Jelajah Pangkal Pinang, Bangka

Pangkal Pinang adalah ibukota dari Propinsi Bangka Belitung. Sebagai Propinsi muda pecahan dari Sumatera Selatan, Bangka Belitung sudah mulai menggeliat mengejar ketertinggalan dengan propinsi lain dengan berbagai potensinya. Salah satu potensinya adalah di bidang wisata. Pangkal pinang sebagai ibukota Propinsi ternyata memiliki banyak sekali beberapa tempat wisata yang cukup beranekaragam, mulai dari wisata alam, budaya, religi, sejarah, kuliner, dll.

Peta Pangkal Pinang

Apa saja yang menarik di Pangkal Pinang dan sekitarnya? Ayo kita lihat satu satu…

PANTAI PASIR PADI

Pantai ini tidak jauh dari Pangkal Pinang, hanya berjarak 7 kilometer saja. Pantai pasir padi ini memiliki garis pantai yang panjang dan area pasang surut yang lebar. Ombak dipantai ini relative tenang dengan air cenderung berwarna kecoklatan. Ada beberapa pulau disekitar pantai yang bisa dijangkau dengan berjalan kaki bila air sedang surut. Tekstur padinya lembut tapi padat, sehingga kalau mau naik motor/mobil di pantai ini pun bisa tanpa harus takut terjerembab.

Pantai Pasir Padi

KUBURAN CINA SENTOSA

Lokasi kuburan ini tidak jauh dari jalan raya Soekarno Hatta. Sesuai namanya disini terdapat ratusan kuburan kuburan cina berbagai bentuk dan ukuran. Ada yang tampak jelek tapi ada juga yang megah dan bagus sekali. Kuburan ini berada diarea yang berbukit bukit sehingga kalau dilihat pada titik tertentu tampak seperti bertingkat tingkat.

Kuburan Cina Sentosa

MAKAM BELANDA KERKOFF

Kalau yang tadi makam buat orang cina, di kerkhof ini adalah makam orang belanda yang meninggal pada  jaman dahulu. Ada puluhan makam tua disini, dengan usia makam hampir mencapai 1 abad. Letaknya di jalan Sekolah, Kel Melintang Kec Rangkul.

Kuburan Belanda Kerkhof

MASJID JAMIK

Masjid yang berada di jalan masjid jami ini adalah masjid yang tertua di Pangkal pinang, sekaligus juga yang terbesar.

Masjid jami

MUSEUM TIMAH INDONESIA

Bangka dan Belitung dahulu terkenal dengan eksplorasi timahnya. Kalau tertarik dengan sejarah dan perkembangan pertimahan di Bangka dan bellitung, serta Indonesia umumnya, di sini menyediakan informasi yang cukup lengkap. Lokasinya di jalan ahmad yani no.17

Museum Timah

CHINTA TOWN dan KELENTENG KWAN TIE MIAU

Kawasan kelenteng Kwan Tie Mau, gang singapur dan pasar mambo ini lah yang menjadi kawasan pecinan di Pangkal Pinang. Ditiap pintu masuk gang terdapat gapura cina lengkap dengan ornamen2 khasnya seperti naga. Disepanjang jalan banyak yang toko toko dan tentunya anekan makanan. Tidak perlu takut kepanasan dan basah kehujanan karena disepanjang jalan Pecinan diberi atap sehingga jalan disini cukup nyaman.  Salah satu bangunan penting dari kawasan pecinan adalah kelenteng Kwan Tie Miau yang merupakan kelenteng tertua di pangkal pinang.

Gapuran dan Klenteng Kwan Tie Miau

MAKAN LAKSO

Rugi rasanya kalau sudah kebangka namun tidak mencicipi makanan khas Bangka. Tidak hanya martabak Bangka saja ya, tapi masih banyak lagi yang lain. Salah satunya yang saya suka adalah LAKSO.  Bahan utamanya dari mi putih yang terbuat dari tepung beras dan sagu. Yang paling enak adalah kuahnya, berwarna putih kekuningan dengan rasa yang gurih. Serpihan daging yang halus dalam kuah ini menambah nikmat lakso… ayo tambah lagi…!

Lakso

5 thoughts on “Jelajah Pangkal Pinang, Bangka

  1. Dear bang ardin.. Saya mau wisata belitung nih.. is it worthed to go to Bangka? Masih banyak spot menarik gak selain yg disebut diatas ini? Makasih ya info wisata babelnya..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s