Candi Muara Takus bukan di Jambi

Kompleks Candi Muara Takus merupakan salah satu kompleks candi di propinsi Riau yang masih belum banyak dikenal. Bahkan tidak sedikit penulis / traveler /backpacker yang salah anggapan bahwa candi muara takus adalah candi yang berada di Jambi. Ya, candi muara takus berada di Provinsi Riau, tepatnya di desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, dan bukan berada di Jambi.

Lokasi Kompleks Candi Muara Takus

Kompleks Candi Muara Takus dapat dicapai dengan kendaraan darat (roda dua maupun empat) dari Kota Pekanbaru dengan jarak kurang lebih 130 km ke arah barat ( Jalan Riau – SUmbar) melalui jalan beraspal yang sudah dikeraskan. Dari Jalan Riau – Sumbar, masuk lagi kedalam sekitar 19 km. Total lama perjalanan sekitar dua setengah jam. Jangan takut tersesat karena mudah dijangkau,dan lokasi candi tidak terlalu terpencil.

Gerbang masuk ke candi muara takus

Candi Mahligai berbentuk stupa

Tinggalan budaya masa lampau yang cukup dikenal dari situs muara Takus adalah tanggul (benteng) tanah yang panjangnya lebih dari 4 km, dan sebuah kompleks percandian yang menempati areal sekitar 0,5 hektar. Kompleks percandian Muara Takus dikelilingi tembok berukuran 74 x 74 meter yang keseluruhannya dibuat dari batu bata.

Bagian puncak Candi Tua

Seperti hampir semua candi di Sumatra, bangunan candi disini semua terbuat dari batu bata dan batu pasir… Hal itu mungkin dikarenakan sulitnya mencari batu alam karena merupakan daerah dataran rendah. Jadi buat anda yang selama ini hanya melihat candi candi yang terbuat dari batu alam seperti candi-candi di jawa (seperti Prambanan dan Borobudur),melihat candi muara takus tentunya menjadi sesuatu yang sangat unik.

Candi bungsu yang terbuat dari batu pasir

Setidaknya ada 4 candi yang saya lihat disini. Ke empatnya antara lain, Candi Tua yang merupakan candi terbesar diantara candi lainnya. Candi Mahligai yang berbentuk seperti stupa. Candi Bungsu yang terbuat dari batu bata dan campuran batu pasir. Serta terakhir adalah Candi Palangka yang paling kecil dan imut sendiri. Keempatnya memiliki fungsi masing masing yang berbeda.

Didepan Kompleks Candi Muara Takus

Ohya untuk tiket masuk dikenakan tarif sebesar 3ribu rupiah saja. Harga yang sangat murah untuk sebuah kompleks candi yang luar biasa.

Kalau begitu, candi apa dong yang ada di Jambi? Candi yang ada di Jambi adalah Kompleks Percandian Muaro Jambi, yang konon katanya merupakan kompleks percandian terluas se Asia Tenggara. Mengenai Candi Muaro Jambi akan dibahas di postingan berikutnya…

8 thoughts on “Candi Muara Takus bukan di Jambi

  1. Pingback: Perjalanan dari Pekanbaru ke Padang | JalanBlog

  2. Pingback: KOLESKI SEJARAH INDONESIA 1958(BERSAMBUNG) | Driwancybermuseum's Blog

    • Yaitu memang masalah Geografis yang karena negara ini kepulauan jadi hanya sedikit orang yang tahu beda antara Candi Muara Jambi dan Candi Muara Takus. Sama halnya dengan Candi Prambanan dan Candi Borobudur disebut berada di Provinsi Yogyakarta, padahal Borobudur terletak di Magelang
      Provinsi Jawa Tengah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s