Tomohon : Gunung, Danau dan Bunga

“Hah? Kita sudah sampai?” Saya terbelalak melihat gapura pintu masuk kota Tomohon yang baru saja kami lewati. Rasanya baru saja kami keluar dari Kota Manado dan sekarang kami sudah sampai saja di Kota Tomohon. “Dari Manado ke Tomohon memang dekat, mungkin tidak sampai 30 km”, Kata @mr_brightside14. Setelah melewati gerbang kota, Jalan yang kami lalui malah semakin menanjak dan berliku. Sesekali pemandangan kota manado dari ketinggian menyembul diantara semak semak di sisi kiri jalan.

Pagi itu, hari jumat di Bulan Maret, langit Kota Tomohon sangat bersahabat dengan kamera. 2 bulan sebelumnya, cuaca di Manado dan Tomohon sangat tidak bersahabat. Hujan deras, Longsor, dan banjir bandang menjadi berita sehari hari. Dalam Perjalanan Manado – Tomohon kami masih bisa melihat sisa sisa dasyatnya longsor yang menyebabkan korban jiwa berakibat terputusnya akses Manado – Tomohon. Untungnya saat kami kesana jalan tersebut sudah diperbaiki dan bisa dilewati.

Tomohon merupakan bagian dari Dataran Tinggi Minahasa ( Sulawesi Utara ) yang berada di ketinggian antara 700-1000m di atas permukaan laut. Selain berada di dataran tinggi, kota ini juga di himpit oleh 2 gunung berapi aktif. Salah satunya yang paling aktif sekaligus fotogenik, yaitu Gunung Lokon. Sukurlah saat itu gunung ini tidak sedang “batuk-batuk”

Tomohon adalah salah satu kota yang ingin kami kunjungi sejak lama. Alasannya simpel, Karena di Tomohon katanya banyak Bunga. Apa benar banyak bunga??! Melihat alamnya yang subur, kami tidak heran kalau di Tomohon ini banyak sekali tumbuh berbagai macam bunga, entah itu bunga liar maupun bunga bunga yang di tanam oleh warga setempat di pekarangan depan rumah. Di pusat kota, kami melewati jalan kota Tomohon yang sempit (tipikal jalan kota di pegunungan) namun cukup bersih. Di pinggir jalan banyak yang menjual aneka bunga berwarna warni; merah, kuning, putih, unyu. Tapi kami tidak beli. Malu.

Tentang papan penunjuk wisata, saya acungkan jempol untuk Kota Tomohon. Papan penunjuknya lengkap jadi kami tidak perlu repot repot lihat peta. Dari sana, kami tau bahwa Tomohon bukan hanya tentang Bunga saja, tapi banyak lagi hal menarik lainnya. Sebut saja, Pasar Tradisional Tomohon, Waruga Opo Worang, Goa Jepang, Watu Sumanti, Rumah Panggung Woloan, Gereja gereja tua, Bukit Doa, Danau Linow, Vihara Ekayana dan tentunya trekking ke Gunung Mahawu dan Lokon. Dari sekian banyak tempat wisata tersebut, kami hanya mengunjungi beberapa tempat saja.

Pertama kami ke Pasar Tradisional Tomohon. Pasar ini terkenal dengan aneka barang dagangannya yang ekstrem. Ada yang menjual daging Anjing, tikus, kucing, dan kelelawar. Kami cuma bisa terbengong saja melihat deretan hewan hewan tersebut terbujur kaku di atas meja pajangan. Bahkan untuk mengambil fotonya pun saya tidak sanggup! eihh, kami segera meninggalkan pasar tersebut.

Dari sana, kami ke Danau Linow yang berada di daerah paling selatan Kota Tomohon. Bau belerang busuk langsung tercium saat kami mulai mendekati lokasi danau ini. Kali ini kami tidak beruntung, Tempat wisata ini sedang dalam renovasi sehingga kami cuma bisa foto foto dari luar saja😦. Kecewa di Danau Linow, kami putar balik menuju Vihara Ekayana dan mengambil beberapa foto.

Terakhir kami mengunjungi Bukit Doa yang berada di gunung Mahawu. Katanya dari atas bukit ini kita bisa melihat Kota Tomohon dan Gunung Lokon dari ketinggian. Sayangnya, langit biru tiba tiba berubah menjadi mendung dan akhirnya tetesan hujan pun turun membasahi Bukit Doa Mahawu. Akibatnya kami tidak bisa lagi melihat dengan jelas kota Tomohon dan Gunung Lokon. Kami menuju Chapel Maria yang berada di ujung jalan. Chapel ini sangat fotogenic, dengan kondisi cuaca mendung saja sudah tampak bagus apalagi kalau cuacanya cerah.

10 thoughts on “Tomohon : Gunung, Danau dan Bunga

  1. waahhhh jadi pengen cepet2 pulang kampung euyyy…hehehee…. nyobain restoran ‘makan sepuasnya’ di tinoor ga..? otw ke tomohon, org biasanya mampir makan di resto2 sepanjang jln di tinoor, ato sekedar mampir beli buah buat nyemil di jln hehe….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s