Berenang bersama Manta Ray

Jika ditanya hewan apakah yang menjadi icon sekaligus maskot raja ampat? Jawabannya tidak lain adalah Manta Ray. Manta Ray  adalah hewan laut mirip pari tapi dengan ukuran jauh lebih besar, memiliki “sayap” segitiga, dengan 2 buah “paddle” didekat mulut serta ekor yang panjang namun tidak beracun. Merupakan hewan yang cerdas, biasa hidup berkelompok dan bermigrasi.

Nah rugi rasanya kalau sudah ke Raja Ampat namun tidak menemui sang icon yaitu Manta Ray.

Di Raja Ampat ada dua spot dimana Manta Ray biasa ditemukan, yaitu di Manta Point Slope dan Manta Point Sandy. Kedua spot tersebut berdekatan dan terletak tidak begitu jauh dari kampung Arborek.

Kampung Arborek

Kampung Arborek sendiri adalah kampung wisata yang sangat luar biasa sekali panorama alamnya. Hamparan pasir putih dipadu dengan airnya yang sebening air mineral sehingga tampaklah karang karang, bintang laut, udang, kepiting, dan ikan ikan yang berseliweran. Kampung Arborek ini memang ditujukan sebagai kampung wisata, terlihat dari rumah rumah yang tersusun rapi, bersih serta masyarakatnya yang sudah terbiasa dengan para wisatawan. Perjalanan dari Waisai maupun Saonek Menuju Arborek  menghabiskan waktu kurang dari 2 jam.

Arborek

Dari arborek, kami menuju Manta Point dan siap untuk berdiving ria. Tak Sabar rasanya ingin segera berenang bersama si Manta. Penyelaman pun dimulai, kami segera mencari “tempat duduk” yang pas untuk melihat atraksi sang Manta, Kami bersembunyi di balik sebuah karang besar dengan ikan ikan kecilnya yang tak menghiraukan kehadiran kami.

Nyemplung

Menunggu Manta Ray dari balik karang

Tak lama muncul sekelebat bayangan hitam besar di atas kami. Awalnya hanya satu namun hey lama lama semakin banyak. Mereka berputar kesana kemari seolah olah sedang menari-nari. Dari bawah memang kurang kami kurang puas melihat sang manta karena para manta cenderung bergerombol di dekat permukaan laut.

Bayangan Manta ray

Kurang puas sehabis diving, kami lanjutkan dengan snorkeling. Dari atas Boat para manta tampak bergerombol banyak sekali. Lebih dari 10 Manta sedang asik bermain dan menari-nari tidak jauh dari permukaan laut. Tak sabar kami langsung ikut bergabung berenang bersama mereka. Bukannya menjauh, Para Manta malah semakin menggoda dan mendekati kami. Awalnya saya agak takut karena jumlah manta ini banyak dan ukurannya besar besar, ditambah lagi dengan mulut mereka yang sesekali menganga lebar (bisa muat 1-2 kepala manusia), namun lama lama saya malah keasikan sendiri saling berkejaran dengan mereka. Jarak saya dengan manta sangat dekat sekali, bahkan sesekali si Manta menabrak saya dengan sayapnya yang lebar itu. Rasanya sama sekali tidak sakit. hehe… Manta ini rupanya hewan yang sangat jinak, cerdas dan suka pamer ya.

Manta Ray

Sampai puas kami berenang bersama para Manta. Puas sekali rasanya. Berenang bersama manta ini merupakan salah satu pengalaman yang tidak terlupakan seumur hidup. WOW!!

Narsis di Arborek

7 thoughts on “Berenang bersama Manta Ray

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s