Surga Foto di Danau Tambang Kaolin

Belitung tidak hanya terkenal dengan tambang biji timahnya, tapi juga terkenal dengan tambang Kaolin/ clay yang di gunakan untuk membuat cat dan kosmetik. Penambangan kaolin meninggalkan bekas bekas berupa lubang lubang yang menganga. Lubang itu kemudian terisi air dan menjadi danau buatan bekas tambang kaolin yang unik dan indah.

Danau tambang Kaolin

Danau ini memang bukan tempat wisata yang asik karena tidak ada yang bisa dilakukan disini selain berfoto foto. namun buat para penggila fotografi, panorama di Danau tambang kaolin ini seperti surga. Lokasi danau tambang kaolin ini berada tidak jauh dari bandara hananjoeddin Tanjung Pandan. Memang tidak ada penunjuk yang jelas, jadi harus sering sering bertanya dengan penduduk setempat. jangan segan untuk bertanya karena mereka akan dengan senang hati membantu.Jalannya memang agak masuk kedalam dan sebagian jalan jelek, tapi jangan ragu untuk terus masuk kedalam.

Danau tambang juga

Awalnya saya sempat terkecoh dengan sebuah danau besar bekas tambang kaolin juga, warnanya biru kehijauan, tapi warnaya cenderung coklat dan tidak putih seperti yang saya liat difoto2.  Ternyata bukan itu tempatnya, tapi lebih masuk beberapa meter lagi kedalam. Lebih kedalam baru saya bisa melihat hamparan clay berwarna putih dikombinasikan dengan birunya air di danau.

Danau tambang kaolin

tak sabar langsung saya ambil beberapa foto dengan kamera pocket saya.

kalau anda pernah ke kawah putih, kurang lebih tempat ini sama dengan kawah putih di jawa barat, hanya saja bedanya adalah disini udara sangat panas dan tidak ada kabut dan bau belerang.  sama seperti Kawah Putih, tempat ini juga sangat cocok sekali buat pasangan yang ingin foto prewedding.

Danau tambang kaolin

Saya sendiri heran kenapa airnya bisa berwarna biru cantik seperti itu, apakah pengaruh kandungan mineralnya ataukah hewan semacam plankton / alga? seperti dikelimutu? penasaran saya cicip airnya terasa dingin aja padahal cuaca panas sekali. Saya perhatikan dengan seksama tampaknya tidak ada ikan yang hidup disini.

Jangan lupa narsis

2 thoughts on “Surga Foto di Danau Tambang Kaolin

Leave a Reply

