Yang Baru di Pekanbaru

Pekanbaru, sebuah kota yang mungkin masih terdengar asing oleh sebagian besar orang indonesia. Kota dipulau sumatra ini memang tidak seterkenal Palembang, medan maupun padang, tapi siapa yang menyangka kalau perkembangan kota ini ternyata jauh lebih pesat dibandingkan kota kota tadi.

Selamat datang di Pekanbaru

Pekanbaru kini sangat berbeda dengan pekanbaru beberapa tahun silam. Sekarang sudah banyak bangunan bangunan baru serta Berbagai sarana dan prasarana publik baru yang tumbuh sperti jamur di musim hujan, dan akan terus bertambah seiring meningkatnya perekonomian kota ini. Yang menarik, Tampaknya pemerintah setempat sedang berusaha mengangkat kembali masa ke emasan melayu Riau dengan cara mempersolek dan memoles semua sarana dan prasana di pekanbaru dengan nuansa MELAYU, Modern namun tetap mengangkat nilai nilai tradisional. Hal seperti ini nih harus ditiru oleh kota lain di indonesia.

Jadi apa saja tuh yang baru di Pekanbaru??

Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II

Bandara ini benar masih sangat baru, Fresh from the Oven!. bandara ini menggantikan bandara lama yang sudah mulai oldskul, sumpek dan tidak layak lagi. Bandara internasional ini berada didalam Kota pekanbaru, tidak begitu jauh dari jalan utama ( jl. jend sudirman).

Bandara Int’l Sultan Syarif Kasim II

Desainnya cukup menarik, mirip seperti sayap burung dengan kubah di tengah tengahnya. Konon katanya sih desain Bandara ini terinspirasi dari kepakan sayap burung Serindit, burung yang juga menjadi maskot PON Riau XVIII baru baru ini. Tidak cuma itu, didalam bandaranya banyak hal hal yang berbau melayu, mulai dari ukiran2, rumah2an melayu, dll. Seolah ingin menunjukkan kepada siapa saja yang datang bahwa inilah jati diri Pekanbaru, Riau, sebagai negeri Melayu. (sekalian menunjukkan melayu Riau jauh lebih baik daripada melayu negeri seberang)

Begitu meninggalkan bandara baru ini, kami disambut dengan gerbang besar bertuliskan selamat datang dengan tulisan romawi dan huruf arab. Gerbang ini desaignnya sekilas seperti gerbang di timur tengah, namun ternyata tidak, unsur melayu sangat khas sekali dengan ukiran ukiran warna warninya.

Anjungan Idrus Tintin

Ya mungkin bangunan ini tidak baru baru banget namun tetap selalu menarik perhatian siapa saja yang melewatinya. Gedung ini tidak jauh dari gerbang masuk Bandara Sultan Syarif Kasim II, dan berada di tepi jalan jend Sudirman, tepatnya berada di  di Arena Purna MTQ yang sekarang berubah namanya menjadi komplek Bandar serai.  Gedung ini berfungsi sebagai gedung teater, tempat pementasan berbagai macam kegiatan seni dan budaya melayu riau. Dari luar, gedung ini tampak megah dengan arsitek dan gaya melayu yang sangat kental. Didalam, terdapat ruangan luas, dengan panggung dan bangku2 yang digunakan sebagai tempat pementasan.

Anjungan Idrus Tintin

Tidak hanya itu, disekitar Anjungan Idrus Tintin terdapat berbagai anjungan rumah adat dari berbagai daerah di Prov Riau, ( semacam TMII mini khusus Riau ). Ada pula gedung dekranasda, disini kita bisa membeli berbagai produk kerajinan khas Riau.

Flyover paling gaya

Berbeda dengan flyover di daerah lain di Indonesia yang terkesan biasa saja dan asal jadi,  flyover di pekanbaru ini tampak paling gaya dan cantik. Bagaimana tidak, setiap jengkal flyover ini dihiasi dengan ukiran ukiran khas melayu dengan warna warni dominan kuning – merah yang mencolok. Flyovernya kalau tidak salah ada 2(atau 3 ya?), kedua2nya berada di poros utama jalan jend sudirman. Flyover ini dibangun di titik titik rawan macet yaitu di Simp Harapan Raya dan Simp Tambusai.

Flyover Pekanbaru ( credit to Flickr @Jendriuno)

Berfoto di atas flyover ( berfotolah subuh saat masih sepi, karena sebenarnya dilarang berhenti diatas flyover :p)

Titik 0 Pekanbaru

Titik 0 baru Kota pekanbaru tepat berada di Tugu zapin yang berada berada di depan kantor Gubernur Riau. Daerah ini adalah daerah paling terkenal se pekanbaru karena disini banyak gedung gedung keren dan relatif baru, diantaranya adalah perpustakaan Soeman Hs, Gedung Lancang Kuning, menara bank riau-kepri (menara dang Merdu), dan masih banyak lagi yang akan terus dibangun. Kesemuanya adalah gedung yang bergaya modern namun tetap tidak meninggalkan nilai nilai tradisional Melayu.

Ini bukan pose orang lagi mau tampar-menampar, ini adalah tugu tari zapin, yang berada di titik 0 Pekanbaru

Menara lancang Kuning ( credit to R Dwi Siswanty / skyscrapercity )

Menara Dang Merdu / Bank Riau-Kepri ( Credit To Flickr @jendriuno )

Salah satu yang menurut saya paling unik adalah gedung Perpustakan Soeman HS. Gedung ini dari kejauhan nampak seperti buku yang sedang terbuka / tempat meletakkan alqur’an?, dari dekat gedung ini sangat modern, dengan tiang tiang besar dan dengan konsep minimalis bedinding kaca.

Perpustakan Soeman HS

Riau Main Stadium

Inilah dia stadion kebanggan masyarakat Riau, lokasinya berada tidak jauh dari Universitas Riau. Stadion megah ini baru selesai baru baru ini dan memang diperuntukkan sebagai venue utama saat PON XVIII beberapa waktu yang lalu. Asli, stadion ini besar sekali, kira kira bisa menampung sampai 50ribu penonton. Kapasitas dan kemegahannya benar2 membuat saya tercengang dan pastinya membuat provinsi lain se-indonesia iri berat.

Riau Main Stadium / Stadion Utama Riau

Numpang gaya di stadion hebat ini

Trans Metro Pekanbaru

DIjakarta ada Busway, di palembang ada Transmusi, nah di Pekanbaru ada Trans Metro Pekanbaru (TMP). TMP ini merupakan tranportasi masal yang diadakan dalam rangka mengurangi kemacetan yang sekian hari semakin bertambah parah. Ongkosnya kalau tidak salah 3000 rupiah dan terdiri dari 6 koridor ( rencananya ). Kemaren saya sempat coba naik dari RS awal Bros menuju mall SKA, dipintu masuk TMP ada besi penghalang (ga tau namanya) supaya keluar-masuknya penumpang lebih tertib. Bisnya nyaman, AC pulak.

Trans Metro Pekanbaru ( credit to Fery Aditya )

Nah itulah sebagian hal hal baru di Pekanbaru yang bisa saya ceritakan, sebenarnya masih banyak lagi loh seperti masjid raya an Nur, yang megahnya kayak Tajmahal, (walaupun sebenarnya saya belum pernah liat Tajmahal sih :p). Nanti deh akan dibahas lagi …

5 thoughts on “Yang Baru di Pekanbaru

    • Sejak kecil kami belajar mengenai keagungan Kota Melayu Riau, tamadun dan Bahasa Melayu yang begitu maju kehadapan…saya ingin sekali melawat Negeri Melayu yang hebat ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s