Sumba : Kesan Kedua di Waingapu

Hampir saya teriak kegirangan melihat pemandangan indah yang saya lihat di balik kaca travel Sinar Lombok. Bagaimana tidak, padang rumput luas yang saya impikan kini membentang disepanjang jalan yang kami lewati. Di kiri kanan hampir tidak ada pepohonan apapun, hanya padang rumput yang berwarna coklat ke emasan karena ditimpa sinar matahari terik siang itu. Saya langsung mengeluarkan kamera dan mengambil puluhan foto. @mr_brightside cuma bisa tersenyum melihat tingkah laku saya.

Padang rumput dan bukit tandus dalam perjalanan menuju Waingapu

“Tenang, nanti masih banyak sabana lainnya menjelang masuk kota Waingapu” ucapnya..

Saya menahan diri untuk tidak mengambil foto terlalu banyak dan hanya melihat serta menikmati keindahan padang rumput yang terbentang di hadapan saya. tidak lama kami melewati hutan pohon jati yang sedang mengering karena musim kemarau.ย 

Pohon jati kering

Kombinasi antara pepohonan kering, padang rumput ke emasan dan langit sumba yang biru membuat saya bertanya; ini masih di indonesia nggak sih?

Menjelang memasuki Kota waingapu jalan yang kami lewati semakin menanjak dan berliku. Batas kota waingapu ditandai dengan 2 Tugu patung kuda yang saling berhadapan. Dari tugu kuda ini Kota Waingapu sudah nampak jelas. Kota Waingapu tampak seperti oasis ditengah kering dan gersangnya padang rumput sumba yang luas dan tak berbatas. Ingin rasanya berhenti sejenak dan mengambil beberapa foto namun nampaknya supir sinar Travel Lombok ini sepertinya sedang tergesa gesa. Setelah melewati batas kota, jalanan tinggal menurun saja hingga sampai di pusat kota Waingapu.

Tugu Kuda, Batas Kota Waingapu

Kami langsung diantar travel Sinar Lombok menuju mess dokter PTT di dekat kantor Bupati Sumba Timur. Setelah membayar Ongkos travel dari Waikabubak menuju Waingapu sebesar 70 ribu (Sept 2013), kami langsung mencari motor pinjeman. Untungnya teman dokter PTT @mr_brightside bersedia meminjamkan motor(dinas)nya selama beberapa hari… Saatnya menjelajah Waingapu!! Yay!!

Waingapu adalah ibukota kabupaten Sumba Timur. Tidak seperti Waikabubak maupun Waitabula, tampaknya kota Waingapu lebih rapi, lebih ramai dan lebih luas. Landmark utamanya adalah taman kota yang persis berada di tengah kota Waingapu. Taman kotanya kecil namun cukup hidup terutama di sore dan malam hari. Mungkin karena ditaman kota ini banyak jajanan yang lumayan enak dan ada free wifinya loh… Kami duduk sebentar sambil menikmati semangkuk es campur yang rasanya segar sekali ditengah teriknya cuaca sumba. Disekeliling taman kota ini terdapat patung anak anak sedang naik kuda dan gereja yang cukup besar dan mencolok. Selain taman, kami juga berkeliling melihat pelabuhan dan daerah perkantoran Sumba Timur.

Ada tempat 2 tempat yang menarik di Kota Waingapu, pertama adalah Kampung Raja yang akan saya paparkan dalam postingan tersendiri. Yang kedua adalah Tebing terjal diujung landasan bandara Umbu Mehang Kunda.

Kampung Raja

Bandara Umbu Mehang Kunda Emang cukup ekstrim karena di ujung landasannya terdapat Tebing terjal yang lumayan tinggi. Nggak kebayang seandainya saat landing pesawat, sang pilotnya terlambat ngerem, akibatnya bisa fatal karena pesawat bisa nabrak tebing tersebut. Atau saat akan takeoff/landing, pesawatnya nyangkut ditebing kan nggak lucu.

Landasan bandara di dilihat dari Tebing diujung landasan

Tidak banyak yang tau jalan menuju tebing di ujung landasan ini, padahal lokasinya tidak begitu jauh. Dalam perjalanan ke bandara, liat jalan kecil dikiri jalan diantara pom bensin dan gereja, nah itulah jalan menuju Tebing tersebut. Jalannya menanjak terus sampai akhirnya tiba di ujung tebing. Dari Ujung Tebing ini pemandangannya luar biasa, tampak laut, sungai, pohon pohon, bukit bukit tandus, dan landasan Bandara Umbu Mehang Kunda. Bahkan Kalau beruntung bisa melihat pesawat take off/landing dari dekat.

Malamnya, kami kembali menuju batas tugu kota waingapu yang ada tugu kudanya. Dingin memang, tapi tidak menyurutkan niat kami untuk mengambil foto. Walaupun tidak jauh dari kota, namun dari atas bukit ini kami sudah bisa melihat langit bertabur bintang dan galaxy bimasakti dengan jelas sekali. Dari kejauhan, tampak kelap kelip lampu kota Waingapu… Ini dia fotonya…๐Ÿ™‚

Waingapu malam hari..

