Mengintip Merapi Dari Dusun Kinahrejo

Setelah letusan gunung merapi tahun 2010 silam, banyak desa yang berada di bawah kaki Gunung Merapi yang yang hancur luluh lantak. Salah satunya adalah Dusun Kinahrejo. Kinahrejo merupakan dusun yang mengalami kerusakan terparah, karena dusun itulah yang paling dekat dengan kaki Gunung Merapi. Namun kini Dusun Kinahrejo mulai bangkit kembali, bahkan sudah menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik dikunjungi.

Gunung Merapi dan Bekas Rumah (alm) Mbah Marijan

Dari Dusun Kinahrejo, kita bisa melihat puncak Gunung Merapi dari dekat. Selain itu banyak panorama menakjubkan yang bisa kita lihat diantaranya sisa terjangan lava berupa lautan pasir dan batu. Bahkan reruntuhan rumah yang tersapu awan panas masih tampak di kanan dan kiri jalan, termasuk rumah sang juru kunci (alm) Mbah Marijan.

Dusun Kinahrejo berada di Kabupaten Sleman, Prov Yogyakarta. Dari Kota Yogyakarta menuju ke utara dengan lama tempuh sekitar 1 jam perjalanan. Sebaiknya datang pagi pagi sekali sebelum Gunung Merapi tertutup kabut. Sebelum sampai dusun Kinahrejo, dipinggir jalan akan ada sungai menganga lebar dengan dengan tebing tebingnya yang curam. Kalau tidak salah kali itu adalah kali Gendol.

Menuju Dusun Kinahrejo

Harga tiket masuk sesuai kendaraan, untuk motor sekitar7ribu/motor dan mobil 15ribu permobil, ditambah biaya parkirsebesar 2ribu untuk motor dan 5rb untuk mobil. Dari sini kita tidak bisa menggunakan kendaraan pribadi ke atas, jadi harus jalan kaki atau naik ojek atau menyewa motorcross maupun jeep. Tarif ojek adalah 20 ribu dan tarif sewa motorcross adalah 50 ribu untuk 1 jam.

Dusun Kinahrejo

Dari sini kita sudah bisa melihat keindahan gunung merapi yang nampaknya terus menerus mengeluarkan asap dari kawahnya. Indah namun berbahaya. Jalanan hanya sebagian saja yang beraspal, selebihnya adalah jalan berpasir dan berbatu. Puas sekali rasanya trekking mengengelilingi hamparan pasir dan batu yang tersebar luar didaerah ini.

Hamparan Pasir dan Batu

Tempat yang jangan lupa dikunjungi adalah bekas rumah almarhum mbah marijan, sang juru kunci merapi yang kini sudah rata dengan pasir. Yang ada hanyalah gubuk kecil sebagai penanda. Di sampingnya terdapat mobil dan beberapa motor yang hangus terbakar.

Mobil dan Motor yang hangus terbakar

Harus Narsis

Kalau berkunjung ke jogja, jangan lupa untuk mampir ke dusun Kinahrejo untuk mengintip salah satu gunung vulkanik yang paling aktif.. Gunung merapi.

2 thoughts on “Mengintip Merapi Dari Dusun Kinahrejo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s