Vietnam Trip Day 1: Pekanbaru – KL – Ho Chi Minh City

Akhirnya kelayapan lagi setelah 4 bulan bertapa. Kami memilih Ho Chi Minh sebagai tujuan kali ini, berbekal tiket (yang lagi gak begitu) promo si merah. Ho Chi Minh City (HCMC) dikenal berbiaya hidup rendah, jadi cocoklah bawa uang pas2an. Berhubung flight KL-HCMC dapat murahnya yg malam, kami memilih berangkat ke KLnya pake si kunang2, turun di Bandara Subang, jadi bisa ngabisin waktu dulu menjelang jadwal flight ke HCMC..

Pertama kalinya ke KL dari Pekanbaru pake kunang2, pkl 12.25 kami mendarat di Bandara Sultan Abdul Aziz Shah Subang. Dulunya, bandara inilah markas penerbangan Malaysia. Sekarang masih dipakai beberapa maskapai, terutama untuk penerbangan jarak pendek. Jaraknya ke KL Sentral jauh lebih dekat daripada KLIA & KLIA2.

Keluar dari bangunan terminal, dikenal juga sebagai Skypark, lewat jembatan penyeberangan dari dalam bandara, kami berjalan ke kiri sekitar 300m menuju halte bus RapidKL yang berada di depan MAS A. Ini cara paling irit menuju KL Sentral. RapidKLnya yang nomor U-81. Ongkosnya cuma RM 2.50 per orang. Kalo taksi bandara kenanya RM 40 ke KL Sentral, RM 70 ke KLIA/KLIA2.Didalamnya ya kayak bus kota di Indonesia gitu. Ternyata kami melewatkan stasiun KL Sentral dan turun di perhentian akhir Pasar Seni. Terpaksa dari atas stasiun bus naik LRT ke KL Sentral seharga RM 1 per orang.

Sampai di KL Sentral, kami makan siang dulu, baru naik KLIA Transit menuju KLIA2. Nah, biar irit, beli dulu tiketnya KL Sentral ke Putrajaya RM 9.50, trus dari Stasiun Putra Jaya sambung ke KLIA2 RM 6.20. Totalnya cuma RM 15.20. Kalau langsung dari KL Sentral ke KLIA/KLIA2 harganya RM 35.00 per orang. Bedanya cuma mesti nunggu di Stasiun Putrajaya sktr 30 menit. Ya gpp lah.. Namanya juga ngabisin waktu.

Di KLIA2 sempat makan popm*e sebelum boarding (ehm irit banget yah). Kalorinya langsung habis buat jalan ke boarding roomnya di sektor P5. Bandara ini emang besar an bagus banget.
Berangkat ontime pkl 19.40 waktu lokal, kami mendarat di Bandara Tan Son Nhat HCMC 2 jam kemudian, waktunya sama dg WIB. Di dekat pintu keluar airport kami nukar USD dulu dikit, trus naik taksi ke penginapan kami Backpacking Hostel Club di Pham Ngu Lao Street District 1, bayar taksinya VND 170.000. Ternyata kawasan ini mirip Khaosan Road di Bangkok, tempat ngumpulnya turis2. Kami jalan2 sebentar kemudian beristirahat karena besok mau jalan2 santai keliling HCMC..

12 thoughts on “Vietnam Trip Day 1: Pekanbaru – KL – Ho Chi Minh City

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s