Masjid Ar Rahman

di kota Pekanbaru ada sebuah masjid yang menarik perhatian kami. Masjid Arrahman Namanya. Masjid ini berada di pusat kota, tidak jauh dari persimpangan menuju jalan Nangka / Jalan Tuanku Tambusai. Memang, Masjid ini masih kalah besar dan kalah tenar di bandingkan dengan Masjid Agung Annur, namun di mata saya Masjid Ar rahman memiliki ke istimewaan tersendiri.

Masjid mungil ini memiliki detail arsitektur yang membuat saya berdecak kagum. Setiap bagian masjid dibuat sedetail mungkin. Ornamen ornamen cantik, kaligrafi arab, dan ukiran ukiran khas melayu menghias dinding dan tiang tiang masjid. Bagian terindah adalah bagian mihrab – Tempat imam memimpin sholat -, yang terkesan sangat megah. Tidak hanya bagian dalam masjid saja, hal hal lain seperti tempat wudhu, dan toilet pun di buat sedemikian cantik.

Masjid Ar Rahman bukanlah masjid baru. Masjid ini sudah berdiri sejak tahun 1930an, namun pada waktu itu hanya terbuat dari kayu. Pada tahun 2004, pemkot Pekanbaru membangun ulang masjid ini sehingga tampak seperti sekarang.

Ini dia foto fotonya :

16 thoughts on “Masjid Ar Rahman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s