Flashback 2013

2013 adalah tahun yang luar biasa. Ditahun ini kami bisa mewujudkan impian kecil kami yaitu berkelana dan mengunjungi tempat tempat yang belum pernah kami kunjungi. Hampir tiap bulan kami sisihkan beberapa hari untuk traveling. Bahkan ada 1 bulan penuh kami habiskan khusus untuk traveling. Tidak jauh memang, sebagian besar berkutat di pulau Sumatra dan sekitarnya, serta NTT. namun buat kami itu adalah pencapaian yang luar biasa untuk orang biasa seperti kami.

Untitled-1

2013

Januari
Permulaan tahun 2013 ini kami awali dengan sebuah “quest” untuk mencari Tugu-Tugu Katulistiwa yang melintasi Pulau Sumatra. Untuk dapat melihat semua tugu itu, kami melewati perjalanan panjang membelah sumatra bagian tengah. Ada 4 Tugu katulistiwa yang melintasi pulau sumatra, 2 tugu berada di Provinsi Riau dan 2 tugu lagi berada di Provinsi Sumatra Barat. Dalam perjalanan kami sempatkan untuk mampir dahulu di beberapa tempat di Sumatera Barat, yaitu Lembah Harau, Ngalau Indah, Istana Pagaruyung, Bukit Tingi dan kampungnya @mr_brigtside . Kami juga menyempatkan diri untuk mengunjungi Kota Tua Sawahlunto. Disawahlunto kami dapat pengalaman tidak menyenangkan yaitu ditilang Polisi cuma karena berplat “BH”.

_DSC1579

Museum Bonjol, tepat berada di garis katulistiwa

Februari
Tidak banyak yang kami lakukan di Bulan Februari, Kami hanya menyambangi Muaro Bulian, Kota kecil yang tidak begitu jauh dari Kota Jambi. Dalam perjalanan menuju Muaro Bulian kami tidak sengaja menemukan Bukit cantik yang kami namakan “pink hill”.

_DSC2181

Pink Hill

Maret
Kami ke Pekanbaru, dari Pekanbaru kami terbang ke Medan. Tujuan kami adalah Danau Toba dan Pulau Samosir. Dalam perjalanan menuju Parapat, kami sempat kena “peras” oleh travel2 tidak bertanggung jawab. Untungnya kejadian seperti itu tidak terulang lagi. Hal yang paling menyenangkan adalah berkendara mengelilingi Pulau Samosir (part 1, part 2)karena banyaaak sekali tempat wisata dan pemandangan indah. Dari Samosir kami ke Tana Karo dan menikmati sensasi ngos ngosan menaiki ratusan tangga di air terjun Sipiso piso, Kemudian dilanjutkan menuju Taman Alam Lumbini dan di akhiri makan duren Ucok di Medan. Sepulangnya dari medan, kulit wajah kami mengelupas akibat panas panasan di selama di Samosir.

Danau Toba

April
Bulan ini kami tidak kemana mana karena sibuk mempersiapkan usaha baru yang kami kelola, yaitu “Apotek U.K”, Untuk info Lebih lengkap tentang Apotek U.K bisa klik disini (Promosi dikiittt… )

Mei
Lagi-lagi kami terbang ke Medan, dari medan kami langsung naik bis malam menuju Banda Aceh. Perjalanan Medan-Aceh terasa singkat karena bisnya sangat nyaman. Sesampainya di Banda Aceh, kami langsung menyebrang ke pulau weh dan menginap di Iboih. Pulau weh walaupun kecil namun sangat Tourist Friendly. Esoknya kami mengelilingi Pulau Weh mulai dari Iboih – Jaboi Volcano – Balohan – Anoi Itam – Sumur Tiga – Sabang dan berakhir dengan sunset indah di 0 km Indonesia (Selengkapnya disini : Part 1, Part 2 , Part 3 ). Setelah puas di Weh Kami kembali Ke Banda Aceh untuk berkeliling dan  mengunjungi beberapa Landmarknya yang khas. Tidak lupa kami mengunjungi beberapa pantai Indah di sisi barat banda Aceh. Yang paling tidak terlupakan dari Aceh adalah makanannya! Yammy….

Iboih, Pulau Weh

Juni
Dipertengahan Tahun ini kami kembali ke Sawahlunto untuk mengunjungi salah satu keluarga @mr_brightside14 yang sedang sakit. Kunjungan kami bertepatan dengan event tour de Singkarak yaitu lomba speda tingkat international yang kebetulan sedang di adakan di Sawahlunto. Ada event lain yang berlangsung di Bulan Juni ini yaitu Djarum Indonesia Open 2013 yang berlangsung di Istora, jakarta. Berhubung @mr_brightside14 maniak Badminton dan nggak akan rela kalau event seperti ini dilewatkan, akhirnya terbanglah kami ke Jakarta. Walaupun di awal pertandingan ini agak mengecewakan, namun pada akhirnya ada juga wakil indonesia yang bisa menjadi juara. Horray!!

