Kumpulan editan Photosopku

My Nokia 5320 XM

Pada saat awal munculnya handphone, ukuran alat komunikasi ini sangat besar sekali, ada yang harus sampai di gotong dan digendong layaknya ransel. Semakin lama ukuran handphone semakin kecil sampai akhirnya handphone dapat digenggam dan dimasukkan kedalam saku. Dahulu, semakin kecil ukurannya, semakin terlihat keren dan terlihat mahal pulalah, sehingga handphone kecil laku keras. Namun sekarang hal tersebut sudah tidak berlaku lagi, sekarang semakin besar semakin keren pulalah.. apalagi kalau tombolnya banyak.. tambah keren (dan bingung). Nah karena handphone saya (Nokia 5320 Xpress Music) merupakan handphone yang kecil, jadi supaya terlihat keren dan bergengsi, saya sulap menjadi besar seperti pic saya di bawah ini.

Untitled-1
Hehehe… ga perlu bingung, ini memang bukan sulap bukan sihir, apalagi beneran.. cukup dengan sentuhan photoshop sedikit aja, Handphone saya menjadi besar. caranya cukup menggabungkan saja 2 foto berbeda yaitu foto model (saya) dan handphone, kemudian Handphone di ekstrak dan dipindahkan ke model, setelah itu tinggal dicocok2in deh…

Duh ga nyambung ya sama judulnya? biarin… :p

Help Me to Fly

Inspirasi bisa datang darimana saja. 2 hari yang lalu saya sedang bowsing mengenai salah satu tugas kulit, yaitu herpes zooster, saya malah menemukan gambar ilustrasi yang cukup menarik. di ilustrasi itu digambarkan seseorang dengan tangan-tangan yang keluar dari punggungnya sehingga tangan tersebut membentuk seperti sayap. ( gak nyambung kan antara herpes zooster dengan ilustrasi itu, gimana sih google??). Nah melihat gambar itu saya terinspirasi untuk membuat editan foto yang mirip2 lah dengan itu.. Saya kasih judul “help me to fly”.. karena untuk bisa terbang tinggi kita perlu bantuan “tangan2” keluarga dan sahabat yang menyokong dibelakang. (anjrit.. kok bisa filosofis bgini ya..)

 Baca Selanjutnya untuk mengedit foto seperti ini, perlu foto model yang menghadap belakang dan banyak sekali foto2 tangan dengan berbagai posisi. setelah itu tangan2 berbagai posisi tadi digabungkan ke model kemudian dicocokkan dan dibentuk menjadi seperti sayap. dapat ditambahkan pula gambar sayap dengan brush untuk mempertegas bentuknya. Untuk menambah efek dramatisasi, di blur dan diberi texture… jadi deh…  hehe…

Edit foto instant dengan Photofunia

Ternyata sekarang kalau pengen punya foto editan yang bagus, tidak perlu repot-repot mengotak atik sotosop photoshop karena sekarang sudah ada layanan online untuk mengedit foto yang lumayan kerenlah.. namanya adalah photofunia.. alamatnya disini.

Photofunia dapat mempermudah untuk melakukan edit foto tanpa harus bercapek capek menggunakan Photoshop . Disini nanti akan di sediakan bermacam-macam template yang bisa dipilih.. ada gambar diam tapi ada juga loh gambar yang bisa bergerak2. tinggal pilih mana yang cocok dengan maunya kamu, trus browse gambar yang mau di edit, dan upload… dalam hitungan detik (tergantung koneksi juga si) foto kamu tadi yang jelek akan tampil lebih menarik. Layanan ini memiliki kemampuan mendeteksi wajah secara otomatis.. Nanti hasilnya bisa buat nyombong gaya2an di pesbuk atau buat avatar.. hehehe…namun karena layanan ini dapat digunakan oleh siapa saja, sehingga jadi kurang eksklusif.. tapi lumayanlah daripada capek2 ngedit..

ini dia contoh hasil editan dengan photofunia.

sdfs

Saya kasih contoh satu aja ya.. masih banyak lagi template editannya.. jadi silahkan coba sendiri hehehe.. dan selamat bernarsis ria…

