Papeda oh Papeda

Papeda adalah makanan pokok yang terdapat di Papua dan Maluku, terbuat dari olahan dari tepung sagu. Bentuknya kurang lebih sama seperti lem, berwarna putih sampai coklat dengan tekstur yang kenyal.  Cara membuatnya cukup gampang, tepung sagu diaduk-aduk sambil dituangi air mendidih, sampai terbentuk adonan yang menyatu dan kental seperti lem. Papeda yang sudah jadi, diambil menggunakan sumpit yang dipegang oleh kedua tangan, lalu diputar dengan cepat sehingga menyerupai gulungan, diputus, baru kemudian dituang dalam piring.

Papeda di rumah makan

Sebagai pengganti nasi, papeda harus dimakan bersama dengan lauk pauk. Tanpa lauk rasa papeda hambar, agak berbau asam, dan lengket persis seperti lem. Lauk yang biasa disandingkan dengan Papeda adalah ikan kuah kuning. Kombinasi keduanya sungguh menciptakan rasa yang tidak biasa. Makan papeda jangan dikunyah dulu, akan tetapi langsung diseruput dan ditelan bulat bulat, biar tidak muntah.

Papeda Buatan sendiri

Awal kali pertama saya makan Papeda, rasanya ingin muntah karena teksturnya yang kenyal dan lengkep cukup menggelitik ditenggorokan saya. Dikesempatan makan Papeda selanjutnya saya semakin terbiasa dan bisa menikmatinya. Rasa kenyal bercampur asam manis dari kuah kuningnya itu benar benar membuat saya ketagihan.

Ohya selama berada dipedalaman Papua saya berkesempatan untuk melihat proses tradisonal pembuatan bahan baku papeda yaitu Tepung Sagu. Tepung sagu dibuat dari Batang Pohon Sagu yang sudah dipotong dan dikuliti, kemudian ditokok terus menerus sampai terbentuk seperti serbuk kayu halus. Baru kemudian di beri air dan diremas remas di atas pelepah Sagu dan  disaring berulang kali hingga dapatkan saripati Sagu. Kemudian saripatinya disimpang didalam wadah yang disebut Tumang.


Salah seorang warga kampung Tambani, Sorsel, Sedang menokok sagu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s