Itinerary 1 : Bali Utara

Lokasi rute perjalanan hari pertama ini terletak di sepanjang jalan disebelah Utara dari zero point saya yaitu Kuta. Rutenya cukup jauh dimulai dari Kuta – Tanah Lot – Pura Taman Ayun – Bedugul, Danau Beratan, Pura Ulun Danu – Git Git – Singaraja – Alas Kedaton – Tanah Lot – Kuta . Rute ini memang paling jauh dan paling berat karena akan membelah bali dari selatan ke Utara kemudian kembali lagi keselatan. Tapi sengaja saya pilih rute yang berat ini dahulu karena hari pertama biasanya masih semangat. Selain itu rute 2 hari pertama ini saya pilihkan ke daerah gunung dulu di utara. Alasanya simpel, biar tidak gosong duluan hehe.. . Kalau misalnya Hari pertama sudah main main ke pantai di Selatan bali, waktu rute kegunung kulit sudah gosong dan tidak bagus lagi buat difoto.

Tujuan Utama : Pura Ulun Danu

Karena rutenya jauh, saya pagi pagi sekali sudah berangkat meninggalkan Kuta menuju tujuan pertama saya yaitu Tanah Lot. Tidak usah cari sarapan dikuta karena nanti sepanjang jalan akan banyak warung warung Jawa yang jual makanan dengan harga lebih murah daripada di Kuta.

TANAH LOT

Salah satu tempat wisata idola di Bali adalah Tanah Lot. Letak Tanah Lot ini kira kira di barat laut dari Kuta. Lama Perjalanan ke Tanah Lot dari kuta memakan waktu antara 30-60 menit dengan motor dengan kondisi jalan yang sempit dan terkadang macet. Tiket masuk ke lokasi termasuk parkirnya adalah 10 ribu rupiah.

Tanah Lot

Objek wisata utama di Tanah lot ini adalah sebuah pura yang terletak di karang besar yang terisolir dari pantai. Pura tersebut hanya bisa dicapai kalau air laut sedang surut. Saat sedang pasang, pura Tanah Lot ini akan terpisah oleh air laut dengan ombaknya yang besar. Kebetulan pagi pada saat saya datang, air sedang surut jadi saya bisa turun dan melihat pura lebih dekat. Dibawah pura ada mata air suci Beji yang bisa kita coba cicipi airnya. Walaupun berada di lautan, ternyata airnya sama sekali tidak asin. Selain itu diseberang Pura Tanah Lot ada goa yang berisi ular laut keramat penjaga Pura Tanah Lot. Ular ini  berwarna belang hitam putih, berekor pipih seperti ikan dan memiliki racun yang sangat kuat. Info mengenai sejarah Tanah Lot ini silahkan baca disini..

Beji Holy Spring

Selain pura Tanah Lot, jangan lupa pula untuk datang ke Pura Karang Bolong yang masih berada di kawasan wisata Tanah Lot ini.

Pura Karang Bolong

PURA TAMAN AYUN

Puara Taman Ayun ini terletak di daerah Mengwi Kabupaten Badung. Kalau dari Tanah Lot terletak di sebelah Timur laut dan memakan waktu kira kira 1 jam Perjalanan. Kalau dari Denpasar terletak di Barat Laut dan memakan waktu setengah jam perjalanan dari pusat Kota. Tiket masuknya hanya 3000 rupiah saja.

Taman hijau dan asri di Pura Taman Ayun

Keistimewaan pura ini adalah usianya yang sudah berusia sekitar 400 tahun, namun masih kokoh berdiri dan sangat terawat. Dari depan pintu masuk kita sudah di suguhi pemadangan hijau dari rumput dan pepohonan yang sangat asri, ditambah lagi dengan adanya kolam kolam yang menambah cantiknya Pura ini. Lebih masuk kedalam setelah memasuk gapura saya melihat pura pura dengan bangunan bertingkat semacam pagoda. Pagoda pagoda itu makin lama semakin tinggi.

Pura Taman Ayun

Namun sayangnya pengunjung tidak boleh masuk kedalam kecuali mau sembahyang. Jadi saya hanya mengitari kawasan pura dari pinggir pinggirnya sambil menikmati indahnya arsitektur pura yang berusia 4 abad ini.  Ohya karena tanpa guide jadi saya tidak bgitu tau banyak mengenai tempat ini…

PURA ULUN DANU

Berjalan terus ke utara dijalan Bedugul – Singaraja, kita akan menuju tujuan berikutnya yaitu Pura Ulun Danu dan Danau Beratan. Kalau pernah memperhatikan uang pecahan 50.000 ribuan, dibalik gambar I Gusti Ngurah Ray terdapat gambar sebuah pura di atas danau dengan latar bukit bukit. Gambar di uang tersebut adalah Pura Ulun Danu. Lama perjalanan dari Pura Taman ayun memakan waktu kurang lebih 1 jam. Harga tiket masuknya hanya 7500 saja untuk turis lokal dan 10ribu untuk turis luar.

