TRANSFLORES Day 2: Maumere – Moni

Udah tidur lelap semalaman, tapi masih terasa capek dan berat banget buat buka mata. Tapi ini bukan liburan malas2an, ini liburan kejar tayang (kayak sinetron). Hehee. Kami sudah menyusun list untuk hari ini: Pantai Koka, Pantai Paga dan terakhir ke Patung Bunda Maria di bukit Nilo.

Pantai Koka

Pantai Koka

Pukul 7.00 WITA, kami segera cari sarapan di dekat hotel sebelum berangkat. Travel ke Moni akan menjemput kami ke hotel pukul 2 siang. Pesan travelnya lewat pihak hotel aja. Segera setelah selesai sarapan, kami langsung berangkat menuju Pantai Koka pake motor sewa. Letaknya cukup jauh, satu setengah jam perjalanan dari Maumere, sudah dekat ke perbatasan dengan Kabupaten Ende. Nantinya, tempat ini akan dilewati kalo menuju Moni. Oh iya, Moni itu desa di kaki gunung Kelimutu. Kenapa gak sekalian mampirnya pas mau ke Moni aja? Kan ntar pake travel. Gak mungkin mampir kan? Kecuali pake mobil sewa yang tarifnya lumayan, sekitar 650rb perhari.

Ketiga tempat tersebut berada satu arah, di jalan lintas flores. Bukit Nilo nggak terlalu jauh dari Maumere. Pantai Paga dan Koka letaknya lumayan berdekatan. Sejak melewati batas kota Maumere, jalanannya berliku2 dan naik turun. Bawa motornya harus hati2 dan nggak boleh ngebut, karena jalan lintas flores gak terlalu lebar. Apesnya, motor ini klaksonnya macet😦. Harus pelan2 dong.. Padahal sebelum jam 2 udah harus tiba di Maumere lagi..

Udah sekitar 1 jam perjalanan, kami sampai di desa Paga. Lewatin dulu deh. Mampir disini ntar aja pas pulang. Kami lanjut jalan. Sekitar 15 menit kemudian, di sebelah kiri terlihat papan tanda masuk ke Pantai Koka. Pantai Koka terletak di desa Wolowiro. Di papan kecil itu tertulis, pantai Koka berjarak 2,5 kilometer. Ternyata jalan menuju pantai sempit, turunan berbatu2. Kurang lebih 10 menit kemudian kami sampai di pantai. Wooh, sepi banget. Cuma ada 2 nelayan disana. Pantai ini unik, berbentuk sudut siku, disudutnya itu ada bukit. Jadi pantainya ada 2 sisi. Viewnya? Sudah pasti cakep. Pasirnya putih lembut, lautnya biru bersih. Ombaknya lumayan besar, tapi aman kok kalau mau mandi. Pantai ini masih alami. Disekitar pantai cuma ada perahu2 nelayan. Tidak ada pos penjagaan, apalagi warung makan. Biasanya ramai dikunjungi pada hari libur. Berhubung gak bisa lama2, segera kegiatan jepret2 dimulai😀

Puas ambil foto, kami segera kembali menuju pantai Paga. Beberapa kali berhenti di jalan buat jepret2 pas ada view bagus. Heheee. Pantai Paga ini cukup panjang, sepanjang desa tersebut yang memang berada di pinggir laut. Ahh, rupanya lagi pasang.. Ombak di pantai lagi besar. Mungkin pas lagi tenang, pantai ini bagus sekali. Kami cuma mampir sebentar disini. Lalu lanjut kembali menuju bukit Nilo.

Mendekati kota Maumere, kami tiba di pertigaan menuju patung itu. Duh, jalannya nanjak banget, kecil dan banyak belokannya. Aspalnya gak begitu bagus, sebagian dalam perbaikan. Patungnya sih keliatan dekat dari jalan raya, tapi nyampe kesana berasa lama, apalagi jalannya muter2. Sekitar 15 menit perjalanan, kami sampai disana. Setelah melapor dan mengisi buku tamu di pos penjagaan, kami langsung menuju taman tempat patung itu.

Tamannya keren, berada di puncak bukit, tertata rapi dan indah. Yang lebih wow lagi, seluruh kota Maumere terlihat sangat jelas dari sana. Biasanya banyak pengunjung yang datang berziarah kesini. Mungkin karena ini masih pagi dan bukan hari libur, tidak ada pengunjung lain disana. Patung ini namanya Patung Bunda Maria Segala Bangsa. Tingginya sekitar 28 meter, menghadap ke arah utara kota Maumere. Sungguh menyenangkan bersantai disini, melihat kota Maumere dibawah. Udaranya lumayan sejuk, bisa bikin lupa waktu. Hehee.

Sudah pukul 12.30 WITA, segera kami berangkat kembali menuju hotel. Mumpung masih pake motor, cari makan siang enak dulu. Ternyata nemunya juga gak jauh2 dari hotel :)). Namanya Rumah Makan Surya Minang (kalo gak salah). Masakannya minang banget, kuah gulainya superrrr enak. Efek kelaparan? Gak juga. Silahkan dicoba. Bukan promosi lho, tapi recommended.

Pukul 2 siang, travelnya datang. Muter2 dulu jemput penumpang lain, lalu berangkat menuju Moni. Oh ya, tadi pas naik motor sudah kepikiran bakal pusing tujuh keliling ngelewatin jalan ke Moni naik travel yang biasanya nggak doyan pelan. Jadi sudah antisipasi beli obat anti mabuk.  Efektif sampai ke Moni selama 3 jam perjalanan. Heheee.

Sudah hampir gelap ketika tiba di Moni. Kami menginap di Sao Ria Bungalow. Letaknya di pinggir jalan raya, persis di dekat jalan menuju puncak Kelimutu. Segera kami beristirahat di kamar. Di luar, kabut tebal menyelimuti Moni. Jadi was2, jangan2 besok pagi puncak Kelimutu tertutup kabut. Ingat, cuaca di puncak Kelimutu tidak bisa diprediksi. Sering tertutup kabut tebal, walaupun lagi musim kemarau. Masyarakat setempat bilang, untung2an kalau mau liat kawah Kelimutu.

Sao Ria Bungalow, Moni

Sao Ria Bungalow, Moni

Oh iya, ke puncak Kelimutu sebaiknya subuh, jadi kami minta dicarikan motor sewa sama pihak bungalow malam ini. Syukurlah ada motor yang siap untuk dipakai. Sebelum udara semakin dingin, kami turun ke bawah untuk makan malam. Di Moni semuanya serba mahal. Kami makan di sebuah cafe yang nggak terlalu jauh dari bungalow. Nggak lupa beli cemilan dan minuman sebelum pulang.

Udara semakin dingin dan berkabut. Segera kami beristirahat. Besok harus bangun pagi2 sekali. Tidak lupa berdoa agar besok pagi cuacanya cerah, supaya gak perlu berlama2 di Moni untuk melihat kawah Kelimutu.

Pengeluaran hari 2:
Sewa motor 1/2 hari di Maumere : Rp 50.000
Travel ke Moni 2x70rb : Rp 140.000
TOTAL : Rp 190.000

9 thoughts on “TRANSFLORES Day 2: Maumere – Moni

  1. halo salam kenal,
    saya ada rencana ke sana juga nih agustus depan..
    kalau boleh tau, travel yang antar ke ende masih punya kontaknya ga?
    soalnya saya mau langsung dari bandara maumere ke endenya ga nginep di hotel dulu.
    tks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s