Tarimbang, Surganya Para Peselancar?

Seorang laki laki dengan brewok tebal berjalan menyusuri Pantai Tarimbang sambil mendekap papan selancar. Dari wajahnya dia tampak kelelahan karena baru saja menyelesaikan sesi surfingnya hari itu. Jangan bayangkan laki laki itu saya, dia adalah bule asal australia yang jauh jauh berkunjung ke Sumba hanya untuk merasakan dashyatnya ombak Tarimbang. Tidak ada siapa siapa di pantai itu kecuali kami dan bule itu. Sepiiii sekali. Tapi kami tidak heran, sebab Tarimbang memang lebih dikenal diluar sana dibandingkan di negerinya sendiri.

Capek, Habis surfing

Capek, Habis surfing

Mengenai Surfing ( Bahasa Indonesianya : Selancar), Saya tidak pernah mencoba olahraga yang satu ini. Jangankan berselancar, berenang saja saya masih amatiran. Lupakan gaya kupu kupu atau gaya kodok, saya tidak pernah pakai gaya berenang apapun. Yang ada dalam pikiran saya saat berenang adalah apapun gaya dan gerakannya yang penting tidak tenggelam. Masalahnya, saya hanya bisa mengapung kalau tidak ada ombak, ya seperti berenang di kolam renang maupun empang. Kalau di lautan yang berombak, hmmm saya pikir pikir dulu deh… Karena itulah, tidak pernah dalam pikiran saya untuk mencoba surfing sebab saya tau akhirnya akan bagaimana. Mungkin satu satunya surfing yang pernah saya lakukan adalah surfing internet.

Kami sedang berada di Tarimbang, sebuah teluk berbentuk seperti tapal kuda yang berada di Selatan Pulau Sumba. Memang daya tarik utama Tarimbang adalah surfingnya. Tapi buat yang tidak bisa berselancar (seperti kami), masih banyak hal lain yang bisa di nikmati dari Tarimbang. Tarimbang mempunyai pantai yang panjang dan pasir putih bersih. Pantai ini di bentengi oleh tebing tebing setinggi gedung bertingkat di kiri dan kanannya. Ditengahnya ada muara sungai air tawar yang sangat jernih.

Ini sebagian foto foto Tarimbang :

Matahari di tarimbang bersinar sangat terik. Panas nya tarimbang tidak bisa ditangkal dengan sunblock spf 50 sekalipun. Ini bukan opini tapi memang sudah dibutikan oleh kulit kami yang menghitam pekat eksotis. Walaupun panas, tapi tidak menyurutkan niat kami untuk bernarsis ria. Pantai Traimbang ini sangat bagus difoto dari sudut manapun. Tapi spot yang paling kami sukai adalah tempat pertemuan muara sungai dan laut. Disini airnya sangat jernih dan dingin sekali. Cocok untuk mandi mandi dan mendinginkan kulit yang memanas.

Dari waingapu, pantai ini bisa dicapai selama 3 jam-an dengan kondisi jalan yang “lumayan”. Lumayan bikin pusing maksudnya. Jalan mulai memburuk setelah kami melewati simpang Tarimbang-Malahar. Saat kami kesana sedang ada perbaikan jalan ( akhir tahun 2013), mungkin setahun dua tahun kedepan, jalan ke Tarimbang sudah super mulus. Amin. Sayangnya belum ada angkutan umum kesana, jadi harus sewa mobil atau motor yang harganya juga “lumayan”. Sayapun sadar, inilah salah satu faktor yang membuat pantai ini sepi dari pengunjung dari domestik.

Tidak banyak pilihan akomodasi di Sini, salah satu yang kami lalui adalah Peter Magic Paradise yang berada di Bukit, tepat menghadap teluk Tarimbang. Pastinya pemandangan dari atas penginapan ini sangat indah sekali. Tapi kami tidak menginap disini, dari tarimbang kami berbalik arah menuju Malahar, untuk melihat Taman Nasional Laiwangi Wanggameti dan Air terjun Laputi.. Tentunya di postingan berikutnya🙂

Peta Sumba Timur, Rute perjalanan dari Waingapu (A) ke Pantai Tarimbang (B) dan Air terjun Laputi (C)

Peta Sumba Timur, Rute perjalanan dari Waingapu (A) ke Pantai Tarimbang (B) dan Air terjun Laputi (C)

Jadi apakah Tarimbang Surganya Para Peselancar? kami tidak bisa menjawab itu karena kami sendiri tidak pernah mencoba. Tapi yang pasti, Tarimbang bukan cuma hanya sekedar surfing ; suasananya, pantainya, tebing tebingnya, adalah surga tersendiri buat kami.

20 thoughts on “Tarimbang, Surganya Para Peselancar?

  1. Pantainya cantikkk banget. Memang tidak ada yang semegah tanah airku INDONESIA ! Wish I could be on this beach someday!

    By the way, beberapa pantai di Sumba juga masuk ke dalam list Indonesia’s Best Relieving Spots (kalau di Indonesiakan: Destinasi wisata penangkal stress yang terINDAH di Indonesia) versi 01islands http://www.01islands.org/indonesia-sumba-papua-stress-relieving-place/

    Ingin tahu topik menarik lainnya mengenai destinasi wisata & budaya di Sumba, Bali dan daerah lain di seluruh Indonesia? Check out this blog now! http://www.01islands.org

  2. Kereeeeen Bang…. ini pantai tarimbang barusan masuk di acara my trip my adventure. Indah banget pantainya sumpahhh…. sampe bengong liatnya… pasirnyaaa….air lautnyaa… amazing… tp sayaang… kurang terexsploreeeee yaaa… daan babyak SAMPAH. Karena kurangnya perhatian…. kesian pantainyaaa terusak oleh turis domestik sendiri yg kurang menghargai keindahannnn alam indonesia..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s