Arung Jeram di Sungai Bahorok

Sebelumnya dipostingan saya yang berjudul Orang Utan di Bukit Lawang, saya sudah pernah bercerita mengenai perjalanan saya ke Bukit Lawang dan Taman Nasional Gunung Leuseur untuk melihat pusat Rehabilitasi Orang Utan disana, Namun pada saat itu saya belum sempat berenang dan “berarung jeram” di Sungai Bahorok yang terdapat disana dikarenakan waktu itu saya datang sendiri dan ga bawa baju ganti :p. Nah mumpung saya lagi ada temen yang bisa diajakin gila-gilaan dan mau nemenin kesana kemari, akhirnya kemaren saya dan teman saya itu berkunjung kembali ke Bukit Lawang tapi dengan tujuan yang beda… bukan mau liat “saudara” lagi tapi mau berarung jeram dan basah2an!!

Hijaunya bukit lawang

Kami sampai di Bukit Lawang menjelang siang hari.. Pada saat itu udara sedang panas2nya.. rasanya hati ini udah ga sabar pengen nyebur kedalam derasnya sungai Bahorok, tapi mengingat dan menimbang bahwa panas2an tidak baik untuk kulit karena bisa membuat kulit yang hitam tambah hitam plus gosong mirip pantat kuali, akhirnya kami menunda sampai matahari tidak terlalu terik… selama menunggu, kami berfoto2 (biasalahh……) dan sempat nyanyi2 dan bikin video klipnya lagu dangdut rita sugiarto dan meggy z dan beberapa hari kemudian si meggy z meninggal dunia, entah ada hubungan apa nggak antara video klip meggy z yang kami buat dengan meninggalnya meggy z, sebagai firasat atau pertanda, hanya tuhan yang tau.. (wah lebay dah),…. kembali ketopik, setelah agak mulai teduh, kami langsung pergi mencari penyewaan ban, ban ini bukan mau dipake buat pelampung tapi dipake sebagai perahu2annya… eh sama aja ya buat pelampung juga. waktu mau nyewa ban, saya sempat kaget juga melihat yang menyewakan ban-nya ternyata bertampang bule, kirain turis hehehehe… rupanya turis2 yang datang kesini tidak cuma jatuh cinta dengan keindahan bukit lawang dan orang utannya, tapi juga jatuh cinta dengan penduduk lokal sehingga menghasilkan keturunan2 blasteran yang menetap disini. harga sewa ban nya 10ribu dapat dipakai seharian penuh, asal bannya jangan dibawa pulang kerumah aja. hehehe….

Sungai Bahorok yang arusnya deras…

singkat kata singkat cerita, kami mulai main arung jeramnya, kami mulai startnya dari pintu masuk Taman Nasional Gunung Leuseur. Sebelum nyebur, kacamata saya ikat kuat2 dengan tali dan dijadikan seperti kalung. jadi mirip penyanyi2 dangdut jaman dulu ituloh…(jaah… dangdut lagi) Kami cuma menyewa 1 ban, 1 ban dipakai kami berdua (keliatan banget kerenya) . bayangkan, ban sekecil itu dipakai berdua! akhirnya dempet2anlah kami berdua didalam ban itu mirip kembar siam yang ga dioperasi2 sampai besar. Putaran pertama, banpun melaju dengan kencangnya seiring arus sungai bahorok yang deras.. wah menegangkan sekali… kadang2 pantat saya harus rela beradu dengan batu2 sungai. untung cuma pantat, kalau sampai kepala yang beradu dengan batu kan gawat. ternyata lumayan seru juga ya, apalagi dibandingkaan dengan arung jeram ecek2an yang ada di dufan yang antrinya lama tapi mainnya gak lebih lama dari BAK, arung jeram disini jelas lebih seru… Ga puas dengan cuma satu kali, kami ulangi lagi sampai puas.. nah sampai putaran yang keempat, terjadilah kejadian itu. apakah kejadian itu? kami tenggelam. ya, kami tenggelam. mungkin karena ga seimbang, satunga kecil pendek, satunya hitam gosong, akhirnya kami tenggelam, saya panik karena arusnya kan lumanyun deras dan dalam, apalagi batu2nya licin dan keras (ya iyalah, mana ada batu yang lembut kecuali batu, dua, tiga, empat hehehe ). kacamata hampir lepas, karena panik, jadi saya pegang erat2 sampai2 gagangnya bengkok dan kacanya lepas. Gila. mirip banget dengan cadaveric spasme. Untungnya kami berhasil selamat, tapi dengan meninggalkan luka2 disekitar siku dan lutut. kata teman saya, alam memang tidak bisa ditebak.. dan bahkan waktu itu kami ga bisa menebak kalau ternyata beberapa hari kemudian meggy z meninggal dunia.. (apa hubungannya ya?)..

Sebelum pulang foto2 dulu ya…

Sampai berjumpa dilain kesempatan….

2 thoughts on “Arung Jeram di Sungai Bahorok

  1. Hi,
    Saya Hendra saya butuh informasi tentang arung jeram di Bukit Lawang. Kalau boleh saya mau minta no. HP anda utk konsultasi mslh tersebut. Boleh sms ke +6014330199 atau e-mail ke mhendrad@yahoo.com. Terima kasih banyak atas bantuannya.

    Wassalam

  2. Sorry ya ikut nimbrung,,,
    kalau hendra kan org yg hobby dengan petualangan gitu,,, dan pernah jalan2 alias tour ke Bukit Lawang,, tapi gak tau ntah udah berapa kali dia kesana seh,,, yg artinya dia kan belum paham benar daerah Bukit Lawang secara keseluruhan,,,
    dan disarankan,,, ya,, kalau mau tau lebih tentang bukit lawang tanya aja ke No ne : +625261915430 kebetulan dia adalah paman aku yg bekerja sbg Kepala FFA / WWF disana,,, atau kamu bisa e-mail ke D1k4_coy85@yahoo.co.id

    Trimsss….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s