36 thoughts on “Sumba : Kesan Kedua di Waingapu

  1. Pernah makan ayam lalapan malam2 di dekat lampu merah yg ada pos polisinya Rp. 22rb, tp thn 2011 lalu, yach emng ukuran ayamnya sich besar.
    Ada jg warung yg jual masakan khas Bali di dekat lapangan, harganya sktr 17rb, yg jual asli Bali loch…

    • skrg ayam lalapan itu udah 26rb. yg masih agak murah yg malam2 di taman kota, cuma 23rb (beda tipis ya)๐Ÿ˜€
      klo masakan bali dekat lapangan sy gak pernah coba..

  2. Rencana dalam bulan ini saya ke sana utk Instalasi Car Wash
    Semoga berkesan hehehe
    Pengalaman pertama saya keluar pulau jawa Selain Kalimantan
    Ada tempat refreshing rekomendasi?
    Thanx

  3. One word “Amazing”. Sumpah abang2 ini bikin ngiri T_T. Baca blog ini jadi merinding, kalo bisa Nganga sekalian LOL. Info akomodasi murah di Sumba, please Bang !!

  4. ingin rasanya mengulang kembali masa-masa ku di sini, rinduku pada sabana, berenang di kali mata iyang, ingin menikmati udara sore di pelabuhan atau sekedar duduk dipintu dapur rumah om untuk melihat ada kapal yg masuk pa g’ yach..?:), mengeringkan kali kecil untuk menangkap ikan, membeli sayur-mayur di danau ranjaremi, menikmati jalanan yg hening tanpa suara bising klakson, pergi main ke wundut, main ke laihau, klo di marahin kabur ke tanarara untuk metik jeruk dan jambu monyet hehehe, menyaksikan pacuan kuda yang tak jauh dari rumah keluargaku, ikut belanja di pasar hari sabtu, menikmati indahnya bunga gamal di beberapa tempat yang arah ke waingapu, pergi ke perkebunan kelapa, ikutan buat manggulu, ngikut om beli bensin sengaja minta yg jauh ke tanggamaditta hehehe seru,. bisa merasakan ikan segar dgn harga murah meriah, dll. haaaah…. ternyata banyak sekali yg membuatku merindu. kapan lagikah ku bisa bersua dgn tanah kelahiranku? (terdiam dlm tanya)

  5. Wow interesting banget topiknya, kira-kira kalau untuk artikel tentang cost of living atau biaya hidup di Sumba pernah dibuat nggak ya di blog ini? Kebetulan perusahaan tempat saya kerja bergerak di bidang properti dan sedang giat2nya hunting informasi tentang jual/beli tanah di Sumba Barat/Barat Daya, jadi lagi senang-senangnya cari artikel yang memuat info mengenai Sumba, masyarakatnya, dan gaya hidup mereka.

    • Wah kalo artikel ttg biaya hidup emg gak ada kita tulis. Tp secara umum biaya hidup disini murah. Yang agak mahal cuma barang2 atau makanan yang didatangkan dari luar, biasanya surabaya. Untuk biaya makan, transport, dll masih sangat murah..

  6. saya pernah disini seminggu …ninggalin kisah cinta dengan teman sesama dokter yg sedang PTT…kesannya gak bakal terganti

  7. Pacarku orang waingapu, direktur LSM disana…dua tahun lg sy berencana pindah kesana, pinginnya jd guru bhs inggris…mohon do’anya all;-)

  8. Sumba memang keren! Akhirmya saya ke sumba juga setelah “diracunin” suami saya tentang Sumba. Btw suami saya dulu ptt di Sumba juga. Masih panjang nih daftar tempat yang harus dikunjungi di Sumba. Thx ya sharingnya tentang2 tempat2 asik di sumba.

  9. wgp yg skrg sdh berubah bnyk, terutama pelabuhan, taman kota dan skg bandaranya dlm proses pelebaran juga.
    hotel hotel dan resto cafe sdh semakin bnyak. dan semakin bnyk tempat wisata pemandangn alam sekitar wgp yg bisa dijadikan foto latar. aplg wisata air terjun di beberapa tmpat di sumba timur sdh mulai dikenal keluar.

  10. Aq dari Surabaya.. Mau nanya, kira2 barang apa yang belinya murah di Surabaya, trus dijual dengan harga yang tinggi dan paling laku dijual di Wingapu?..Misal e Baju2, Celana Jeans, Jaket Jeans, atau apa brow?..

  11. Aq dari Surabaya.. Kira2 barang apa yang belinya murah di Surabaya, trus dijual dengan harga yang tinggi dan paling laku dijual di Wingapu ya?.. Misal e Baju2, Celana Jeans, Jaket Jeans, atau apa brow?..

  12. Aq dari Surabaya.. Kira2 barang apa yang belinya murah di Surabaya, trus dijual dengan harga yang tinggi dan paling laku dijual di Wingapu ya?.. Misal e Baju2, Celana Jeans, Jaket Jeans, atau apa brow?..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s