Pura Ulun Danu dan duit 50ribu

Pura ini merupakan pura terbesar kedua setelah  pura Besakih. Terletak di atas dataran tinggi, dikelilingi Danau Beratan menyebabkan lingkungan Pura ini sangat sejuk dan asri.  Pura ini menjorok kedalam danau sehingga seolah olah danau berada didalam danau padahal sebenarnya hanya tergenang karena debit airnya yang meluap. Selain pura, kita juga bisa menikmati keindahan danau Danau Beratan dan hijaunya bukit bukit dibelakangnya. Bila berminat mengarungi danau, ada juga penyewaan perahu seharga 25ribu untuk 20 menitan.

Aktivitas di kawasan Pura Ulun Danu

Pada saat saya sampai disini sedang ada pelaksanaan ibadah sehingga ramai sekali di penuhi oleh masyarakat yang ingin beribadah dan para wisatawan.

GIT GIT

Tujuan selanjutnya adalah Git Git, yang berada ke utara lagi dari Pura Ulun Danu di jalan menuju Singaraja. Di daerah Git Git ini ada air terjun yang dikenal sebagai Git Git Twin Waterfall (GTW) atau air terjun campuhan. Perjalanan menuju air terjun ini kurang lebih 30 menit perjalanan dari pura ulun danu dengan kondisi jalan yang berkelok kelok. Jangan lupa memperhatikan penunjuk jalan menuju air terjun Git Git di sisi kiri jalan supaya tidak terlewat. Harga tiket masuk kedalam lokasi wisata ini adalah 3000 rupiah.

Air terjun kembar Git Git

Jalan masuknya lumyan jauh menelurusi tangga kebawah. Kalau sudah mulai terdengar suara gemericik suara air berarti semakin dekat dengan lokasi air terjun. Tidak berapa lama saya sudah dihadapakan dengan sungai kecil dengan alirannya yang deras, dibalik sungai itu ternyata ada air 2 terjun yang yang berdekatan dan terjatuh di sebuah kolam yang cukup dalam. Airnya jernih dan bening sekali.

NB: karena waktu sudah menjelang sore, sedangkan saya harus segera kembali ke Tanah Lot untuk mengejar Sunset disana, maka perjalanan ke Singarajanya saya tangguhkan dulu dilain kesempatan. Saatnya kembali turun gunung….

ALAS KEDATON

Sebelum sampai Tanah Lot, saya sempatkan mapir sebentar di Alas Kedaton di Tabanan dengan harga tiket masuk 10 ribu. Disini terdapat sebuah pura dengan ratusan monyet yang dibiarkan bebas berkeliaran karena dianggap keramat oleh warga Bali. Monyet monyet disini lucu sekali, mereka sama sekali tidak takut dengan manusia, bahkan terkadang mereka malah mendekat dan bergelayutan dibadan. Tapi hati hati karena barang-barang bias di rebut dan dibawa pergi sama monyet monyet nakal ini. Selain monyet, disini juga banyak Kalong liar.

Monyet di Alas Kedaton

Masih didalam Alas Kedaton, kita juga bisa berfoto dengan Kalong yang sudah dijinakkan dengan biaya 10 ribu.

Foto bersama kalong

Tidak berlama lama di Alas Kedaton, segera saya pacu motor menuju Tanah Lot.

TANAH LOT

Loh ngapain lagi ke Tanah Lot?? Walaupun sudah pernah ke Tanah Lot pada pagi harinya, saya tetap kembali lagi kesini untuk mengejar Sunset di Tanah Lot ini. Ya, Sunset di Tanah Lot ini tidak boleh dilewatkan karena sunset disini termasuk yang terindah di Bali. Berbeda dengan waktu saya datang pagi harinya, saat sore jumlah turis meningkat drastic, mungkin semuanya mengejar sunset disini. Selain itu, pada saat saya datang sore ini, air laut sedang tinggi sehingga Tanah Lot yang saya lihat sekarang sangat berbeda dengan pagi tadi saat air sedang surut. Ombaknya sore ini besar sekali, ketika saya mencoba berfoto di ujung karang yang menghadap Pura Tanah Lot, Ombak besar menggulung menghempas ke karang yang membuat saya basah kuyup.

Saya mencari posisi paling enak untuk melihat sunset, yaitu diatas tebing yang menghadap pura Tanah Lot. Namun sayangnya saat itu matahari tertutup awan cukup tebal sehingga gagallah saya untuk bisa menikmati indahnya sunset disini.

Sunset di Tanah Lot

Setelah matahari terbenam saya segera meninggalkan pura Tanah Lot menuju ke penginapan di Kuta untuk beristirahat setelah perjalanan yang panjang.

10 thoughts on “Itinerary 1 : Bali Utara

  1. Tks sharing-nya bung. Aku akan ikuti saran Bung ini, mohon ijin copas utk itinerary liburanku Okt besok. Sukses utkmu Bung😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s