TRANSFLORES Day 7: Bajawa – Ruteng – Labuan Bajo

Dari judulnya udah bisa ditebak ya, seharian bakal habis di perjalanan. Kayak hari ke 4, tapi yang ini perjalanannya lebih jauh dan lebih lama, menempuh 4 kabupaten sekaligus, Ngada – Manggarai Timur – Manggarai – Manggarai Barat. Kok Rutengnya dilewatin? Udah gak punya waktu lagi. Tiket pesawat udah dibeli jauh2 hari. 5 hari lagi udah pulang ke Pekanbaru, sementara ultimate destinationnya belum: Komodo Island trip yang butuh waktu beberapa hari.

Pukul 9 pagi, kami berangkat menuju Ruteng. Kebetulan, travel2 ke Ruteng maupun Ende mangkalnya di depan hotel Virgo. Udah lemes duluan ngebayangin perjalanan sampai nanti ke Labuan Bajo. Jalanannya makin super, makin berliku2 dan banyak perbaikan. Ya sudah, terpaksa tidur.

Setelah melewati Aimere, Borong, 3 jam kemudian kami sampai di Ruteng. Sebetulnya sayang buat dilewatkan, mestinya menginap dulu disini semalam. Tapi terpaksa dikorbankan demi Labuan Bajo dan Komodo Trip. Walaupun cuma mampir, tetap harus dimanfaatkan. Selesai makan siang, kami jalan2 sebentar keliling kota. Kota ini juga dikelilingi gunung, adem kayak Bajawa, tapi lebih luas. Sayang, tempat2 wisata semuanya berada di luar kota. Ini dia hasil jepret2 keliling kota Ruteng.

Selesai jalan2, kami nyari travel ke Labuan Bajo, di daerah terminal (bayangan). Udah milih yang udah agak banyak penumpangnya, ternyata tetap belum langsung jalan. Nunggu benar2 penuh dulu. Sebenarnya ada travel resmi, namanya Gunung Mas, tapi tadi pas ditanya seatnya udah full. Travel ilegal lagi deh..

Kali ini saya mencoba gak tidur, kali aja sawah berbentuk jaring laba2 itu bisa keliatan. Sayangnya (lagi) cuaca di luar gak mendukung, berkabut tebal. Emang gak berjodoh sama Manggarai:( Untungnya di perjalanan travelnya berenti buat makan. Saya lupa nama daerahnya (Limbung, kalo gak salah). Rumah makannya berada di area persawahan luas yang indah. Lumayan, ada tambahan foto😀

Hampir 4 jam perjalanan, sampailah kami di Labuan Bajo. Sesudah check in dan tarok barang di Hotel Wisata Labuan, kami segera keluar nyari kapal buat Komodo Trip besok. Deg2an juga, karena udah malam. Klo gak dapat malam ini berarti ke Komodo tertunda juga. Setelah nanya2 beberapa kapal, akhirnya dapatlah kapal milik Pak Figo (081237321023), termurah yang kami dapat. Sewa kapal melonjak naik gara2 Sail Komodo kemaren. Untuk kapal kecil (4-5 orang) berkisar antara 3-5jt, untuk 2 hari 1 malam, lengkap dengan makan dan minum untuk 2 hari tersebut. Kami berhasil nego jadi 2,2jt, lengkap dengan life vest, snorkel dan kaki katak😀

Ahhh leganya. Udah aman buat besok. Kami lalu makan malam bersantai di kampung ujung, surga kulinernya Labuan Bajo, baru sesudahnya kembali ke hotel beristirahat..

Pengeluaran Hari 7:
Sewa kamar Hotel Virgo Bajawa : Rp 90.000
Travel Bajawa – Ruteng 2x80rb : Rp 160.000
Travel Ruteng – Labuan Bajo 2x85rb : Rp 170.000
TOTAL : Rp 420.000

23 thoughts on “TRANSFLORES Day 7: Bajawa – Ruteng – Labuan Bajo

1. bukan Limbung mas, tapi Lembor….
    beberapa kilometer setelah Lembor arah Labuan Bajo ada landscape view yg menakjubkan……savana dgn bnyk sapi, backgroundnya gunung…sayang dulu lewat situ dah malem, ga bs motret2

2. tahun kemarin ke Ruteng, spider web itu di cancar, dan memang harus naik bukit biar bisa lihat sawahnya. terus kalau mau naik bukit dekat bandara, kita bisa melihat sawah terasering. kalau sempet bisa mampir ke liang bua tempat ditemukan Homo Florensis ::)