Pesona Kota Jambi : Part 2

Menyambung postingan kemarin tentang Pesona Kota Jambi, saya akan mengajak anda jalan jalan ke objek wisata menarik lain di jambi. Wisata itu antara lain , Taman Anggrek Sri Soedewi, Komplek Kantor Gubernur Jambi, Danau/Solok Sipin, Hutan Pinus, Persawahan di Jalan Baru, Wisata naik getek di Sungai Batanghari, dan masih banyak lagi..

9.Taman Anggrek Sri Soedewi

Taman seluas 25.056 m2 ini berada di jalan ahmad yani tepat berada di depan kantor Gubernur Jambi. Taman ini berisi kira 53 jenis anggrek lokal (dari jambi) maupun anggrek lain dari seluruh nusantara.  Tempat ini dibuka untuk umum dengan membayar uang masuk 2000 rupiah saja. Buat ada yang hobi berkebun dan bercocok tanam, tentunya tempat ini sangat menarik sekali karena disini anda bisa mengenal dan menikmati keindahan aneka anggrek dalam satu tempat. Selain itu anda dapat belajar cara merawat dan membudidayakan tanaman Anggrek yang baik dan benar.

Ragam Anggrek di Taman Anggrek Sri Soedewi

Selain buat pencinta anggrek, taman ini juga asik dijadikan tempat “pelarian” dari hiruk pikuknya kota Jambi. Suasana yang sepi, hijau dan penuh bunga warna warni membuat anda bisa bersantai dengan tenang. Kehadiran aneka pepohonan yang tumbuh subur dilengkapi kolam, jembatan dan anjungan menjadi kelebihan lain yang dimiliki taman anggrek ini.

Taman Agggrek Sri Soedewi

10. Kompleks Kantor Gubernur Jambi

Kompleks Kantor gubernur ini juga berada di Jalan Ahmad Yani. Disini terdapat kantor Gubernur Jambi yang bangunannya sangat besar dan Megah. Di sampingnya terdapat kantor DPRD dengan patung Dua Angsa di depannya. Didepan kantor ini terdapat lapangan yang sangat luas yang biasa digunakan masyarakat setempat untuk berolahraga ( joging, sepakbola, badminton, dll). Bahkan tidak jarang event event tertentu juga dilaksanakan di lapangan. Didepan lapangan tepat menghadap jalan ahmad yani, tedapat patung pahlawan/raja kebanggan masyarakat jambi yaitu Patung Sultan Thaha.

Kantor Gubernur Jambi

Tidak hanya itu, di Jalan Ahmad Yani sendiri merupakan jalan yang sangat tertata rapi, pohon dikiri kanan yang lebat dengan sidewalk yang lebar disertai tempat duduk. Lampu jalalnnya pun berukir indah. Dahulu jalan ini sering dijadikan tempa balap liar, namun kini jalan ini terutama saat malam minggu dan minggu pagi berubah menjadi pusat kuliner masyarakat Jambi.

Jalan Ahmad Yani, Kantor Gubernur, dan Patung Sultan Thaha

11. Danau/Solok Sipin

Danau ini berbentuk memanjang dari barat ke timur, tepat berada di antara perkantoran prop Jambi – RSUD Radem Mataher sampai Broni ( dibelakang Hotel Ratu). Danau ini sejajar dan bersebelahan dengan Sungai Batanghari. Danau Sipin ini sering juga disebut warga setempak dengan Solok Sipin. Solok sendiri artinya adalah Danau.  View terbaik untuk melihat Panorama danau ini adalah di Simpang Buluran Kenali, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi. Tepatnya di samping Fakultas Kedokteran Unja. Dari atas sini anda bisa melihat landscape keindahan danau sipin sambil bersantai.

Danau Solok SIpin

Disini anda bisa memancing, bermain kereta air, bahkan berperahu menyeberangi danau sipin. Ditengan danau anda bisa melihat beberapa keramba ikan yang memang sengaja di buat oleh para petani ikan, ikan-ikan yang dibudidayakan pun bermacam-macam, mulai dari ikan mujair, hingga ikan mas dan nila,dan jenis ikan air tawar lainnya. Waktu terbaik ketempat ini adalah saat pagi hari, saat masih berkabut dan saat sore hari untuk menikmati Sunset.

Anak-anak berangkat sekolah menyusuri Danau Sipin yang diselimuti kabut pagi ( Foto : pak Imran Sirajuddin)

Selain sebagai tempat bersantai, tempat ini juga menyimpan kekayaan bernilai sejarah, karena ditempat ini terdapat situs solok sipin. Disitus ini terdapat beberapa buah stupa dan struktur candi dari batu bata peninggalan zaman Hindu Budha.

12. Ada Hutan Pinus di Kota Jambi

Sebagai Kota yang berada di daratan rendah, tentunya agak sulit menemukan hutan pinus di Kota Jambi, karena biasanya pohon pinus tumbuh di dataran tinggi maupun pegunungan. Namun ternyata di Kota Jambi memang ada Hutan Pinus, tepatnya di Jl Jambi-Palembang Km 11 Kenali Asam Bawah, tepat berada di gerbang perbatasan Kota Jambi – Kab Muaro Jambi. Taman ini awalnya adalah tempat pembudidayaan tanaman Pinus, yang mulai dibangun pada tahun 1964 dan kemudian berkembang menjadi Taman.

