju lokasi Gumuk Pasir tersebut. Lokasinya ada di selatan kota Jogja, tidak jauh dari pantai Parangtritis. Ternyata lokasi Gumuk ini banyak yang “palsu”, yang asli adalah tempat yang ada plang bergambar Luna Maya…

Gumuk pasir ini sebenarnya tidak terlalu luas, tapi sudah cukuplah untuk berfoto serasa di Padang Pasir. Pasirnya abu abu khas pasir vulkanik. Kalau di injak tanpa alas kaki, pasirnya panas pakai banget. Selain itu cuacanya panas terik sampai wajah terasa terbakar. Benar benar berasa di tengah padang pasir, minus onta aja. Kayaknya tempat ini cocok banget dijadikan ajang latihan manasik Haji.

Kalau dari segi geologis, mungkin Gumuk Pasir ini adalah satu satunya yang ada di Asia Tenggara. Tapi jangan salah, ada juga kok padang pasir lain di Asia Tenggara, tepatnya di Mui Ne Vietnam. Kebetulan beberapa bulan yang lalu kami juga sempat ke Padang Pasir ini. Jadi secara nggak sadar kami jadi ngebandingin antara Gumuk Pasir ini dengan Sand Dune nya Mui Ne. (baca tentang Mui Ne disini). Overall Padang pasir di Mui Ne memang jauh lebih bagus, luas dan lebih enak di pandang. Pasirnya juga lebih halus… Jadi kalau belum puas dengan padang pasir di Jogja tapi kejauhan kalau ke Timur Tengah, boleh lah cobain padang pasirnya Vietnam. Loh Kok malah ngomongin Vietnam..

Kembali ke Gumuk Pasir. Ini dia foto fotonya…

 

45 thoughts on “Panasnya Gumuk Pasir

  1. Unik!
    Saya belum pernah ke gurun yang ada di Yogya, Vietnam, maupun Timur Tengah :huhu
    Semoga suatu hari nanti bisa ke sana :amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s