Wisata Laskar Pelangi

Siapa yang tidak kenal dengan novel dan film Laskar Pelangi. Kesuksesan novel dan film laskar pelangi membawa pengaruh yang cukup besar terhadap sektor pariwisata di Belitung Timur yang menjadi setting utama novel dan film tersebut. Lokasi di novel dan film Laskar pelangi tepatnya berada di Desa Gantung ( atau Gantong menurut dialek lokal) Kec. Gantung Kab Belitung Timur. Tidak sedikit yang penasaran ingin mengunjungi tempat dimana Lintang dan kawan kawan bersekolah. Termasuk saya. Perjalanan dari Tanjung Pandan, Belitung menuju desa Gantung Belitung timur memakan waktu kurang lebih 1,5 jam. Jalanan mulus dan tidak banyak naik turun, namun agak sedikit berkelok kelok.

SD laskar Pelangi

Salah satu yang menarik dari laskar pelangi adalah mengunjungi bangunan SDnya. Ternyata ada 3 bangunan SD muhammadiyah gentong disini. Kalau tidak salah yang pertama adalah bangunan SD yag dibuat oleh pemerintah setempat, yang kedua adalah bangunan SD yang digunakan untuk syuting film dan yang terakhir adalah bangunan aslinya yang sudah tidak ada namun sudah diganti dengan bangunan lain yang lebih baik. CMIWW. Ayo kita kungjungi satu satu yuk..

SD muhammadiyah Gantong

Sd ini berada dikawasan yang dibuat pemerintah setempat. Bangunannya mirip dengan SD Gentong asli, berwarna putih – biru dan tampak sedikit lebih terawat daripada yang di film. Plang yang digunakan disini sama persis dengan yang ada di film, tp dengan kondisi yang lebih jelek, tulisan mulai tidak jelas dan terhapus karena terkena panas dan hujan.

SD muhammadiyah Gantong

Di sebelah kanan rumah terdapat kayu besar di gunakan untuk menyangga bangunan ini. Sayangnya pintunya terkunci jadi saya Cuma bisa melihat kondisi ruangan dalam bangunan dari luar saja. disini tidak hanya terdapat replika SD muhammadiya Gantong, tapi juga terdapat beberapa replika rumah adat orang Belitong.

Tulisan SD Muhammadiyah yang mulai pudar

Bendungan Pice

Sebelum ke SD muhammadiyah lainnya, mampir dulu ke Bendungan Pice yang berada di gantong.  Bendungan ini adalah bendungan peninggalan jaman belanda yang digunakan untuk membendung sungai Linggang.

Bendungan Pice

Sungai Linggang ini yang membelah desa Gantong.  Duduk duduk disini cukup asik juga sambil menikmati pemandangan sungai yang tenang dan derasnya air yang terjun dari bendungan Pice. Beberapa anak muda juga nampaknya sibuk bermain disekitaran bendungan Pice. Mungkin disinilah tempat nongkrongnya anak-anak gantong kali ya…

Bendungan Pice Sungai Linggang

SD muhammadiyah Gantong

Kalau tidak salah SD ini yang di jadikan sebagai lokasi film. Letaknya tidak jauh dari bendungan Pice, tidak sampai 10 menit naik motor. Lokasinya jauh lebih bagus daripada SD yang pertama diliat tadi. Sdnya berada di puncak bukit berpasir dan dikelilingi danau danau kecil. Yang membuat menarik adalah landscape pasir yang berwarna putih dan semak semaknya berwarna coklat.

SD berada di atas bukit pasir

Bangunan SDnya yang disini lebih sesuai dengan aslinya, cat putih birunya sudah terkelupas disana sini. Bangunannya pun sudah reot dan tampak agak miring. Sama seperti SD yang pertama td, di sebelah kanan bangunannya disangga sebuah balok kayu besar persis sama di film. Tapi sayangnya plang SD nya tidak ada lagi (dipindahkan ke SD yang pertama tadi), yang ada Cuma plang kayu bertuliskan SD laskar pelangi. Asiknya pintunya tidak dikunci jadi saya bisa masuk kedalam kelas dan menghayal menjadi salah satu murid Ibu Muslimah yang sedang belajar. Hihih…

SD Muhammadiyah yang asli

Katanya sih ini SD muhammadiyah yang asli, tapi bangunan tuanya sudah tidak ada lagi. Diganti dengan bangunan beton modern.  Tapi pohon pohon besar didepan SD (yang masuk didalam film) ternyata masih ada dan persis seperti di film.

SD asli

Di depan SD ini ada semak belukar berwarna coklat kering yang muncul disalah satu adegan di film laskar pelangi.Semak belukar ini cocok sekali buat berfoto foto. Hehe..

Semak laskar pelangi

Pelabuhan Manggar

Setetelah puas berkeliling keliling Gantong, saatnya ke kota Manggar. Manggar adalah ibukota dari kabupaten Belitung Timur. Letaknya di ujung paling timur pulau belitung. Kalau dari Gantong ke arah timur laut sejauh kurang lebih 20 kilometer. Dimanggar ada pelabuhan yang cukup terkenal yaitu pelabuhan Manggar. Dipelabuhan ini juga salah satu adegan di film “sang Pemimpi”, yang merupakan lanjutan dari film laskar pelangi berlangsung..

Pelabuhan Manggar

3 thoughts on “Wisata Laskar Pelangi

  1. Keren. gaya penuturan anda menginformasikan dengan detil Belitong Timur, Desa Gantung (y)

    kesuksesan Film Laskar Pelangi berimbas pada sektor pariwisata Belitong. Film memang selalu punya daya hipnotis bagi penonton.

    salam,

    Rifky S

  2. Kalau dari Bandara di Tanjung Panda ke Belitung Timur di Desa Gantong ini, transportasinya apa ya? dan untuk penginapannya bagaimana?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s