Pesta Danau Toba 2009

Hari sabtu dan minggu kemaren tepatnya tanggal 10-11 oktober 2009 saya dan teman saya menyempatkan diri untuk mengunjungi event di parapat, kabupaten simalungun, Sumatera Utara yang bertajuk “Pesta Danau Toba 2009”

Sebenarnya pesta ini sudah dimulai sejak Rabu (7/10) hingga Minggu (11/10). katanya tujuan acara ini adalah untuk mendongkrak citra pariwisata Sumatera Utara. Namun karena saya baru dapat libur hari sabtu, jadi cuma bisa datang dan kebagian akhir pesta aja.. hehe

Danau Toba

Pesta Danau Toba akan menampilkan berbagai atraksi budaya, di samping juga akan menggelar berbagai ajang olahraga tradisional. Dalam ajang ini akan tampil, antara lain, pagelaran tari dan kostum tradisional, pagelaran tari khas Batak yakni tari tor-tor serta sejumlah perlombaan, seperti lomba memancing dan berenang di Danau Toba. Juga akan ada lomba vokal grup dengan membawakan lagu-lagu daerah dan banyak kegiatan lain, termasuk penampilan atraksi budaya dari sejumlah daerah lain di luar Sumut, yang pada akhirnya diharapkan mampu menarik minat wisatawan menghadirinya.

Saya dan teman saya tiba di parapat hari sabtu menjelang magrib. Ternyata event yang ada sudah tidak meriah lagi, mungkin karena sudah penghujung acara? pada malam harinya baru ada acara pertunjukan tari2an khas toba dan beberapa lagu daerah. Menarik sekali tari2an yang ditampilkan. Selain itu terdapat juga semacam “pasar malam” disana.

Tor-tor.. (diambil dari flickrnya jamal Rahman)

Hal yang paling saya kesalkan disini adalah beberapa penginapan memasang tarif yang jauh lebih tinggi daripada hari hari biasa. Mau tidak mau kami harus terima karena hampir semua penginapan penuh akibat banyaknya wisatawan yang datang. Boro2 mau menikmati acara “pesta danau tobanya” kita malah sibuk mencari penginapan. Semoga hal seperti ini bisa diperbaiki kedepannya.

Besoknya kami melanjutkan perjalanan ke Tomok, Pulau Samosir.. Tempat ini belum berubah sejak adku datang terakhir kali.. (baca postingan yang ini) Bedanya, Disini ada pertunjukan langsung si Gale-Gale menari dengan cuma membayar 2000 rupiah .. Hm… Ada empat tarian dalam sekali pertunjukkan, dimulai dengan Gondang Mula-Mula, Gondang Somba, Gondang Mangaliat dan diakhiri dengan Gondang Sitiotio.

Tarian si Gale-Gale

Setelah puas berkeliling kami pulang karena sudah menjelang sore, sayang sekali kami belum sempat menyaksikan acara penutupan pesta danau toba ini..

2 thoughts on “Pesta Danau Toba 2009

  1. karena datang pas akhir2 jadi ga ngeliat keseluruhan acara… pokoknya lumayan serulah.. apalagi tari2annya…

    ohya udah link balik tuh.. thx ya…….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s