Pantai Parai dan Pantai Matras

Ada 2 pantai yang tidak boleh dilewatkan bila sedang berada di Bangka, pantai itu adalah pantai Parai dan pantai Matras. Pantai Parai memiliki ciri khas berupa batu batu granit besar dan resort bertaraf internasional, sedangkan pantai matras memiliki pantai yang landai dengan pasir yang halus dan putih.Kedua pantai ini berada di Sungailiat, Kab Bangka. Perjalanan dari Pangkal pinang menuju Sungai Liat memakan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan.

Menuju Pantai Parai

Dipantai parai terdapat resort yang disebut Parai Beach Resort yang dikelola oleh pihak swasta. Resort ini menyediakan semua fasilitas yang diperlukan mulai dari transportasi, akomodasi, makan, minum, olahraga air, dll. Karena itu pantai parai terdengar sangat ekslusif dan sulit dijangkau oleh para backpacker, apalagi susahnya angkutan umum yang menuju tempat ini.

PANTAI PARAI

Pantai ini berbeda dengan pantai lainnya yang saya temui. Yang membedakannya adalah batu-batuan granit besar yang tersebar di bibir pantai, menjorok kelaut, bahkan ada yang membentuk pulau.  Batu batu itu tersusun sedemikian rupa sehingga membentuk formasi yang indah. Selain batuan, pantai disini juga memiliki pasir yang lembut berwarna putih.

Pantai Parai

Fasilitas yang dimiliki Parai Resort termasuk cukup lengkap, bahkan ada kolam renang yang berada berdampingan dengan pantai parai. Namun ada biaya tambahan bila masuk ke kolam renang sebesar 20ribu. Ohya, Biaya masuk ke kawasan Pantai Parai adalah 25 ribu per orang, namun entah kenapa pada saat saya datang saya tidak ditagih tiket masuk. Beruntung sekali :p

Pantai Parai

PANTAI MATRAS

Pantai Matras berada tidak jauh dari pantai parai. Berbeda dengan pantai parai yang terkesan ekslusif, pantai matras tampak lebih welcome terhadap pengunjung berkantong tipis. Pantai ini memiliki hamparan pasir yang luas sekali, mengalahkan luasnya bentangan pasir di Kuta Bali. Pasirnya pun berwarna putih dengan tekstur halus.

Pantai Matras

Banyak anak anak dan penduduk local yang tampak asik berolahraga di pinggir pantai, ada yang bermain bola, voli, atau kejar kejaran. Ahh… disinilah saya menghabiskan hari menikmati sunset yang turun di Pantai Matras. Ntah kenapa, saya merasa pantai matraslah tempat saya,bukan di parai. Haha..

Pantai Matras

Masih ada beberapa lagi pantai menarik lainnya di kabupaten Bangka, diantaranya adalah pantai tikus dan Tanjung pesona.  Namun karena sudah malam saya putuskan untuk kembali ke Pangkal Pinang, Cabuut….!

2 thoughts on “Pantai Parai dan Pantai Matras

  1. Selain kedua pantai diatas, di Bangka masih banyak banget pantai yang oke2, tapi sayang jarak nya emang jauh-jauh sih satu sama lain haha..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s