Asiknya ngupil

Beberapa hari yang lalu ketika saya sedang browsing, tanpa sengaja saya menemukan editan foto yang cukup unik. Difoto itu tampak bapak2 memasukkan jarinya kelubang hidungnya sampai tembus kemata.  Fotonya ada disini Lucu juga ya….

ngupils

Saya coba membuat sama seperti itu, ternyata tidak begitu sulit. Cuma buat 2 foto wajah dan tangan yang sedang menunjuk kemudian gambar tersebut digabungkan. Jari yang akan dimasukkan ke hidung di liquify, dibuat sepas mungkin dengan lubang hidung, bagian2 yang lebih dicut aja atau di hapus.. kemudian bagian yang tampak dimata diliquifi juga dibuat sepas mungkin. Habis itu tinggal diperhalus… wew memang belum sempurna sih seperti foto bapak itu.. namanya juga masih belajar.

Menggambar dari Foto

Kali ini saya akan mengedit sebuah foto menjadi sebuah gambar yang terkesan dibuat dengan spidol warna. Caranya memang agak rumit sih.. karena butuh ketelitian dan bakat untuk menggambar hehehe…

mom-pop

Caranya siapkan foto yang akan di ubah, kemudian buat layer baru diatasnya berwarna putih, ubah transparasinya sekitar 20-30%, kemudian pake pen tool untuk menggambar garis-garis sesuai dengan foto (di cemplak). kemudian baru diberi brush. agar lebih detail, dibuat bebrapa tahapan, tahap awal gambarlah bagian2 secara garis besar, dengan ukuran brush lebih besar, setelah itu gambar bagian2 bagian yang lebih detail seperti saku, lekukan2 dibaju, dll. begitu seterusnya sampai bagian-bagian yang terdetail.. kalau sudah siap, tinggal ubah layer menjadi multiply dan sapukan kuas.. lihat hasilnya..

ohya ini foto ibu dan bapak saya :p

Bermain dg brush darah

Editanku kali ini cukup simpel. knapa saya katakan begitu? karena tidak banyak menggunakan banyak tools dalam photoshop, cukup dengan brush saja.

killers

Di foto ini saya mau menampilkan efek darah yang menempel di tubuh, dipakaian dan di dinding. Untuk brush darahnya bisa di di search aja di google, atau langsung aj ke http://www.psdtuts.com . Setelah di brushnya didownload dan di load, kemudian buat layer baru diatas gambar asli, kemudian buat warnanya menjadi merah lalu tinggal sapukan brusnya. jangan lupa untuk menghapus bagian-bagian dari darahnya yang berlebihan. Setelah itu tinggal detailnya ditambah dan diperhalus. Terus terang saya masih belum puas dengan editan ini, saya ingin membuat tetesan darah dari tangan, dll, karena foto ini lebih terkesan habis “mengecat” darah daripada berlumuran darah. Tapi saya belum ketemu caranya. Ada yang tau?

Nobody is Perfect

Kali ini saya belajar bagaimana cara menghapus bagian-bagian dari suatu foto kemudian menampilkan bagian lain yang seharusnya tidak tampak.

nobody

Gambar diatas (gambar saya waktu di OK hehehe..) saya edit, wajah, leher dan tangan saya hilangkan sehingga seolah-olah seperti manusia transparan karena hanya ada baju masker dan tutup kepalanya saja. foto saya itu saya edit photoshop, wajah, leher, dan tangan saya hilangkan dengan clone stamp toll. kemudian saya tambahkan bagian – bagian yang tadinya tidak terlihat menjadi terlihat, seperti daerah kerah baju, bagian belakang dari tutup kepala, dan lengan bajunya dengan clone toll.

