Candi Muaro Jambi terluas se Asia Tenggara

Kompleks percandian apakah yang terluas se asia tenggara? kalau jawabannya Borobudur  di Jawa Tengah atau Angkor Wat di Kamboja, maka jawaban anda salah besar. Ternyata  kompleks percandian terluas se Asia Tenggara berada di provinsi Jambi. Kawasan  percandian itu bernama Kompleks Percandian Muaro Jambi yang berada di Kabupaten  Muaro Jambi, tepatnya di kecamatan Muaro Sebo.

Candi Gumpung, Salah satu candi di Kompleks Candi Muaro Jambi

Kompleks candi ini adalah salah satu wisata andalan Propinsi Jambi yang mulai  dikenal di dalam maupun diluar negeri karena nilai sejarahnya yang masih penuh  misteri.  Bahkan, kompleks ini sudah masuk dalam daftar tentatif World Heritage  lohh….

Penasaran ingin kesana?? Lokasinya berada di sebelah Timur Laut Kota Jambi, sangat  dekat dan bisa ditempuh dengan kendaraan darat selama kurang lebih 45 menit saja.  Kalau dari Kota Jambi, cukup berjalan ke arah timur, kemudian ke utara melewati  jembatan Batang Hari II. Teruslah ke utara, anda akan menemui beberapa persimpangan  teruslah berbelok kekanan. Setelah melewati 2 buah jembatan kecil, perhatikan  perhatikan rambu penunjuk jalan karena disitu akan ada penunjuk jalan menuju candi.  Tiket masuk ke dalam kompleks 8ribu rupiah/motor, sudah termasuk biaya parkir.

Gerbang masuk candi Muaro Jambi

Begitu masuk kedalam kompleks, akan terlihat beberapa candi, bangunan gedung yang  berfungsi sebagai wisma dan museum yang di gunakan untuk menyimpan arca arca dan  benda peninggalan lainnya yang berasal dari kompleks candi Muaro jambi. Tapi  sayangnya tempat penyimpanan benda bersejarah ini kadang buka kadang tutup. Memang  kesan pertama melihat kompleks candi Muaro Jambi adalah berantakan dan kurang  terurus. Mungkin kalau dibandingkan dengan kompleks candi lain di Pulau Jawa, memang  kompleks candi Muaro Jambi masih belum di kelola dengan baik.

Deretan Stupa

Disini masyarakat setempat menyewakan sepeda dengan tarif 10 ribu sampai 20 ribu  perjam. Kenapa harus sewa sepeda? karena kompleks candi ini sangat luas sehingga  tidak akan bisa di eksplor dengan jalan kaki. Ditambah lagi masih banyak jalan jalan  kecil dan tidak beraspal sehingga mobil maupun motor akan sulit lewat.

Sepeda

Kompleks situs ini mempunyai luas 12 Kilometer persegi, panjang lebih dari 7  Kilometer serta luas sebesar 260 hektar yang membentang searah dengan jalur sungai.  Itu artinya luasnya 12 kali luas kompleks candi borobudur dan 2 kali luas kompleks  angkor wat.

Peta Kompleks Candi Muaro Jambi

Kompleks ini terdiri dari 82 candi yang sebagian besar belum di  identifikasi, jadi masih berupa gundukan tanah/batu bata. Tumpukan atau reruntuhan  bangunan kuno itu disebut Menapo oleh warga sekitar candi. Dari sekian banyak candi,  ada 12 candi yang sudah di beri nama, diantaranya Candi Kotomahligai, Candi Kedaton,  candi Gedong satu dan Gedong dua, Candi Gumpung, Candi Tinggi, Candi Kembar Batu dan  Candi Astano, Candi Teluk 1 dan 2,Candi Sialang dll.

Candi Gumpung

Sama seperti candi lain di Sumatra, candi yang berada di Muaro Jambi tersusun dari  Batu Bata, Candi yang pertama yang ditemui adalah candi Gumpung, candi ini nampaknya  relatif utuh, berada di permadani rumput yang hijau, dikelilingi tembok bata dan  parit kecil. Didepan candi gumpung terdapat Makara dengan bentuk yang sangat unik.

Makara

Selain candi Gumpung, terdapat candi tinggi, yang relatif masih utuh dengan batu  bata yang tersusun rapi.Kita bisa naik ke atas candi tinggi ini, asalkan tidak  merusak, mencoret maupun mengotori candi. Dari kejauhan nampak masih banyak tumpukan  batu bata yang sudah hancur disekitar candi Tinggi dan Gumpung.Lalu ada Candi Kembar  Batu yang terletak kurang lebih 250 meter dari Candi Tinggi. Ohya,tidak jauh dari  pintu masuk tadi, terdapat kolam kuno yang bernama Telago Rajo.

Telago Rajo

Candi Tinggi

Dari Atas Candi Tinggi

Eits.. itu belum semua, karena yang baru dilihat barulah “permulaan” dari kompleks  candi Muaro Jambi yang sesungguhnya. Inilah saatnya bersepeda karena masih banyak  candi lain yang masih tersembunyi. Diantaranya adalah Candi Astano yang memiliki 12  sisi, candi ini nampak secara jelas dikelilingi parit dan kanal. Didepannya terdapat  kanal temporer yang hilang timbul sesuai pasang surut. Selain itu masih ada candi  gedong I dan II.

