Lau Kawar

Entah ada angin apa yang membawa aku dan kawanku mengunjungi tempat indah ini. Lau Kawar namanya, sebuah danau yang terletak di kaki gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Perjalanan ini tidak direncanakan, awalnya kami hanya ingin main2 menghilangkan jenuh dengan mengendarai sepeda motor ke arah Pancur Batu, tapi malah keterusan sampai Sibolangit, Bandar Baru, dan akhirnya sampai juga di Brastagi. Di Brastagi bingung mau kemana, tanpa sengaja kami melihat papan penunjuk arah ke Lau Kawar, tanpa pikir panjang kami langsung tancap gas ke sana. Memang dulu saya pernah mendengar Danau Lau Kawar tersebut dari teman, tapi tidak pernah terpikirkan untuk kesana.

Gunung sinabung ( diambil dari filckrnya bang pran77)

Dari Brastagi ke Lau Kawar memakan waktu kurang lebih 45 menit, di sepanjang perjalanan kami banyak melihat kebun-kebun jeruk, jambu, bunga2, dan sayur2an seperti kol, wortel, dll. Disepanjang perjalanan terlihat dengan jelas gunung sinabung yang tinggi. Udaranya sejuk sekali, saya yang anak pantai gak biasa dengan keadaan dingin seperti ini,.. langsung menggigil, Brrrr..

Foto Lau Kawar… Diambil dari flicknya bang Jhonny Siahaan

Setelah melewati jalanberkelok kelok, akhirnya sampai juga di Lau Kawar. Suasana disini terasa begitu dingin dan hening, air danau tenang sekali, hanya riak2 kecil, sementara di seberangnya pohon2 pinus menjulang tinggi. Sungguh tempat yang asik untuk menyendiri. gak rugi rasanya perjalanan 2 jam dari medan. Sayangnya saya ga bawa kamera digital (dan emang lagi rusak), akhirnya cuma foto2 dari kamera HP, hasilnya jelek banget..

Foto narsis di Lau kawar, Pke kamera HP, jadi gambarnya bureemmm…

Ohya sekedar info tambahan yang mungkin bermanfaat buat pendaki , nih ada kutipan dari blognya Sutanta Adity Lubis.. Ijin ya.. hehe..

Danau Lau Kawar di Desa Kuta Gugung, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, Sumatera Utara adalah satu dari dua danau di Kawasan Ekosistem Leuser (KEL), selain Danau Marpunge. Danau ini merupakan salah satu pintu gerbang utama para pendaki untuk mencapai puncak Gunung Sinabung yang memiliki ketinggian 2.451 meter dpl. Selama ini gunung tertinggi di Sumut ini merupakan salah satu gunung favorit bagi para pendaki. Di samping itu, Deleng (bukit) Lancuk yang berada di sekitar Danau Lau Kawar bisa juga menjadi jalur tracking yang menawan bagi para pelancong yang tak ingin bersusah-susah mendaki Sinabung. Dan tanah lapang di sekitar danau bisa menjadi tempat favorit untuk menginap dengan mendirikan tenda selama pendakian ke Gunung Sinabung.

2 thoughts on “Lau Kawar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s