Vietnam Trip Day 3: Cu Chi Tunnel & Perjalanan Menuju Mui Ne

Pukul 7 pagi kami udah check out dari penginapan. Pagi ini kami akan ikut Cu Chi Tunnel half day tour. Setelah sarapan, kami segera menuju kantor Sihn Tourist di seberang jalan, karena mesti check in setengah jam sebelum berangkat, trus nanti dapat tiketnya kayak boarding pass lengkap sama seat number. Mirip tiket pesawat😀. Kami sekalian beli tiket HCMC – Mui Ne PP.

Pukul 8 pas bisnya berangkat. Jaraknya cuma sekitar 60 km, tapi memakan waktu 1 jam 45 menit karena batas kecepatan maksimal bis di HCMC hanya 60km/jam *yawn*. Sepanjang perjalanan tour guidenya sibuk bercerita tentang sejarah Cu Chi Tunnel. Tiket masuk diurus sama tournya, kita cukup bayar ke mereka, jadi sampai disana gak repot lagi ngantri.

Cu Chi Tunnel ini dikenal juga sebagai Tunnel Rats, berfungsi sebagai tempat perlindungan orang Vietnam ketika perang sama AS. Lobang masuknya kecil sekali, pas untuk postur orang asia, tersembunyi di berbagai tempat. Tapi jangan salah, di dalamnya banyak ruangan. Terowongan ini adalah rumah mereka selama 20 th, karena dibombardir terus2an sama tentara AS. Panjangnya mencapai 250km dengan jumlah orang mencapai 10rb. Jadi semuanya ada disini, mulai dari sekolah, dapur, tempat pembuatan pakaian, senjata, dsb. Ini dia foto2 tour kami disini.

Pukul 12 pas kami kembali ke HCMC. Bisnya mampir sebentar di pabrik souvenir. Kami cuma liat2 aja. Harganya gak nahaaan. Nyampe di kantor Sihn Tourist bis yang akan membawa kami ke Mui Ne udah siap berangkat. Pas banget, saking pasnya gak sempat makan, terpaksa beli cemilan aja.

Perjalanan ke Mui Ne berjarak 200km akan ditempuh selama sekitar 5,5 jam. Padahal jalannya lurus2 aja, lebar dan sepi, tapi apa daya batasan kecepatan bikin kita jadi gregetan karena bisnya jalan pelan banget. Di pertengahan perjalanan bisnya berhenti di rest area. Penumpang bisa makan dulu selama 20 menit. Kami makan Bahn Mi (sandwich ala Perancis yg populer banget di Vietnam) sama minum susu segar. Lumayan bikin kenyang. Hehe..

Pukul 19.30 kami tiba di penginapan, namanya Hai Yen Resort, yang udah kami booking via telp sebelumnya. Agak kaget sih pas nyampe. Hotelnya has much more than what we expected. Dengan harga cuma VND 350.000 dapat hotel bagus, bersih dan nyaman kayak gini. Ada pool cantik di bagian belakang, persis di tepi pantai. Staffnya ramah banget, bahkan ada yang bisa bahasa Melayu. Very satisfied deh pokoknya, walaupun gak dapat sarapan. Kami juga udah pesan jeep untuk Mui Ne half day tour besok pagi. Lumayan murah, berdua cuma bayar 22 USD. Karena udah capek di perjalanan, jadi malas keluar cari makan malam. Stok mi gelas pun langsung dimanfaatkan. Boleh minta air panas gratis di hotel. Harus cepat tidur, karena besok pukul 4.30 udah dijemput jeepnya..

13 thoughts on “Vietnam Trip Day 3: Cu Chi Tunnel & Perjalanan Menuju Mui Ne

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s