Candi

Candi Gedong

Dari candi kedaton II jalanan sudah tidak bagus lagi, sebagian  besar jalanan tanah yang berlubang dan becek saat hujan. Disamping kiri kanan jalan  akan nampak Menapo Menapo ( reruntuhan kuno ) yang belum di identifikasi. Ada lagi 1  candi besar yang ditemui yang letaknya cukup jauh yaitu Candi Kedaton. Namun sayang  candi ini nampaknya masih perlu dipugar.

Reruntuhan Candi yang sudah tidak utuh lagi

Candi yang paling jauh adalah candi Koto  Mahligai, letaknya cukup jauh dari Pintu masuk candi muaro jambi, namun dekat bila  datang dari jalan jambi – muara sabak. Suasana candi di Koto Mahligai terasa sangat  mencekam karena disini banyak sekali Menapo dan reruntuhan kuno yang di kelilingi  dan di tumbuhi oleh pohon pohon berukuran raksasa.

Candi Koto mahligai

Selain Candi, kita juga bisa menikmati wisata kanal kuno di kompleks candi muaro  jambi. Kanal kanal dan parit kuno yang dulunya digunakan oleh masyarakat setempat  sebagai sarana transportasi (seperti di Venice) dari dan ke candi satu ke candi  lainnya .kanal kanal itu terhubung dengan danau Kalari dan sungai Batang hari.

Kanal Kuno

Candi, kanal, dan parit ini membentuk arsitektur kota kuno muaro jambi yang  menakjubkan. Dilihat dari kompleksitas arsitekturnya, Kompleks candi muaro jambi  memang benar benar sebuah ” lost kingdom” di sumatra. Ada yang mengatakan bahwa  dulunya kompleks candi Muaro Jambi adalah tempat belajar agama budha yang cukup  terkenal di asia. Bahkan ada anggapan bahwa kompleks candi Muaro Jambi adalah  universitas tertua di Nusantara.

Memang kompleks candi Muaro Jambi masih “tertidur” dan perlu dibangunkan kembali.  Itulah mungkin tugas para arkeolog muda dan pemerhati untuk merangkai puzzle puzzle  dari puluhan menapo yang masih berupa runtuhan misteri.

Duren

Terlepas dari itu, bila anda berkunjung ke Jambi, jangan lupa untuk datang dan  menyaksikan sendiri Kompleks candi Muaro Jambi. Sekedar saran, usahakan datang pada  saat Musim buah Duku atau Duren, karena di sekitar Kompleks banyak sekali Pohon duku  dan Duren. Lumayan bisa dapat duku dan duren gratis. Hehehe

Narsisnya jangan lupa

15 thoughts on “Candi Muaro Jambi terluas se Asia Tenggara

  1. Bang Ardin, salam kenal. Terima kasih sekali untuk info mengenai Jambi yang sangat-sangat membantu. Kebetulan saya juga berencana ke Jambi tahun depan. Kalau untuk tarif ojek sendiri ke komplek candi kena berapa ya? dan jika bisa minta sarannya untuk kunjungan ke Jambi 2 hari 1 malam baiknya mengunjungi apa saja ya?

    • Tarif ojek ke candi sekitar 50-70ribu mungkin sekarang sudah naik.. Kalau wisata dalam kota bisa mengunjungi masjid 1000 tiang (bagusnya malam hari), kawasan tanggal rajo, sekitaran kantor gubernur, museum2, seberang kota jambi, Bonbin, untuk lengkapnya bisa dilihat di postingan saya mengenai pesona kota jambi. Kalau di sekitar luar kota bisa ke kompleks candi Muaro jambi

  2. Tetapi maaf ya Bang, Trowulan Majapahit itu lebih luas lho sekitar 100km2, mungkin Trowulan hanya bisa disaingi oleh Bagan Archeological zone di Myanmar. Dan Angkor Archeological Park luasnya 400km2 lho menurut Unesco World Heritage Site. Anyway, rasanya tidak penting apa yang paling luas kan, tetapi bagaimana kita memeliharanya sebagai bagian dari kita, bagian dari warisan dunia. Great post! Terima kasih sudah berbagi…

    • data dari mana mbak 100 Km2..mohon maaf juga kalau mau dituriti dan dibandingi disepanjang sungai batang hari bukan hanya ada komplek candi muara jambi , tetapi banyak di temui komplek komplek lainya seperti di seberang muaro jambi ini,tanjung jabung timur, dusun tuo sumay, desa candi di tebo sampai darmasaraya di hulu sungai batanghari semuanya terbuat dari batu bata kuno, kebayangkan betapa luasnya, dan kalau anda tau panjang sungai batanghari 850 Km bahkan ada yang mengatakan 1400 km. bukan hanya candi tapi juga kanal2 kuno, penemuan2 emas, bangkai kapal kuno.

  3. Waaaahhh sebagai penggemar sejarah dan arsitektur lawas, aku langsung ngiler lihat foto-foto yang di sini. Muaro Jambi is a must then … Semoga bisa ke sana segera.

  4. dahsyat belantara sumatera, saya pengen kembali ke daerah leluhur. Di Surabaya sudah gak sealami di rimba sumatera

  5. Dan perkebunan teh terluas didunia dengan rasa nomor satu adalah Perkebunan Teh Kayuaro di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi. (Klik google : Perkebunan Teh Kayu Aro)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s