Tanjung Kelayang dan kawan kawan

Selain Tanjung Tinggi yang menjadi Primadona, masih ada beberapa lagi tempat dan pantai yang menarik di belitung. Salah satunya adalah di Tanjung Kelayang. Jalan menuju Tanjung Kelayang sama seperti jalan menuju ke Tanjung Tinggi, hanya saja saat ada persimpangan berbelok kekanan. Terletak di utara Tanjung pandan dengan jarak dari Tanjung Pandan kurang lebih 27 kilometer.

Tanjung Kelayang

Pantai tanjung kelayang sebenarnya tidak kalah bagusnya dengan pantai tanjung tinggi, pasirnya juga sangat putih dan lembut, kalau di injak rasanya seperti menginjak tepung. pantainya cukup bersih, lautnya biru gradasi hijau yang menakjubkan dan tidak lupa, batu batu granit besar. Disebelah barat dari tanjung kelayang juga terdapat batu batu besar mirip di Tanjung tinggi namun dengan ukuran yang lebih kecil. Disebelah timurnya terdapat hamparan pantai yang luar biasa.  yang membedakannya adalah disini banyak kapal dan perahu nelayan. Kapal kapal ini yang biasanya di sewa wisatawan untuk menjelajahi pulau pulau kecil yang berada di sekitaran Tanjung kelayang, seperti Pulau Lengkuas dan Pulau babi.

batu berbentuk burung kelayang

Pada saat saya datang cuaca sedang panas panasnya, tidak ada satupun orang yang bermain dipantai. Saya pun juga hanya duduk duduk saja sambil menikmati manisnya air kelapa. Di tanjung kelayang terdapat formasi batu granit yang membentuk burung kelayang. Mungkin dari batu burung kelayang itulah nama daerah ini di ambil.

Masih ada lagi pantai lainnya di antaranya adalah :

TANJUNG BINGA dan BUKIT BERAHU

Tanjung Binga merupakan daerah perkampungan Nelayan Bugis yang berada disebelah utara dari Tanjung Pandan, kurang lebih 22 kilometer jaraknya. Jalannya masih searah dengan jalan menuju ke tanjung Tinggi. Di tanjung Binga kita bisa melihat aktivitas nelayan dan kalau mau bisa sekalian membeli ikan disini.

Di tanjung Binga ada resort yang cukup terkenal yaitu Bukit Berahu. Sesuai namanya, letaknya berada diketinggian jadi kita bisa menikmati makan siang di restoran yang ada disini sambil menikmati keindahan laut dan pantai dari ketinggian. Dibawah restoran ada kolam renang dan penginapan.

Kolam renang Bukit Berahu

Tempat ini sangat cocok untuk berbulan madu dan aktivitas privasi lainnya karena lokasi penginapannya memang agak tersembunyi dan harus menuruni beberapa anak tangga dahulu. Akan tetapi sayangnya pantai dan batu batu disini tidaklah sebagus di Tanjung Tinggi.

Batu di Bukit Berahu

PANTAI TANJUNG PENDAM

Masih ada lagi pantai yang harus dikunjungi yaitu pantai Tanjung Pendam. Pantai ini letaknya tidak jauh karena memang berada di pusat kota Tanjung Pandan. Pantainnya sebenarnya lumayan bagus cuma jadi jelek kalau di bandingkan dengan pantai di tanjung Tinggi atau di tanjung kelayang. Pantai ini sudah dikemas oleh PEMDA setempat sedemikian rupa sehingga menjadi taman tepi pantai yang nyaman bagi warga kota. Di kawasan pantai tanjung pendam, terdapat track untuk berolah raga untuk joging atau berlari, bahkan ada lapangan voli dan lapangan futsal.Disaat sore hari pantai ini ramai sekali, banyak orang baik tua muda yang datang kesini. Pokoknya tempat ini tempat gaulnya anak belitung deh…

Pacaran…

yang paling menarik disini adalah pemandangan sunsetnya. Kita bisa duduk duduk dipinggir tembok sambil menikmati cemilan dan matahari yang perlahan lahan menghilang ditelan lautan. Ohya jangan berenang disini ya, karena kabarnya dasar laut di tanjung pendam ini bekas ditambang/keruk jadi dia punya sifat seperti pasir hisap.

Sore hari di Tanjung Pendam

Ah puas rasanya berjalan jalan menikmati keindahan pantai di belitung.. besok perjalanan akan dilanjutkan menuju belitung timur, tempat asal muasal laskar pelangi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s