Taman Hutan Raya Juanda

Menyambung acara jalan jalan di postingan sebelumnya, selanjutnya tujuan saya selanjutnya adalah Taman Hutan Raya Juanda.  saya pilih tempat ini karena lingkungannya yang relatif lebih natural dan tidak begitu jauh dari Kota Bandung. Lokasi tepatnya adalah di wilayah Bandung Utara yang terletak di ujung Jalan Dago ( Jl. Ir. H. Juanda) Bandung yang berjarak kurang lebih 7 KM dari pusat kota. Kalo punya kendaraan pribadi, tidak akan kesulita berarti menuju kesini. Kalo tidak ada kendaraan Pribadi (seoerti saya), akses kesana pun tidak sulit.  Cukup menggunakan angkot ke terminal dago, nah dari terminal naik ojek. sekitar 10 menit juga sudah sampai gerbang utama Taman Hutan Raya Juanda.

Setelah membayar tiket seharga 8000 rupiah, saya segera masuk kedalam kawasan wisata. Tak jauh dari pintu masuk terdapat penunjuk berisi objek wisata apa saja yang terdapat dikawasan ini, diantaraanya adalah Goa jepang, Goa belanda, curug omas, curug lalay, dan masih banyak lagi.

Jalan rimbun dan sejuk di THR Juanda

Tempat yang pertama kali saya kunjungi adalah Goa Jepang.  Denger2 dari guide katanya goa ini dibangun tahun 42 setelah belanda menyerah. Goa ini dibuat sebagai perlindungan dari serangan sekutu. Goa ini buatan tangan orang2 kita yang disuruh bekerja paksa (romusha). Didepan Goa banyak guide2 yang menyediakan jasa sewa senter, kalo bernyali silahkan masuk kegoa tanpa senter, hhihihihi… Goa ini memiliki beberapa Pintu besar dan pintu kecil, dan lorong2 didalamnya terhubung satu sama lain.

pemandangan dari dalam goa jepang

Setelah puas gelap2an didalam Goa Jepang, saya melanjutkan perjalanan menuju goa Jepang.  perjalanan ditempuh kira2 15-30 menitan lah. Goa Belanda ini hanya memiliki 1 pintu masuk besar, dibangu oleh belanda tahun 1941 yang awalnya berfungsi sebagai PLTA Bengkok, yang kemudian beralih fungsi menjadi tempat komunikasi rahasia tentara belanda.  Ohya di goa ini ada makam loh, tpi ga tau makam siapa???

Goa Belanda

Kalau berjalan menelusuri goa belanda sampai keluar lagi,  dari sana nanti bisa menuju tempat lokasi lainnya seperti curug omas maribaya yang berjarak 5 km. Bisa jalan kaki atau naek ojek., namun tidak bisa pakai kendaraan sendiri.

Berfoto depan patung replika ir.H.Juanda

Karena saya udah capek (ga da ojek), akhirnya saya putuskan untuk pulang saja, mungkin di lain kesempatan saya bisa menelusuri keseluruhan Taman Hutan ini.

4 thoughts on “Taman Hutan Raya Juanda

  1. emang keren tahura juanda, saya juga pernah waktu itu ngater tamu dari Jacktour.com ke sana.. masuk gua belanja ama goa jepang dingiin banget di dalem mesti pake jaket. tp seruu suasananya sejuk banyak pohon rindang..

  2. Dear Adin, foto2nya bagus banget isi blog sgt bermanfaat, i like it … fotonya aku sukaaa, mhn ijin aku simpan foto utk melengkapi koleksi n informasi yg perlu utk disharing …. setuju bro? silakan mampir ke blog saya yaaaaa ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s