(City Tour) Surabaya

Saat kami berkunjung ke Bromo beberapa waktu yang lalu, kami sempatkan diri untuk mampir sehari di Surabaya. Kota terbesar nomor dua di Indonesia ini ternyata menyimpan banyak hal yang menarik. Sebagai kota metropolitan yang menjadi pusat aktivitas bisnis, industri, pariwisata, dan perdagangan – terutama untuk kawasan Timur Indonesia – Surabaya nampaknya mulai berbenah dalam banyak hal, salah satunya adalah pariwisata dan tata kota. Untuk membuktikannya, kami mencoba berkeliling surabaya seharian penuh. Berbekal sepeda motor sewaan dan Jaket – Surabaya sangat panas! – kami siap menjelajah kota yang dikenal sebagai kota pahlawan ini. Ayookk…

Kota Surabaya terkenal sebagai salah satu kota terindah di Indonesia karena memiliki tata kota yang baik. Jalan utama sangat rapi : Lurus, datar, dan lebar. Walaupun volume kendaraan banyak namun jarang kami temui kemacetan. Di kiri kanan jalan banyak kami temui pepohonan rindang dan taman serta trotoar yang lebar dan cukup terawat. Sangat cocok untuk berjalan kaki di pagi atau sore hari. Kondisi jalan di Surabaya ini mengingatkan saya dengan Kota Pekanbaru Riau, bedanya taman taman hijau di Pekanbaru masih kurang.

Kembali ke Surabaya, kami mengunjungi beberapa tempat bersejarah dan monumen diantaranya ; Tugu Pahlawan, Patung Suro – Boyo yang ada di depan Kebun Binatang Surabaya, Jembatan Merah , Kawasan Kya Kya, Taman Bungkul, House Of Sampoerna, Monumen Kapal Selam dan Jembatan Suramadu. Awalnya kami berencana melihat monumen Jalesveva Jayamahe yang berada di utara kota namun kami baru tau bahwa perlu izin khusus untuk masuk kedalam kawasan monumen.

Saat kami ke Suramadu, kami istirahat makan siang sambil mencoba makanan khas daerah ini. Namanya adalah lontong Kupang. Kupang adalah sejenis kerang laut yang ukurannya kecil kecil. Sebagai penggemar seafood, saya kira Lontong Kupang ini sesuai dengan lidah saya tapi ternyata tidak. Saya dan Herry hampir muntah…..Di Taman Bungkul lah perut kami akhirnya terisi kembali dengan jajanan sejenis risoles dengan ukuran raksasa.

Yah, Kami terkesan dengan surabaya, walaupun ramai dan padat namun tidak seperti kakaknya – Jakarta – , Kami masih bisa berwisata dengan tenang tanpa harus disuguhi macet, polusi, dan sampah. Satu hal lagi yang mebuat saya terkesan dengan surabaya ; Langitnya Biru Banget!

16 thoughts on “(City Tour) Surabaya

  1. Iya setuju langit sangat biru di foto2! Dan kelihatanya kota ini bersih skl ..Terkesan! Belum tahu kata ini ! Suka! Posnya yg hebat! Selalu belajar sesuatu yg baru. Makasih iya : ))

  2. Monumen kapal selamnya menarik, belum kesampaian ke sana hehe…
    Sempat ikut free tur House of Sampoerna nggak? Di depan HOS ada kuliner Lontong Balap yang punya rasa masih asli🙂

    • Kami ke HOS berbekal google map, sempat nyasar sih di rumah2 penduduk hihihi… Pengen sih nampilin HOS tapiii lg gak pengen ada iklan rokok di blog ini ahahah…

      Lain kali musti coba tuh lontong balapnya…

  3. Ah, kemarin Mei harusnya jalan-jalan ke Surabaya. Udah book tiket pp dari Cirebon, eh kok malah tiba2 dimutasi ke Jakarta. Batal deh. Padahal udah browsing info seabrek buat itinerary😦
    Surabaya sekarang udah bagus. Dulu pas aku ke sana jaman anak sekolahan, Surabaya masih kotor terutama sungainya. Kekurangannya sih, sama kayak kota besar lain, moda transportasi publiknya.

    • Iya betul, transportasi umumnya susah banget, mau kemana mana bingung naek apa, akhirnya kami sewa motor biar gak ribet. Semoga kedepannya di sby ada transportasi umum yg baik minimal MRT lah haha…

  4. Surabaya oh surabaya..
    Indah nian dikau..
    Tapi pengelolaan sampah n sanitasi nya masih perlu perbaikan..
    Banjir nya itu lho…
    Smg mnjadi lebiiiihhh baik lagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s