Dollar Oh Dollar…

Mumpung lagi “libur” travelling, waktunya nulis “curhatan” (yang sudah lama terpendam). Kenapa dengan judul di atas? Itu biang kerok yang bikin kita jadi susah travelling, berat di ongkos maksudnya.. Memang beberapa maskapai masih sering tebar promo, Air Asia misalnya.. Eh, atau cuma Air Asia aja yang masih ngasih promo murah? Tapi, harganya beda banget sama yang dulu2. Gara2 si Rupiah keok lawan Dolar, muncul yang namanya “Fuel Surcharge”, bonus baru yang gak enak banget buat traveler

DSC_0438

Isi Bahan Bakar

Sebagai warga Pekanbaru (yang lagi berdomisili di Jambi), dampak keoknya Rupiah ini betul2 terasa. Kami yang biasa bepergian dari Pekanbaru kalo mau kemana2, sedih sekali dengan mulai “menghilangnya” beberapa maskapai dan berkurangnya beberapa rute. Pilihannya jadi sedikit, dan tentu saja mahal. Kuartal pertama dan kedua tahun 2013, pilihan terbang dari bandara SSK II banyak banget, untuk kota sekelas Pekanbaru. Ada direct flight ke Jakarta, Batam, Medan, Jogjakarta, Bandung, Padang, Tanjung Pinang, Kuala Lumpur, Malaka dan Singapura. Lumayan banyak kan? Harganya? Affordable banget. Bahkan, dulu kalau mau terbang agak enak ke Jakarta (pakai Garuda atau Batik) masih bisa dapat harga 500rb bahkan kurang. Sekarang? Not anymore..

Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru

Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru

Bencana dimulai dengan Tigerair Mandala yang nutup rute Pekanbaru-Medan di pertengahan 2013. Padahal dulu sempat ngerasain PKU-MES 88rb😦. Tigerair Mandala kemudian nutup rute Pekanbaru-Singapura dan mengurangi frekuensi Pekanbaru-Jakarta. Dan setelah menyatakan pailit dan berhenti beroperasi per 1 Juli 2014, rute Pekanbaru-Jogjakarta yang peminatnya banyak pun menghilang..

Garuda yang sebelumnya sering wara-wiri di SSK II mulai jarang nongol. Hampir bersamaan, Garuda nutup rute Pekanbaru-Padang (mungkin gak kuat nyaingin travel yang jumlahnya ratusan), Pekanbaru-Batam dan Pekanbaru-Medan.

Lalu Air Asia nutup rute Pekanbaru-Medan (padahal dulu sering ngasih promo 99rb). Untungnya, frekuensi Pekanbaru-Bandung ditambah. Katanya sih ini salah satu rute andalannya..

Tigerair Mandala, tebak ini kota apa?

Tigerair Mandala, take off menuju Medan

Air Asia

Air Asia

Air Asia Lagi...

Air Asia Lagi…

Garuda Indonesia, Tebak Kota apa...?

Garuda Indonesia, Tebak Kota apa…?

Kemudian Sriwijaya yang biasanya terbang ke Jakarta, Medan dan Batam, menyatakan mundur secara terhormat dari Pekanbaru, dan memilih fokus ke rute di Indonesia timur. Sky Aviation menyusul Sriwijaya, gak ada lagi pilihan buat terbang ke Tanjung Pinang dan Malaka..😦
Lion Air memang masih bertahan dengan semua rutenya, tapi mulai mengurangi frekuensi.

Merparti Tambolaka

Merparti Tambolaka

Untungnya Citilink bisa “melawan tren”. Frekuensi Pekanbaru-Jakarta ditambah, daaaaan mengambil alih rute Pekanbaru-Jogjakarta per 25 Agustus 2014, yang tiketnya langsung laris manis😀

Smoga krisis ini cepat berakhir, biar leluasa lagi keluyuran😀

21 thoughts on “Dollar Oh Dollar…

  1. Kurs rupiah yang melemah ini juga bikin saya pusing, dan semua traveler pasti juga ikut merasakan. Mau pesen tiket kesana-sini sekarang mikir dua kali karena mahalnya harga tiket. Teman saya yang kerja di Garuda bilang sebetulnya dengan harga tiket yang sudah dinaikkan ini maskapai penerbangan masih kesulitan karena ada tarif batas atas yang ditetapkan pemerintah. Sebagian besar pendapatan mereka dalam rupiah tapi pengeluaran dalam dolar. Pemerintah serba salah, kalau mencabut tarif batas atas nanti harga tiket bisa terlalu tinggi buat banyak orang, tapi kalau tidak mencabut, maskapai bakal kembang kempis untuk bertahan.

  2. Gara-gara dollar naik terus tapi nggak turun-turun terpaksa harus menahan napsu membeli tiket murah dari budget airline hiks…. Rasanya sakaw berpergian jauh lagi. Bang, foto yang di Manado ama Medan cakeppp. Nggak nyangka Medan sepadat itu kalau dilihat dari udara hehe

  3. dulu sempat optimis karena ada pemilu mungkin dolar bisa tembus dibawah 11rb an. tapi rupanya ga turun2. sudah beli beberapa tiket promo sampai pertengahan 2015 lagi. hiks… *jaga lilin lagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s