Sungai Kohoin dan Panta Kapal

Menyambung postingan sebelumnya tentang salah satu objek wisata yang terletak di jantung kota Teminabuan, yaitu Sungai Kohoin. Pada postingan ini akan dibahas lebih jauh tentang sungai Kohoin. Sungai ini berhulu dari rimbunnya hutan2 di sorong selatan, (yang saya tidak tau asalnya darimana) dan bermuara  sebagai air terjun Kohoin yang terletak dekat dengan pasar ampera Teminabuan.. ya, sungai ini membelah Teminabuan dan menjadi sumber kehidupan di kota ini.. Banyak sekali hal2 menakjubkan yang bisa dilihat sepanjang perjalanan sungai Kohoin.. salah satunya adalah Panta Kapal.

Sungai panta kapal

Panta Kapal adalah sebutan oleh masyarakat setempat terhadap salah satu bagian sungai Kohoin yang berbentuk persis seperti pantat kapal. Menurut saya tempat ini malah seperti baskom raksasa dengan air deras yg mengalir terus… konstruksi seperti panta kapal ini terjadi murni karena alam, karena pengikisan batu-batuan oleh derasnya arus sungai kohion selama beratus ratus tahun lamanya. Panta kapal ini tidak jauh dari pusat Teminabuan, namun memang tempatnya agak tersembunyi, kalau tidak tahu jangan ragu untuk menanyakan dengan penduduk setempat karena semua penduduk Temi pasti tau mengenai Panta Kapal..

Arus sungai panta kapal yang derass…

Tempat ini asik banget buat mandi mandi karena tempatnya sejuk, asri, dan airnya bening serta dikelilingi rimbunnya hutan. Tapi hati hati ya dan jangan coba coba berenang ke tengah karena arus disini sangat deras, bisa bisa nanti malah terbawa arus dan hilang selamanya. Kecuali anda memang sudah terlatih berenang dan punya nyali besar.

Arus yang deras

Sebenarnya Panta kapal ini sudah di persiapkan sebagai wisata andalan Sorong Selatan namun karena promosi dan perawatannya kurang makanya disini tampak terbengkalai, terbukti dengan beberapa fasilitas umum seperti wc yang sudah tidak terawat. Namun karena keterbengkalaian ini malah menambah kesan alami.

Berenang di Panta Kapal

Selain Panta kapal, ada lagi tempat lain yang disebut Kali Gadis, yang arusnya lebih tenang dan cocok buat anak2 dan Gadis2 (wink…) yang ingin berenang tanpa harus takut terbawa arus. Selain itu disinipulalah biasanya ibu-ibu mencuci pakaian. Di ujung sungai Kohoin terdapat air terjun, namun sayang keindahan air terjun tersebut sudah tertutupi oleh kumuhnya pasar yang dekat dengan Air terjun tersebut.

3 thoughts on “Sungai Kohoin dan Panta Kapal

  1. Assalamu’alaikum Bung Adin,
    Dua hari lagi saya akan ke air terjun itu untuk survey potensi pembangkit listrik mikrohidro. Anda masih disana? Please, contact me 0818432828.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s