Vietnam Trip Day 2: Jalan Kaki Keliling Ho Chi Minh City

Hah??? Jalan kaki??? Yes! Main attractionnya HCMC itu semuanya ada di sekitaran district 1, tempat kami menginap. Sekalian olahraga. Hehee.. Jam 7 pagi kami udah siap berangkat. Sarapan disediakan hostel. Menunya: Roti khas vietnam yang segede gaban sama telur dadar orak arik, plus kopi vietnam yang rasanya bener-bener nendang..😀

Kesan pertama keluar dari hostel: Jalan raya di HCMC kayak sungai motor!!! Jalannya penuh sama motor, dan semuanya beringas. Most challenging thing di HCMC yaitu nyebrang jalan! Parahnya, gak ada JPO. Mesti nyebrang di zebra cross. Oh iya, di HCMC kendaraan jalannya di kanan, setirnya di kiri. Mungkin pengaruh dijajah Perancis. HCMC ini berasa perpaduan turistiknya kota Bangkok sama agresifnya pedagang pinggir jalan/tukang ojek kota Medan. Kalo gak minat beli gak usah diladenin deh. Bisa diikutin kemanapun. Fiuhhhh

Tapi jalan2 di HCMC emang cocok jalan kaki. Selain letaknya yang gak begitu jauh, pedestrian way nya bagus banget. Dan yang paling bikin ngiri, taman kota ada dimana2, lengkap dengan fasilitas olahraga. Orang2 HCMC senang ngumpul di taman ini. Suasananya emang asyik dan santai.

Tempat pertama yang kami kunjungi yaitu City Government Office. Sayang, patung Uncle Ho di depannya lagi di renovasi.. Selanjutnya kami mampir di depan Saigon Opera House dan Mesjid Musulman.Yup, ada mesjid kok di HCMC. Setelah itu kami menuju Post Office. Pengunjungnya rame banget. Banyak pernak pernik bagus disini. Di depan Post Office ada Notre Dame Cathederal. Bangunan kuno bergaya eropa ini tempat foto2 prewednya orang HCMC.

Berikutnya kami ke Independence Palace, dikenal juga sebagai Reunification Palace. Kalo masuk kesini pake bayar, gak gratis kayak temmpat2 tadi, tapi murah kok, cuma VND 15.000 perorang. Istana ini lambang pembebasan Vietnam Selatan, sekaligus bersatunya Vietnam setelah AS kalah. Disini kita boleh masuk ke semua ruangan yg berjumlah 4 lantai plus basement/bunker.

Ternyata capek juga jalan dari pagi sampai tengah hari. Perut mulai lapar. Kami kembali ke hostel, tapi mampir dulu makan Pho di Pho Resto 2000 di samping Ben Tanh Market, Pho paling terkenal di HCMC karena Bill Clinton pernah makan disini. Saya pesan Pho Ayam, Ardin pesan Pho Sapi. Rasanya enak banget, dengan porsi yang lumayan jumbo sampai kekenyangan.

Sore harinya setelah beristirahat kami jalan2 lagi, kali ini ke arah sungai kecil yang mengarah ke sungai Saigon. Ternyata hujan dari tadi siang. Kami berhenti sebentar di sebuah jembatan. Ada yang lagi foto prewed juga disitu. Kemudian kami lanjut menyusuri pinggir sungai. Terlihat beberapa restoran kapal pesiar di pinggir sungai. Kayaknya mahal deh makan disana. Hahaaa..

Puas berkeliling, kami kembali ke area sekitaran Ben Tahn Market buat makan malam. Warung makan halal ada di sepanjang jalan Nguyen An Ninh, dikenal juga sebagai Malaysian Street. Orang Malaysia doyan banget kesini, belanja ngeborong di Ben Tanh Market yang terkenal punya banyak barang murah dan bagus. Sampai2 warga Vietnam disini bisa ngomong bahasa melayu, dan sudah pasti kami dikira dari Malaysia. Hahaa..

Sebelum pulang ke penginapan, kami mampir sebentar di kantor Sihn Tourist yang letaknya dekat depan gang masuk penginapan. Kami memesan tiket untuk ikut tour Cu CHi Tunnel setengah hari, sekalian beli tiket bus ke Mui Ne..

 

15 thoughts on “Vietnam Trip Day 2: Jalan Kaki Keliling Ho Chi Minh City

    • Iya betul. Surga belanja, trus banyak penginapan murah disekitar sini. Beneran berasa kayak di KL, pedagangnya nawarin dagangan ke kita pake bahasa melayu😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s