Tebing “berukir” di Pantai Watuparunu

Nah, ini adalah salah satu tempat wisata paling terkenal di sumba. Keindahan tebing batu di pantai watuparunu ini sangat memukau, dengan bentuk yang unik seperti diukir.

Watuparunu

Pantai ini sering dikunjungi wisatawan, tidak hanya dari sumba timur, tapi juga dari sumba tengah, sumba barat dan sumba barat daya bahkan dari luar sumba. Tebing batu raksasa di pantai ini memang sangat menarik perhatian wisatawan.

Pantai watuparunu berada sejauh lebih kurang 130 km dari kota waingapu. Ya, cukup jauh. Tapi anda tidak usah khawatir. Akses kesini tidak sulit, karena anda tinggal mengikuti jalan raya lintas sumba yang licin, lurus dan datar, dapat ditempuh selama tiga jam perjalanan dari kota waingapu. Setelah anda mendapatkan puskesmas baing, anda belok kiri di pertigaan sesudah puskesmas. Dari sini ke pantai lebih kurang sejauh tujuh kilometer. Sebagian jalan sudah diaspal bagus. Sedikit kendala yang mungkin anda hadapi yaitu menyeberangi sebuah sungai kecil, karena jembatannya masih dalam perbaikan (kondisi ketika saya masih tugas di Sumba Timur sampai Mei 2012), jadi disarankan untuk menggunakan kendaraan yang agak tinggi, bukan sedan atau sejenisnya.

Tebing berukir Watuparunu

Setelah menyusuri jalan pengerasan, anda langsung disambut hamparan pantai yang luas. Garis pantainya sangat panjang. Pantai ini sudah termasuk pantai selatan, yang berhubungan langsung dengan Samudera Indonesia, jadi ombaknya lumayan besar. Tapi pantai ini landai, jadi aman untuk berenang sampai agak ketengah.

Pantai Watuparunu

Tebing batu yang indah itu ada di sebelah kanan. Jika air sedang tidak pasang tinggi, anda bisa menyeberang ke sisi sebelah dari goa batu kecil, untuk dapat langsung menuju bawah tebing tersebut. Anda bisa puas berfoto di tebing yang indah ini.

Tebing Watuparunu

Garis pantai dari atas tebing

View lain dari atas tebing

Untuk mendapatkan pemandangan yang lebih bagus, anda harus memanjat tebing tersebut. Ada jalan setapak dibalik pepohonan. Tidak terlalu sulit, karena sudah biasa dikunjungi. Dari sini anda bisa melihat dengan jelas garis pantai yang sangat panjang. Tebingnya juga terlihat sangat bagus dari sini. Hati-hati bagi yang takut ketinggian, hehe. Selamat menikmati keindahan Watuparunu.

Narsis di Watuparunu

14 thoughts on “Tebing “berukir” di Pantai Watuparunu

  1. Watu parunu. Sejuta kenangan indah selalu terukir dihati. Waktu itu pantaimu adalah tempat aqu melepas segala kepenatan hidup dan engkau. Menjawab setiap gejolak hatiku meski dalam diam namun pesonamu mebawa kesejukan dan membangunkan aq dari kepenatan hdp. Watu PARUNU aq kangen padamu…

  2. Pingback: Kembali ke Watuparunu | JalanBlog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s