Diving di Saonek Monde

Raja ampat merupakan merupakan surganya Diving. Karena letak Raja Ampat yang berada di setitiga karang dunia sehingga keindahan dan keanekaragaman hewan di kepulauan Raja Ampat tidak usah di ragukan lagi. Banyak sekali Spot spot diving yang bisa di selami dengan berbagai macam karakteristiknya yang berbeda satu sama lain.

Dive Spot di sekitar Pulau Waigeo, dan Pulau Gam

Salah satu Spot diving yang dekat dengan Waisai dan Saonek adalah Saonek Monde. Saonek Monde atau Saonek kecil adalah pulau kecil tak berpenghuni yang  berada tidak begitu jauh dari Saonek. Dengan luasnya yang kurang lebih hanya satu hektar saja, ternyata Saonek Monde meyimpan taman bawah laut yang luar biasa.

Saonek Monde

Melihat air di Saonek Monde yang bening kehijauan dan banyaknya ikan ikan tampak dari atas jembatan membuat saya tidak sabaran untuk menyelam. Saat saya masuk menyelam, saya langsung disambut ratusan ikan ikan kecil yang berenang berkelompok seolah menggoda saya. Semakin masuk kedalam semakin tampak keindahan taman bawah laut di Saonek Monde.

Menyelam bersama schooling Fish

Beberapa koral yang masih baik tampak tersusun berwarna warni, diselingi ikan hias warna warni yang hilir mudik tanpa sedikitpun menghiraukan kehadiran saya. Didasar tampak Stone Fish sedang bersembunyi, bgitu juga dengan Sting Ray. Namun sayangnya kualitas kamera underwaternya kurang baik sehingga dokumentasinya seadanya saja.

Anemon Shrimp

nemo “clown fish”

Setelah diving, saya sempatkan untuk melihat lihat pulau Saonek Monde yang kecil ini. Memang pantainya tidak terlalu bagus tapi ikan ikannya yang luar biasa banyaknya. Sering disaat saat ikan ikan berkumpul, air laut langsung kelihatan hitam di akibatkan banyaknya ikan yang berkumpul. Buat yang suka memancing disinilah tempatnya. Yang tidak suka memancingpun dijamin akan suka, karena disini kita tidak perlu berlama lama untuk bisa mendapatkan ikan. Bahkan dengan tanpa menggunakan umpan apapun. Hebat kan…

Hasil mancing tanpa umpan

Ohya Mengenai rate per kali Diving biasanya tergantung dari dive center masing-masing.  Besaran biasanya sekitar 300 ribuan sekali menyelam, belum lagi biaya sewa equipment yang bervariasi sekitar 100-200 ribu perhari. Tapi tidak usah khawatir karena biaya yang dikeluarkan sangat sesuai sekali dengan kepuasan yang didapat.

Pose narsis habis nyelam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s