Tour d Singkarak dan Indonesia Open

Juli
Tujuan kami berikutnya adalah Bengkulu, salah satu provinsi di Sumatra yang agak tertinggal dibandingkan Provinsi lainnya. Ini terbukti dengan buruknya jalan yg kami lalui. Dalam perjalanan kami melewati Kota Lubuk Linggau (Sumsel), Kota Curup, Kepahiyang dan menikmati sejuknya kebun teh Kabawetan. Kami melewati malam minggu yang sepi di Kota Bengkulu, esoknya kami langsung tancap gas mengelilingi Kota Bengkulu dan menikmati beberapa objek wisata sejarah. Yang tidak boleh dilewatkan di Adalah Pantai Panjang. Sesuai namanya, Pantai ini memang Panjaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaang banget.

Pantai Panjang

September
Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah tujuan ultimate kami di tahun 2013 ini. Kenapa ultimate? Karena perjalanan selama di NTT ini benar benar menguras waktu, tenaga, dan tentunya uang. Selama satu bulan penuh kami akan menjelajahi Pulau Pulau di NTT dimulai dari Pulau Sumba dengan padang rumputnya yang memesona, pulau timor yang eksotis, Flores dengan kekayaan alamnya yang melimpah ruah, dan tentunya kepulauan Komodo yang penuh misteri.

Pulau Salura

Kami memulai dari pulau Sumba, Di sumba banyak sekali keindahan alam dan budaya yang jarang sekali terjamah oleh traveler. Pantai, padang rumput (sabana), hutan, rumah adat, kubur batu, semuanya masih sangat alami dan terjaga dengan baik. Ya, saking alaminya, akses menuju ke tempat tempat tersebut masih sangat sulit dicapai. Yang paling berkesan adalah perjalanan kami menuju pulau kecil di selatan Sumba, yaitu pulau Salura. Pulau ini memang luar biasa indah, namun akses menuju kesana penuh pengorbanan, penderitaan dan air mata. Bahkan sepulangnya dari pulau tersebut saya terkena malaria!

Sabana Sumba

Dari sumba, Kami terbang ke Kupang, Pulau timor. Tidak banyak yang kami jelajahi di pulau ini, hanya sebagian tempat wisata populer di kota Kupang dan sekitarnya. Dari Kupang, kami kembali terbang ke ujung timur Pulau Flores yaitu Larantuka. Dari Larantukalah, perjalanan panjang kami menyusuri pulau Flores dari timur ke Barat di mulai. Perjalanan transflores memang sangat melelahkan, sebab kami berpindah kota terus setiap harinya, ditambah lagi dengan beban backpack yang berat. Rute kami di Flores : Larantuka – Maumere – Kelimutu – Ende – Mbay – Riung 17 – Bajawa – Ruteng – Labuan Bajo dan berakhir di Taman Nasional Komodo. Setelah snorkling ria di Komodo, akhirnya stamina kami habis juga dan kami memutuskan untuk mengakhiri jalan jalan kami di NTT. Perjalanan yang panjang dan melelahkan namun tidak akan terlupakan.

Perjalanan transflores kami dimulai dari bandara cantik ini

Ternyata, Keliling satu bulan di NTT itu masih belum cukup! Lain kali kami akan kembali ke sini.

November-Desember
Setelah puasa jalan jalan selama hampir 2 bulan, di akhir November kami kembali jalan jalan. Kali ini tujuan kami adalah negara tetanga yaitu Malaysia. Di malaysia kami hanya city tour aja di sekitaran KL dan menikmati ( dan iri) dengan transportasi masal di negara ini.

Jembatan di PutraJaya

Hmm… saatnya menyusun jadwal jalan jalan untuk tahun 2014!

19 thoughts on “Flashback 2013

1. Petualangan kalian berdua asyik buat diikuti… Nggak bosen nyasar di blog ini dan barusan sudah nyasar buka web klinik U.K hehehe

2. Wow, 2013 benar-benar tahun jalan-jalan ya. Asyik banget kayaknya keliling NTT sebulan. Saya kemungkinan mau ke Flores tahun ini, tapi paling mentok cuma bisa 2 minggu. Nanti pasti saya akan mampir lagi di sini buat cari referensi hal-hal menarik di Flores.🙂