Orang Indonesia Harus Ke Bali, Saya juga.

Rasanya kurang lengkap hidup saya sebagai warga negara Indonesia bila belum mengunjungi Pulau Bali. Pulau yang terkenal dengan sebutan pulau dewata dan pulau seribu pura ini memang sudah terkenal dan menjadi primadona dan tujuan wisata utama di Indonesia, bahkan didunia internasional.

Peta Wisata Bali

Bali menawarkan berbagai macam jenis wisata baik alam, seni budaya, kuliner, dll. Bentangan topografinya yang beraneka ragam, mulai dari gunung, danau, bukit, hutan, sungai, dan pantai menjadikan bali sebuah paket wisata alam yang lengkap. Ditambah lagi dengan seni, budaya dan adat istiadat, dan keunikan khas yang menambah nilai jual pariwisata Bali yang sulit ditemukan ditempat lain. Tidak heran banyak sekali orang asing dr berbagai belahan dunia yang jauh jauh datang untuk berlibur dan menikmati keindahan serta keunikan Bali. Kita sebagai orang indonesia jangan mau ketinggalan, jadilah raja di rumah sendiri. So? Tunggu apalagi ayo ke Bali…

Akses menuju bali tidak susah, bisa lewat darat, laut dan udara. Yang paling gampang dan cepat tentunya adalah lewat udara. Untuk bisa dapat tiket murah pergilah ke Bali disaat hari kerja ( bukan wekeend) , bukan pada hari libur (dalam dan luar negeri), serta sering sering juga hunting tiket promo dari berbagai maskapai. Biasanya ongkos pesawat ke Bali dari Jakarta berkisar 300 ribu ke atas, namun bila dapat promo bisa lebih murah lagi dari harga tersebut.

Dalam tulisan kali ini akan saya jabarkan pengalaman perjalanan tanpa guide saya ke Bali beberapa hari yang lalu disertai dengan rute perjalanan selama di Bali yang menurut saya cukup efisien.

Saya sampai di bandara international Ngurah Ray pada saat malam hari. Begitu masuk, saya agak kaget melihat bandara Ngurah Ray ternyata tidak seperti yang saya bayangkan. Dalam pikiran saya Bandara Ngurah Ray pastinya besar, megah sekali, seperti bandara-bandara internasional di luar negeri, atau minimal seperti bandara Sultan Hasanudin Makassar. Tapi ternyata tidak, ukurannya relatif kecil, sederhana, namun sangat bersih, terawat dan wangi.  Dari bandara tujuan saya berikutnya adalah mencari penginapan di daerah Poppies lane di Kuta. Untuk menuju kuta bisa menggunakan Taxi Resmi Bandara ( Beli tiketnya di counter resmi) seharga 50 ribu rupiah ( 65 ribu ke Jimbaran, 70 ribu ke Denpasar).  Alternatif lain yang lebih murah, bisa pakai Bali taxi / Blue Bird yang ada di pintu keluar bandara, jadi harus jalan kaki keluar dulu beberapa meter dari terminal kedatangan. Taksinya pake argo, harga berkisar 25-35 ribu.

Selamat datang di Bali

 (sumber)

Saya mencari penginapan di Kuta di jalan Poppies Lane I dan II. Kenapa di daerah tersebut? Karena penginapan daerah itu sudah terkenal dikalangan backpacker dalam dan luar negeri  karena lokasinya yang dekat dengan pantai Kuta dan harganya yang relatif murah. Tarif penginapan didaerah ini berkisar antara 85 – 200 ribu permalam.  Tidak usah bingung dan takut kehabisan kamar di peninapan karena di sepanjang jalan ini banyak sekali penginapan dikiri kanan jalan. Kecuali memang pada saat musim liburan, lebih baik dibooking dulu jauh jauh hari. Jadi jangan terburu-buru memilih hotel untuk mendapatkan harga yang murah dengan kamar yang bersih. Disekitaran poppies lane ini sangat ramai sekali dengan aktivitas di café-café, tempat ajeb ajeb, dan orang hilir mudik, sehingga memang menginap disini agak berisik. Karena itu usahakan juga cari Penginapan yang agak jauh dari klub malam yang menyetel musik kencang-kencang. Beberapa penginapan rekomendasi seperti Cempaka II , Losmen Artawan, Dua Dara, Segara Sadu Inn, dll

Jalan Poppies Lane

 (sumber)

Setelah mendapat penginapan dan beristirahat sebentar, saatnya mereview kembali rute perjalanan yang akan dilalui beberapa hari kedepan.

Karena Bali ini punya banyak sekali objek wisata yang menarik, maka rasanya tidak cukup waktu untuk bisa mengunjungi semua objek dalam waktu hanya beberapa hari. Untuk itu harus dibuat rute perjalanan (itinerary) yang efisien sehingga dapat di capai semua objek wisata yang penting dalam waktu sesingkat mungkin dan biaya sesedikit mungkin. Inilah Itinerary untuk 5 hari yang saya buat dan menurut saya cukup efisien :
Hari 1 : Kuta – Tanah Lot – Pura Taman Ayun – Bedugul, Danau Beratan, Pura Ulun Danu – Git Git – Singaraja – Alas Kedaton – Tanah Lot – Kuta
Hari 2 : Kuta – Sanur – Tampak Siring dan Pura Tirta Empul – Danau, Gunung Batur, Trunyan, Kintamani – Pura Besakih – Kuta
Hari 3 : Kuta – Sukawati – Goa Gajah – Ubud – Kuta
Hari 4 : Kuta – GWK Cultural Park – Dreamland – Nusa Dua – Uluwatu – Jimbaran
Hari 5 : Cari oleh oleh dan Pulang

Mengenai alat transportasi, saya menyewa sepeda motor dengan harga berkisar 30-50 ribu perhari tergantung jenis motornya. Bisa juga sewa motor perminggu bahkan perbulan. Kebetulan penginapan tempat saya menginap sudah menyediakan penyewaan motor jadi ga perlu repot lagi cari mencari. Kalau lebih dari 2 orang lebih baik menyewa mobil sekalian, tapi saya kurang tau biaya sewanya.

Sewa Motor di Bali

Karena tanpa Guide, Untuk navigasi alangkah baiknya kalau punya GPS. Biasanya handphoe handphone jaman sekarang sudah dilengkapi dengan GPS dan peta Bali sehingga kita tidak perlu takut nyasar dan tidak perlu repot repot tanya sana sini sehingga bisa menghemat waktu lebih banyak. Saya sendiri hanya mengandalkan OVI map dari Nokia sebagai penunjuk jalan saya. Selain itu Google map dan Map dari blackberry juga sudah sangat lengkap menunjukkan jalan dan rute yang ada di Bali. Atau seminimal minimalnya adalah punya Map bali yang bisa dilipat lipat itu. Hehe…

GPS dengan OVI map dari N*kia

Sudah ah… ayo kita jalan jalan..

2 thoughts on “Orang Indonesia Harus Ke Bali, Saya juga.

Leave a Reply

