Taman Nasional Way Kambas

Beberapa hari yang lalu tepatnya satu hari menjelang hari raya nyepi saya mengunjungi salah satu tempat wisata paling terkenal di propinsi Lampung yaitu Taman Nasional Way Kambas.  buat yang belum tau (kasian deh lu…) , way kambas merupakan tempat pusat latihan gajah-gajah Sumatera dan merupakan pusat latihan gajah pertama di Indonesia. Di tempat ini gajah-gajah liar Sumatera dilatih dan  dimanfaatkan untuk pertunjukan seperti permainan sepak bola, berenang, dan lain  sebagainya. Sebenarnya Way Kambas sudah terkenal kemana mana namun pengunjungnya dapat dibilang relatif sepi, justru pengunjung biasanya berasal dari luar kota, bukannya dari lampung.

Untuk menuju kesana emng agak sulit, karena kendaraan umum belum bisa menjangkau sampai kedalam. Taman Nasional way kambas terletak di daerah Tingkat II Lampung Timur, yang mencakup wilayah kecamatan, antara lain kecamatan Labuhan Maringgai, Way Jepara, Purbolinggo, Sukadana dan Way Bungur serta berbatasan dengan Daerah Tingkat II Lampung Tengah yang meliputi kecamatan Rumbia dan Seputih Surabaya. Untuk menuju kesana dari Bandar Lampung-Metro-Way Jepara menggunakan mobil sekitar dua jam (112 km), Branti-Metro-Way Jepara sekitar satu jam 30 menit (100 km), Bakauheni-Panjang-Sribawono-Way Jepara sekitar tiga jam (170 km), Bakauheni-Labuan Meringgai-Way Kambas sekitar dua jam.

pintu masuk Taman Nasional Way Kambas

Setelah sampai sampai di pintu masuk (dan membayar 2500 per orang.. klo ga salah ingat), disini ada 2 jalan, 1 nya menuju pusat konservasi gajah dan satunya lagi badak. Ya disini tidak hanya ada gajah saja, tapi juga ada satwa lain seperti badak,  harimau, tapir, dll..  dari pintu masuk ini, kita harus melewati jalan yang sepi ditengah hutan lindung, awas hati2 karena kadang kadang ada gajah liar yang lewat disini.

Sesampainya di pusat konservasi gajah, saya langsung disapa dengan 2 ekor gajah jantan bernama adit dan leo..  walaupun hujan2an tidak menyurutkan semangat kami untuk bermain dengan 2 ekor gajah ini, tentunya ditemani oleh pawangnya hehehe… pada saat kami datang, tidak banyak gajah yang berkeliaran karena gajah2 tersebut sedang di “gembalakan” ke hutan. Gajah2  ini akan dipulangkan dan dikandangkan sekitar pukul 3-4 sore.

adit lagi minun

Tidak lama kemudian gajah2 tersebut bermunculan, oleh pawangnya gajah tersebut satu persatu dimandikan dan di kemblaikan ke kandang. Kandang yang dimaksdu disini bukanlah kandang berjeruji, tapi hanya berupa  tanah luas terbuka tempat gajah berkumpul. Disini gajah hanya diikat ke kayu yang sudah terpancang ditanah.

sang pawang sedang menunggang gajah

Sebenarnya dulu disini katanya kita dapat menyaksikan atraksi gajah main bola, menari, berjabat tangan, hormat, mengalungkan bunga, tarik tambang, berenang dan masih banyak atraksi lainnya. Tapi kata pelatihnya, skrng tidak ada atraksi lagi, hanya sebagai tempat konservasi saja. Yah… setidaknya masih bisalah foto-foto dan menunggang gajah. hehe…

Berfoto dengan salah satu gajah betina bernama Ria.. cantik kan?? hehe

Sebenarnya di Taman Nasional Way Kambas  ini, massih banyak objek lainnya seperti Menyusuri sungai Way Kanan . D,  Pusat penangkaran insitu satwa badak sumatera, Rawa Kali Biru, Rawa Gajah, dan Kuala Kambas.

8 thoughts on “Taman Nasional Way Kambas

  1. seru nich klo ksana,…
    bangganya pnya lampung yang kaya akan budaya n wisata,..
    tpi sayang bnget bnyak yang gk peduli.
    coba qt pikir, klo wisata n budaya yg ada dlmpung, mrupakan aset n kekayaan alam yang bsa buat provinsi qt makmur n kaya perekonomiannya ,.
    bener gk minak muakhi ???
    hehehehehe🙂

    • ya bener bnget… Lampung menurutku emang potensial skali untk di jdikan tempat wisata.. Tp sayang tdk bnyk yg menyadarinya. Bahkan yg sadar pun tidak tau harus berbuat apa…

    • maaf saya kurang tau mas ari karena waktu itu saya kesana gak pakai nginap. kalaupun nekat mau camping harus hati2 karena banyak gajah liar dan rampok. Itu dulu sekitar 3 tahun yll, kalau sekarang saya tidak tau kondisiya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s