Pantai-Pantai di Sekitar Waingapu

Belum lengkap rasanya berbicara tentang Sumba kalau belum membicarakan tentang pantainya. Pulau sumba memiliki banyak sekali pantai eksotis dan indah,Seperti pantai Tarimbang dan Pantai Nihiwatu. Sayangnya kebanyakan pantai indah tersebut lokasinya sulit di capai dan eksklusif ( baca: mahal) sehingga sulit dijangkau traveler dengan dana dan waktu yang terbatas. Namun tidak perlu jauh-jauh dan mahal untuk sekedar mencicipi indahnya pantai Sumba karena di sekitaran kota Waingapu pun ada beberapa pantai yang bagus.

DSC_0339

Purukambera

Ya, hari ini kami akan menjelajah beberapa pantai yang tidak begitu jauh dari Kota Waingapu. Tepatnya 4 pantai, yaitu Pantai Londa Lima dan Purukambera di sebelah barat serta Pantai Walakiri dan Li’ie di Sebelah timur kota Waingapu.

Pantai Londa Lima dan Purukambera

Untuk menuju kedua pantai ini dari Kota Waingapu cukup berkendara ke arah barat menuju pertigaan dengan patung sapi ditengahnya, lalu belok kanan sampai pertigaan sebelum pelabuhan pelni, selanjutnya belok kiri dan jalan lurus terus. Pantai pertama yang dilewati adalah Londa Lima, pantai ini cukup terkenal karena dekat dengan Waingapu dan biasanya sangat ramai di hari minggu/libur. Londa lima paling bagus dikunjungi saat pasang sebab bila sedang surut, pantai ini dipenuhi batu batu karang.

Tujuan kami sebenarnya adalah Pantai Purukambera. Dari Londa Lima perjalan kami lanjutkan melewati padang rumput dan perbukitan karang yang tandus. Dari balik perbukitan tampak laut selat sumba dengan pulau flores tersembunyi samar samar di ujung horizon. Sepanjang jalan mata kami benar benar dimanjakan oleh pemandangan yang luar biasa; rumah khas sumba, kuda, sapi, bunga “sakura” dan sabana ala Serenggeti.

45 menit adalah waktu yang kami butuhkan untuk sampai di Pantai Purukambera. Deretan pohon cemara seolah menyambut kedatangan kami di Pantai ini. Kami duduk sejenak dibawah pohon cemara untuk melepas lelah sambil melepaskan pandangan ke sekeliling Pantai Indah ini. Sepi, tidak ada seorangpun disini kecuali kami berdua. Tidak lama kami segera berfoto narsis diatas lautan pasirnya yang luas dan lembut serta berwarna putih kemerahan. Penasaran dengan pantainya? ini dia foto fotonya…

Pantai Walakiri dan Li’ie

Dari Purukambera, kami kembali ke Waingapu. Kali ini kami bergerak ke arah timur Kota Waingapu menuju jalan lintas Waingapu – Melolo. Selama perjalanan akan melewati Bandara Umbu Mehang Kunda, simpang kawangu dan terus saja berjalan ke arah Melolo. Pantai Walakiri letaknya cukup tersembunyi karena tidak ada penunjuk yang jelas. Kira kira setengah jam perjalan dari waingapu akan ada jalan pengerasan dikiri jalan, ikuti jalan pengerasan itu untuk sampai di Pantai Walakiri. Hati hati jangan sampai salah masuk jalan hehe…

Seperti Purukambera, Pantai Walakiri juga memiliki hamparan pasir putih yang landai, bahkan saat sedang surut terdapat “pulau-pulau” pasir. Airnya tenang banget seperti kolam renang, cocok untuk berenang dan bermain air tanpa harus khawatir diterjang ombak. Tidak heran, pantai walakiri ini ramai dikunjungi warga Waingapu disaat libur. Waktu berkunjung paling pas ke Walakiri adalah saat air menjelang surut, jangan terlalu pasang tapi jangan terlalu surut.

Di sebelah timur dari Walakiri, pantai Li’ie sudah tampak dan bisa dicapai cukup dengan berjalan kaki saja. Hanya saja di Pantai li’ie banyak karang karang tajam sehingga cukup menyulitkan. Kami memutuskan untuk kembali ke jalan utama Waingapu-Melolo dan melanjutkan perjalanan ke timur. Dari tepi jalan, ada petunjuk jelas yang menunjukkan lokasi Pantai Li’ie. Lokasi tempat masuk pantai Li’ie memang agak meragukan karena dikelilingi pagar dan untuk masuk harus melewati pagar dan sebuah rumah. Ya, Pantai ini kesannya Komersil. Tapi kesan itu luntur seketika kami disapa dengan ramah oleh penghuni rumah dan membiarkan kami masuk ke area pantai, Gratis!.

Berbeda dengan ketiga pantai sebelumnya, pantai Li’ie didominasi oleh karang karang terjal. Pantai berpasirnya jauh di ujung. Karena sudah lelah, kami cuma duduk di ujung karang sambil menikmati belaian angin sepoi sepoi. Disini kami tidak sendiri karena ada beberapa warga lokal yang memancing. Memang, pantai li’ie ini ideal sekali untuk bersantai sambil memancing….

29 thoughts on “Pantai-Pantai di Sekitar Waingapu

  1. Pengen kesana lagi.. Dulu waktu kecil pernah tinggal di Waingapu dan sering banget ke pantainya. Wisata sekolah pertama yang sy ikuti ke Pantai Purukambera. Dan paling sering ke Londa Lima sih bareng keluarga soalnya paling dekat dari Waingapu. Trus ke Pantai Walakiri juga pernah beberapakali.🙂 Hmm sayangnya Pantai Li’ie, saya belum pernah ke sana. Ah, jadi kangen Waingapu. Pengen ke sana lagi suatu saat nanti jika ada kesempatan🙂

  2. Walakiri ini aslinya Walakeri…………nama bahasa sumba dari Pohon Dedap yg batang berduri tapi berbunga warna merah yg sangat indah…………..Dulu pohon Walakeri ini banyak tumbuh disekitar pantai ini tp entah sekarang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s