Tilanga dan Rante Karassik

Hari sudah menjelang sore, langit yang tadinya berawan, sekarang mulai bertambah mendung dan gelap, dibeberapa tempat malah sudah turun hujan gerimis. Segera saya lanjutkan perjalanan saya mengunjugi 2 objek wisata penutup jalan jalan saya di Tana Toraja kali ini, Yaitu Tilanga dan Rante Karassik. Letak objek wisata ini memang saling berjauhan namun masih searah dari ruas jalan Makale – Rantepao.

Tujuan pertama saya adalah kolam masapi Tilanga. Selama perjalanan balik dari Makale menuju Rantepao, perhatikan papan penunjuk jalan di sebelah kanan supaya tidak sampai terlewat. Nanti akan ada jalan masuk menuju Tilanga. Jarak Tilanga dari jalan utama Makale-Rantepao memang cukup jauh, sekitar 3-4km. Kondisi jalannya sangat jelek, jalanan kecil, banyak lubang disana sini, jalanan naik turun dan menanjak.  Walaupun sepi, jangan ragu untuk terus melaju karena di ujung jalan kita akan sampai di Tilanga.

TILANGA

Tilanga menawarkan  wisata yang berbeda dengan objek wisata lain di Tana Toraja yang mayoritas berupa Tongkonan dan Kuburan. Tilanga ini adalah sebuah kolam alami yang berada di atas gunung yang dihuni oleh Masapi. Kolamnya berada di tengah rimbunnya hutan, sehingga terkesan gelap dan angker. Warna kolamnya hijau kebiruan dengan kedalaman yang bervariasi. Di sekeliling kolam terdapat batu batu dengan bentuk dan formasi yang unik. Cukup tajam juga kalau di injak, mirip seperti karang di laut.

Menunggu Masapi

Yang unik adalah penghuni kolam tersebut, yaitu Masapi. Masapi itu adalah sebutan masyarakat setempat untuk belut berkuping. Masapi disini berwarna putih, berbeda dengan tempat lain yang berwarna hitam. Masalahnya adalah si Masapi ini suka sembunyi, untuk memancingnya keluar harus menggunakan telur. Cukup lama saya disana tapi si Masapi tidak muncul muncul juga. Mungkin saya masih kurang beruntung. Gagal melihat masapi, saya langsung turun dari Tilanga untuk pulang menuju Rante Karassik dan Rantepao.

RANTE KARASSIK

Objek wisata satu ini dekat banget dengan Rantepao, bahkan berada disekitar pemukiman penduduk. Saat mau memasuki Kota Rantepao, perhatikan baik baik penunjuk objek wisata ini yang berada di sisi kiri jalan. Rante Karassik ini kayaknya adalah situs purbakala juga sama seperti Buntu Pune.

Rante Karassik

Yang menarik disini adalah batu batu megalitik / menhir besar yang tertancap ditanah. Jumlahnya  ada puluhan dengan tinggi bervariasi, bahkan ada yang sampai 7 meteran. Sebagian juga masih ada yang terkubur didalam tanah.

RANTEPAO

Menjelang jam 6 sore saya sudah sampai dipenginapan. Setelah mandi dan berisitirahat sebentar, saya lanjutkan berjalan jalan menikmati udara malam di Rantepao. Cukup dengan berjalan kaki saja saya sudah bisa melihat gambaran umum dari ibukota toraja utara ini. Sebuah kota yang cukup ramai, ada beberapa hotel bagus, toko toko, bank, kantor, dan warung makan. Ya ini yang saya cari.. makaaan!

Setelah makan, jangan lupa ke perwakilan bus PO litha untuk memesan tiket untuk keberangkatan ke Makassar besok pagi.

PERJALANAN PULANG…

Pagi pagi sekali saya sudah bangun dan bersiap siap untuk kembali ke Makassar.  Jangan lupa sarapan dulu karena wisma Maria I menyediakan sarapan yang lumayan enak. Dimana lagi bisa menemukan penginapan dengan biaya murah dan sarapan enak selain disini. Hehehe… Tidak perlu repot repot ke poolnya po.Litha karena bus bersedia datang menjemput kepenginapan.

Buntu Kabobong

Sengaja saya pilih perjalanan pagi kemakassar karena saya ingin menikmati dan melihat lihat apa saja yang ada dalam perjalanan dari Rantepao – Makassar. Kalau tidak salah di daerah Enrekang ada bukit/gunung yang berbentuk seperti miss V. Nama tempat itu adalah Buntu Kabobong. Kebetulan sekali mobil berhenti di daerah tersebut, jadi saya dapat kesempatan melihat lebih jelas dan seksama si Buntu Kabobong ini. Sampai capek mata dan daya khayal saya keluarkan tp saya tidak bisa juga menemukan bentuk yang dimaksud. Haha…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s