Situ Gede dan Sanghiang

ada dua situ (waduk) yang sempat saya kunjungi di kabupaten Tasikmalaya, yaitu Situ Gede dan Situ Sangiang. Yang paling terkenal adalah Situ gede karena letaknya tidak jauh dari Kota Tasikmalaya.

Dalam perjalanan pulang, saya sempatkan diri mampir ke salah satu objek wisata lainnya di Tasik yaitu Situ Gede. Situ Gede merupakan  sebuah danau seluas 47 Ha dengan kedalaman air antara 1,5 s.d. 6 meter. Ditengah-tengah terdapat sebuah pulau dengan luas 1 Ha, dipulau ini dimakamkan Eyang Prabudilaya yang legendanya berkembang di masyarakat Kota Tasikmalaya, letak situ gede relatif dekat dengan pusat Kota Tasikmalaya, kuang lebih+4 km. Saat saya datang, tempat ini sedang ramai2nya dikunjungi orang, pemandangan di danau ini lumayan menyegarkan mata dan menghilangkan penat, namun disayangkan kondisi danau dipenuhi banyak sampah..

Situ Gede

Klo Situ Sanghiang sendiri, saya tidak begitu banyak tau mengenai tempat ini.  Bahkan saya gak yakin apa saya bener menulis namanya hehe.. Situ ini emang lumayan jauh dari kota Tasikmalaya.  tempatnya emng tidak terurus dan tidak banyak yang bisa dilakukan disini kecuali bersampan dan menuju pulau di tengah situ.

situ sanghiang

Leave a Reply

