Kawah Gunung Galunggung

hmm… di postingan saya kira2 dua tahun yang lalu saya sudah pernah membuat posting tentang Gunung Galunggung yang terdapat di Kabupaten Tasikmalaya.  Kali ini saya kembali akan membuat postingan tentang keindahan gunung galunggung. Berbeda dengan postingan sebelumnya, kali ini akan lebih terfokus kepada Gunung dan kawahnya itu sendiri.

Pagi2 sekali saya sudah berangkat dengan tujuan supaya saya bisa mendapatkan view yang paling bagus karena biasanya pada pagi hari, blum banyak awan yang menggelantung di Galunggung. Untuk menuju kesana ada banyak jalan yang dapat ditempuh, tapi rata2 kondisi jalannya sama2 jelek.  Tapi tidak usah khawatir karena disepanjang jalan akan disuguhi pemandangan yang dingin dan menyejukkan.

Perjalanan menuju galunggung

sekitar 30 menit saya sudah sampai ditempat pemandian cipanas, tapi tujuan kita bukan disini, perjalanan diteruskan melewati jalan kecil lurus menanjak melewati pohon2 pinus yang rimbun.  Tidak berapa lama saya sampai juga di tempat parkir kendaraan, disini bisa istirahat sebentar, makan minum, dll . Nah darisini kita musti menaiki tangga berjumlah (katanya) 300 anak tangga untuk menuju lereng galunggung ..  Perjalanan menaiki tangga ini sungguh melelahkan. Sayamencoba menghitung jumlah anak tangganya untuk mengalihkan dari rasa capek, sepertinya anak tangganya lebih dari 300 hehe..

300 lebih anak tangga galunggung

Sesampainya diatas, akhirnya saya bisa bernafas lega.. tanpa pikir panjang saya langsung duduk terkulai karena kecapekan sambil menikmati pemandangan dari atas galunggung yang begitu menakjubkan.  Terakhir saya datang kesini, sore hari, pada saat itu kabut tebal sekali sehingga tidak sedikitpun yang dapat saya lihat, Untung saja kali ini saya datang pagi2 sekali hingga semuanya tampak jelas.  Dari atas sini saya bisa menikmati Gunugng Gaunggung yang menjulang diatas dengan kawah kecil dibawahnya, disisi lain saya bisa melihat landscape Tasikmalaya yang seolah tanpa batas.

penunggu galunggung.. hihihii

Setelah melepas lelah,  saya berencana melanjutkan perjalanan menuruni lereng menuju kawah.  Ya pada perjalanan sebelumnya saya belum sempat berjalan2 menujun kawah. Untuk menuju kawah ada beberapa alternatif jalan yang bisa dilalui,  saya memilih jalan yang lebih dekat namun lebih susah karena lebih curam.  Hasilnya, beberapa kali saya hampir terpeleset.

Kawah galunggung

Sekitar 20 menitan, akhirnya saya sampai juga di kawah.  Tidak sabar rasanya ingin mencelupkan kaki saya kedalam air kawah hihihihi… Berbeda terhadap yang saya pikirkan, ternyata air kawahnya tidak lah panas bahkan banyak sekali ikan dan makhluk air lain hidup didalamnya.  Ditempat ini kita terasa sangat terasing sekali, dikiri kanan dikelilingi tebing gunung yang tunggu, sementara diatas kepala ada awan yang mengumpal seolah2 berada tepat diatas kepala. Tempat ini sering dijadikan sebagai tempat berkemah karena tempatnya yang landai, dan tidak banyak pepohonan, Selain itu ditempat ini ada beberapa tempat yang katanya keramat, makanya tidak heran kalau banyak orang yang bertapa disini.. hiii..

Ditengah kawah, terdapat dua gundukan tanah yang mirip pulau,  kalau saya menyebutnya pulau k*tang.. karena bentuknya memang mirip k*tang hihihih…. nah disalah satu puncak pulau kecil tersebut, terdapat bendera Indonesia yang menancap. wah bangga saya melihatnya…

Diatas puncak pulau k*tang, memegang erat bendera kesayangan, bendera merah putih

Setelah puas berkeliling akhirnya saya putuskan untuk pulang.. dan itu artinya saya harus mendaki lagi… oh tidaaaaakkkk!!…