Mati Untukmu

Editan foto saya kali in terinspirasi dari film-film horror indonesia yang sekarang lagi banyak beredar. Tidak susah untuk membuatnya, hanya diperlukan imaginasi untuk menentukan kira-kira bagaimana posisinya yang tepat.

die-for-you

Untuk membuatnya, saya cukup menseleksi tangan kiri dan kepalanya, kemudian di copy dan digeser sehingga seolah-olah kepalnya diangkat dan dicopot. Kemudian tangan dan wajah yang belum tergeser di dihapus dan diganti gambar tembok dengan clone tool. Setelah itu dilehernya diberi tambahan gambar daging sehingga tampak nyata, kemudian gambarnya diperhalus dan diberi efek warna sehingga terkesan menyeramkan. jangan lupa hitam hitam pada mata (iris dan pupil) dihilangka dan diganti warna putih.

My Little Sister

Kali ini akan saya coba menggabungkan 2 gambar biasa menjadi satu gambar luar biasa. Nih hasilnya…(foto adikku nih hehehehe…)

nayla

Caranya gampang sekali…. Siapkan 2 gambar yang mau di gabungkan. Klo untuk footo diatas, 1 gambar tangan dan 1 gambar adeku.. ( maaf saya lupa ngga menyertakan gambar aslinya), kemudian Seleksi gambar adeku (objek) dengan mask atau dengan laso, atau pen tool. terserah mau pake yang mana Setelah itu gambar objek di drag ke gambar tangan dan perhalus hasilnya dengan blur. beri sedikit efek bayangan dengan burn tool

selesai…

Foto didalam Foto

Beberapa bulan yang lalu saya melihat editan yang seorang bernama monkeyman di flickr, disana dia memajang foto-foto hasil editannya dengan tema foto didalam foto.

Terinspirasi dari situ, Saya berusaha meniru hasil karyanya dengan tujuan untuk pembelajaran jadi bukan maksud sebagai plagiator. Memang hasil buatan saya tidak sebaik hasil dari monkeyman, tapi saya sedikit memodifikasi editannya sehingga berbeda dari buatannya. Berikut ini hasil editan saya. Silahkan dicaci maki…

keluar frame

Cara membuatnya sebenarnya gampang.. hanya menggabungkan dua gambar yang berbeda, tapi gambar satunya dibuat frame tapi framenya dapat ditembus oleh gambar didalamnya (ngerti ga?) setelah itu tinggal digabungkan kegambar yang satunya, dan dicocok2in posisinya.. jadi deh…

Mematung

membatu

Untuk kesempatan kali ini, saya mau memperlihatkan hasil editan foto saya yang berjudul “mematung”. dalam foto ini (foto teman saya hehehe…) , teman saya itu akan saya buat seolah-olah adalah patung. caranya membuatnya tidaklah susah. diluar sana banyak tutorial yang membahas secara detail bagaimana mengubah objek foto menjadi batu. saya disini akan menjelaskan secara garis besar saja. yang pertama dilakukan adalah menseleksi gambar, kemudian di desaturate, bagian rambut di buat putih, kemudian bagian mata diberi gradien abu-abu. setelah itu objek dimask dan diberi tekstur batu. untuk tekstur, search aja di google, atau bisa cari di deviantart

Cross processing photo effect

cross-processing-photo-effect

Cross processing photo efect dikakteristikkdengan warna yang tidak natural dan kontras yang tinggi. hasil dari cross procesing berbeda dari satu foto ke foto yang lain. Efeknya biasanya berupa pergeseran warna, peningkatan kontras, over saturasi n didominasi warna hijau kekuningan. Foto diatas adalah foto hasil editanku dengan efek cross procesing. bagus ga? :p

3 thoughts on “Kumpulan editan Photosopku

  1. wuakakkkakk.. oke lho mas potonya, modelnya apalagi, kebetulan handphone saya samaan nih mas, jadi pnasaran ngintip pembahasan mengenai hap, ternyata bukan pembahasan yang saya dapat, malah foto ini. ya gapapalah, btw, makasi lo info bout semarangnya.

    • kalo pembahasan hp ini kan udh bnyk jd saya buat yg laen, foto ini adalah bentuk kecintaan saya thd hape ini, hehe… kebetulan hp saya yg ini udah almarhum.
      Terimakash sisy semga infonya bermanfaat.

Leave a Reply

