TRANSFLORES Day 9: P. Komodo – Manta Point – P. Kanawa – P. Bidadari

Pukul 6 pagi mesin kapal udah nyala. Sunrisenya lewat karena kesiangan😀. Sarapan pagi juga udah siap. Ada roti bakar plus teh manis. Abis mandi sarapannya langsung disikat. Heheee. Tujuan pertama hari ini yaitu trekking di Pulau Komodo. Di perjalanan, tampak kumpulan rumah di pinggir pantai. Itulah desa Komodo, satu2nya pemukiman di area TN Komodo. Gak lama kemudian kami sampai di dermaga pulau Komodo.

Tampak jelas, pulau ini lebih “dikelola”. Gak kayak pulau Rinca yang sepi, area masuk di pulau ini relatif ramai. Dermaganya besar dan permanen, ada tugu masuk yang berukuran besar juga. Kami melapor ke pos penjagaan. Kali ini gak perlu bayar lagi, tinggal liatin tiket terusan dari pulau Rinca kemaren. Seorang Ranger udah siap menemani kami menjelajahi pulau. Rute trekkingnya? Jelas yang short dong. Hahahaaa

Pulau Komodo punya pepohonan yang jauh lebih banyak daripada pulau Rinca. Komodo disini pun ukurannya lebih besar, mungkin karena ada hutan lebat, mangsa komodo juga lebih banyak. Di pulau ini juga banyak burung2, bunga2 liar, pokoknya lebih beragam daripada pulau Rinca.

Baru jalan sekitar 10 menit, rangernya bilang berhenti dulu. Ternyata ada anak komodo di atas pohon kelapa. Anak2 komodo biasanya memang suka memanjat, karena dia juga dimangsa komodo dewasa. Jahat😦.. Sayang fotonya susah diambil. Gak lama kemudian, kami melihat ada tulisan “keep silent” di depan. Rupanya, didepan sana ada sumber air, tempat nongkrong favorit para naga ini. Emang betul rupanya, seekor komodo lagi minum. Ada yang unik, disebelahnya ada seekor rusa yang sibuk ngeliatin. Kok gak dimakan ya? Mungkin lagi kenyang.. Baru mendekat untuk ngambil fotonya, si naga udah main kabur aja..

Kami melanjutkan perjalanan. Lalu kami sampai di puncak sebuah bukit, namanya Sulphurea Hill. Bukan bukit belerang lho ya. Sulphurea itu (kalo gak salah) artinya burung kakak tua jambul kuning. Sayang burungnya lagi gak keliatan. Pemandangan disini bagus sekali, bisa liat sekeliling dengan jelas.

Di sepanjang jalan beberapa kali berhenti ngambil foto. Banyak anggrek liar disini. Mendekati pos penjagaan lagi, ada sebuah jembatan kayu kecilyang sungainya lagi kering. Nice spot buat narsis😀. Trekkingnya berakhir di sebuah kantin, gak terlalu jauh dari pos penjagaan. Di sekitar kantin banyak banget komodo yang berkeliaran, kesempatan buat foto bareng. Eh…😀

Masih banyak tempat tujuan, kami kembali ke kapal. Tujuan berikutnya yaitu manta point. Karena masih capek, kami istirahat di dalam kamar aja, lurusin punggung dulu. Satu jam kemudian kami tiba di manta point. Awak kapal mulai masak buat makan siang kami. Kami segera nyebur. Lautnya bening banget, tapi arusnya agak kuat, kayak di pink beach. Sayangnya kami gak beruntung, gak ada satupun manta yang keliatan. Tapi gak kecewa, karena bawah lautnya bagus banget.

Selesai snorkeling, mandi, trus makan siang, sambil menuju pulau Kanawa. Rasanya bener2 maknyosss. Kurang lebih 45 menit, kami tiba di pulau Kanawa. Kapal gak boleh merapat ke dermaga, karena resort disini udah ada pemiliknya. Yang boleh kesana cuma kapal yang ngantar wisatawan yang menginap disana. Kami ngambil beberapa foto, lalu kembali melanjutkan perjalanan.

Udah mulai sore, kota Labuan Bajo udah mulai keliatan. Ternyata pulau Bidadari emang gak begitu jauh dari Labuan Bajo. Jadi gak heran klo disini rame banget yang berkunjung. Pantainya sering dijadikan tempat buat belajar snorkeling dan diving. Pantainya juga unik lho, pasirnya berwarna orange, Bawah lautnya juga lumayan bagus, ikannya banyak banget. Enaknya disini, arusnya kecil jadi snorkelingnya nyaman, sampai kami lupa waktu disini😀

Puas berenang disini, waktunya balik ke Labuan Bajo. Gak lama kemudian kami sampai di dermaga. Kami segera menuju hotel Pelangi, yang letaknya cuma 5 menit dari pantai, biar gak perlu jauh2 jalan kaki kalo mau makan. Labuan Bajo panas banget. Kami udah kecapean, jadi kali ini sepakat ambil kamar yang bagusan dikit. Heheee. Untung masih ada kamar AC di lantai bawah, jadi gak perlu naik turun tangga.Habis mandi langsung terkapar di tempat tidur yang empuk.. Malamnya, kami keluar buat makan doang, harus cukup istirahat biar besok kuat jalan2 lagi..

Pengeluaran Day 9:
Sewa kamar hotel Pelangi (AC) : Rp 300.000
TOTAL : Rp 300.000

11 thoughts on “TRANSFLORES Day 9: P. Komodo – Manta Point – P. Kanawa – P. Bidadari