Hutan Pinus Kota Jambi

Hutan Pinus Kota Jambi

Disini anda dapat melihat pohon pinus yang menjulang tinggi dengan susunan yang rapi. Selain pinus, anda dapat melihat pohon lain yang jarang ditemui ditempat lain seperti pohon Bulian, pohon Gaharu dan pohon Tembesu. Ditempat ini juga disediakan sejumlah pendopo untuk beristirahat dan bermain. Untuk memudahkan pengunjung, disediakan juga jalan setapak agar lebih leluasa mengeksplor Hutan ini.

13. Persawahan Jalan Baru

Memang tempat ini bukanlah tempat wisata, namun cuma disinilah anda dapat menemukan persawahan di Kota Jambi selain sawah kecil yang berada tepi Sungai Batanghari. Sawah disini merupakan sawah tadah Hujan sehingga bercampur antara sawah dan rawa rawa. Lokasinya berada di jalan lingkar timur (jalan Baru) menuju jembatan Batang hari II. Setiap Sore hari dipinggir jalan ini banyak pedagang dadakan yang menjual ikan hasil tangkapan mereka. Pasar ini bernama pasar 46. Buka jam 4 tutup jam 6.

Sawah di Jalan Baru Kota Jambi

Selain itu disini terdapat bangunan kelenteng yang cukup mencolok karena warnanya yang merah terang. Namun sayangnya saya tidak tau nama kelenteng tersebut.

Kelenteng di Jalan Baru

14. Naik Getek di Sungai Batanghari

Tidak lengkap rasanya bila ke Kota Jambi tanpa naik Getek di Sungai kebanggan masyarakat jambi ini. Getek/Ketek adalah perahu tradisional masyarakat jambi yang biasa digunakan untuk menyebrang dari Kota Jambi ke Seberang Kota Jambi maupun ketempat wisata lainnya. Untuk Naik getek ini, anda bisa naik dari Kawasan Tanggo Rajo yang berada di depan Kantor Gubernur  maupun di Samping Hipermart. Selain itu bisa juga melalui tempat penyeberangan di pasar tradisional Angso Duo, dan tentunya juga dari Seberang Kota Jambi.

Penyeberangan di pasar Angso Duo

Membelah sungai Batanghari

Dulunya wisatawan jambi yang ingin menuju Kompleks Candi Muaro Jambi biasanya menggunakan Getek ini, namun sekarang sudah jarang karena akses darat ke Kompleks percandian sudah bagus. Kini Perahu kecil ini lebih serig dipakai menyeberang ke Sekoja dan mengantar wisatawan menikmati keindahan sungai batanghari dan jembatan batanghari II dari bawah.

Jembatan Batanghari II

Sumber foto

Selain naik Getek, disini ada juga moda transportasi lain seperti speed boat maupun kapal barang/ penumpang (pompong), kapal ini biasa digunakan untuk mencapai daerah daerah lain di luar Kota Jambi seperti Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Kapal di Sungai Batanghari

15. Tempat menarik lain

Patung adat jambi – errr.. sebenarnya saya tidak tau nama patung ini, mungkin semacam patung selamat datang. Patung ini terdiri dari beberapa patung manusia berpakaian adat jambi dengan satu payung besar, menyambut anda yang datang dari jembatan makalam. Ya, lokasinya memang tidak jauh dari jembatan Makalam.

Patung Selamat Datang

Tugu Pers – Tugu yang relatif baru ini (selesain tahun 2012) berada di jantung Kota Jambi yaitu di Kawasan Simpang Pulai, Sebuah kawasan yang kaya kuliner terutama di malam hari. Tugu ini dibuat dalam rangka Hari Pers Nasional beberapa tahun lalu. Dibelakang tugu ini terdapat tempat dari kaca yang digunakan untuk menempelkan koran setiap hari.

Tugu Pers

Gedung PNPN VI

Gedung ini berada di Jalan Lingkar Selatan Kota Jambi. Memang tidak ada yang spesial dari gedung ini kecuali tamannya yang hijau dan indah serta gedung birunya yang menawan.

Gedung PTPN VI

Itulah mungkin sebagian dari Pesona Kota Jambi. Sebenarnya masih banyak lagi yang menarik seperti Taman Mayang Mangurai, Hutan Kota, Kampung Raja, Taman Ria Remaja, Pasar Keramik, Kompleks makam rajo rajo Jambi, Museum Negeri Jambi dan Museum Perjuangan Rakyat Jambi yang mungkin akan saya bahas di lain postingan.

Ini saya kasih map lokasi tempat2 wisata di kota jambi…  silahkan klik untuk memperbesar.

Dipostingan selanjutnya saya akan membahas mengenai Pesona di Seberang Kota Jambi..

2 thoughts on “Pesona Kota Jambi : Part 2

  1. Wah, info bagus… ternyata kota Jambi menyimpan banyak spot menarik jg. Kebetulan mau ke sana, tapi masih minim info tentang transportasi umum. Mungkin bsa dibantu kira2 transportasi yg memungkinkan di Kota Jambi apa?🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s