Beningnya Sungai Hijau

Warga Pekanbaru terkenal sangat haus wisata alam. Sangat dimaklumi.. Pilihan wisata di kota Pekanbaru sangat sedikit. Ujung2nya ngemall.. Hehehee.. Nah, sejak “ditemukannya” Objek Wisata Sungai Hijau di dekat kota Bangkinang,Kampar,  bagaikan angin segar buat warga Pekanbaru. Jaraknya cuma 60km dari Pekanbaru. Kami belum pernah kesini. Kebetulan mengunjungi keluarga yang pindah rumah lokasinya dekat dari sungai hijau ya sekalian kesana deh..

Sungai hijau ini dapat diakses lewat jalan lingkar Bangkinang yang menuju komplek perkantoran, langsung kelihatan dari pinggir jalan raya. Nanti ada papan tulisannya, tinggal ikutin arahnya turun ke bawah. Mobil bisa masuk dan parkir sampai ke pinggir sungai. Karcis masuk 5rb per org plus 5rb utk parkir mobil (karcisnya gak ada, dikelola sama pemuda setempat).

Sesampainya disana, loh, kok sungainya jernih banget bukan berwarna hijau? Mungkin karena curah hujan lagi sedikit. Atau yang warnanya hijau di sebelah atas sana. Kebayang dong kalau sungai jernih cetek kayak gini, pastinya banyak anak2 yang asyik banget mandi. Emang cocoknya buat wisata keluarga. Banyak yang gelar tikar dan bawa bekal.

Udaranya memang sejuk, karena disekitar sungai dipenuhi pohon2 karet, tapi tentu saja ada bonusnya, Nyamuk!!! Harus bawa au*an kesini. Di sekitar sungai ada beberapa kios kecil yang jual makanan dan minuman. Ada toilet dan musholla juga. Well, not bad…

Sungai ini terkesan “dibuat”. Mungkin awalnya cuma sungai kecil (atau got) yang mengalir di dalam perkebunan karet warga, trus dikeruk dan dilebarin, lalu diisi pasir dan kerikil. Simsalabim! Jadilah sungai yang jernih! Sesuatu yang ajaib untuk bisa ditemukan di Riau. Hehee. Yang tau cerita sungai ini mohon dikoreksi, bener kayak gitu atau nggak.

So, yang bosan liat kelamnya air sungai Siak, silahkan berkunjung kesini. Lumayan buat refreshing. Daripada ke waterboom yang crowded ya mending kesini, murah meriah dan menyenangkan..

5 thoughts on “Beningnya Sungai Hijau

  1. Wahh ini versi lengkap setelah twitpic beberapa minggu lalu ya hehehe.
    Asli bening banget, jadi pingin nyilem di sana…. Jadi harus utamakan melipir ke Jambi atau Pekanbaru dulu? #galau

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s