Binatang teman perjalanan

Selama beberapa bulan di papua, selain melihat alamnya yang luar biasa serta budaya masyarakatnya yang tak ada duanya, sayapun berkesempatan untuk mengenal lebih dekat beberapa binatang yang kebetulan bertemu selama perjalanku di papua Barat.

1. Jacob

Jacob adalah sebutan warga local untuk burung Kakatua Jambul Kuning (Cacatua Sulphurea). Sesuai namanya burung ini berwarna putih dengan jambul berwarna kuning, paruh hitam, dengan lingkaran mata biru. Jacob ini sangat cerdas, jinak, dan bisa dilatih berbicara. Burung ini sangat banyak sekali saya jumpai di Papua Barat dan berkeliaran bebas, bahkan diperjualbelikan dipasar dengan harga murah. Burung ini termasuk hewan yang dilindungi jadi tolong bantu menghentikan perburuan liar dengan tidak ikut membeli burung ini dipasaran. Didekat rumah dinasku, ada 2 Jacob liar yang sudah nampaknya sudah jinak. Dia punya mampir dijendela sambil teriak-teriak “JACOB LAPAAR..!”.

Bersama jacob

2. Paunaro

Thylogale brunii (Dusky Pademelon) atau sebutan lokalnya yaitu Paunaro /Lau2 adalah spesies kangguru terkecil di dunia. Habitatnya hanya terdapat di Papua dan PNG. Dengan ukurannya yang kecil, berbulu coklat, mata besar, dan bermoncong panjang ,sehingga hamper mirip dengan tikus tanah. Yang membedakan kaki belakangnya yang besar. Saya ketemu paonaro saat berkunjung ke kampung Hamaran, Kab Sorong Selatan Papua Barat. Paonaro ini lucu sekali, hoby menjilat-jilat tangan saya yang keringatan.

Bersama paunaro yang imut

3. Kasuari

Burung ini saya temukan sebagai peliharaan salah penduduk di kampung Atori Kokoda Utara. Saya  sendiri tidak yakin ini kasuari apa jenis yang lain karena ada perbedaan pada warna. Kasuari yang biasa  saya lihat di kebun binatang biasanya berbulu hitam dengan kepala biru dan bertanduk segitiga keras. Tp yang ini beda, warna nya coklat muda dengan tanduk yang kecil. Kata yang punya sih itu karena kasuari tersebut masih anak2, nantinya akan berubah warna sendiri. Sayangnya burung ini pemalu sekali , setiap didekatin dia selalu berusaha menjauh..  tapi jangan coba coba di ganggu ya kalau tidak mau celaka. hehe

Kasuari (muda)

4. Kambing doyan permen

ini kambing lain dari yang lain, karena selain dia hoby banget masuk kerumah dan ikut-ikut aktivitas pemiliknya,  dia juga doyan sekali makan permen. haha… mungkin dia pengen coba permen susu kambing?

Kambing doyan permen

5. Kucing ODD EYES

Kucing ODD EYES adalah kucing dengan mata yang aneh karena warna  satu mata dengan yang lain berbeda. Satu matanya berwarna biru sedangkan mata lain berwarna lain.  Kucing ini saya temukan di kampung Tarof dan biasa berkeliaran di rumah dinas dan puskesmas.   Saya tidak tau kucing yang seperti ini termasuk langka atau tidak ya?


sikucing Odd eyes… senyum dong🙂

Sebenarnya masih banyak lagi binatang binatang yang lain yang belum sempat saya paparkan. Nanti akan saya sambung pada postingan selanjutnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s