Satu Hari Keliling Kota jambi

Wah sudah lama juga saya tidak menulis di blog ini lagi (keasikan twitteran sih).. Saking lamanya sampai2 bingung mau menulis apa lagi disini karena terlalu banyak hal yang sudah terlewatkan.. Okelah saya coba sedikit bercerita (lagi2) tentang jalan-jalan.. hehehe.. Kali ini sasaran jalan-jalan saya cuma keliling kota jambi aja.. kebetulan lebaran tahun ini saya balik ke jambi, nah untuk bernostalgia saya sempatkan 1 hari penuh untuk berkeliling kota jambi naik sepeda motor..

Sekitar jam 10-an saya langsung tancap gas menuju tempat wisata berupa taman bermain satu2nya di kota jambi (CMIIW).. namanya adalah Taman Wisata Kampung Raja. Alamatnya di jalan lingkar barat nomor 108 kenali besar.. Ini pertama kalinya saya masuk ketempat ini, begitu masuk langsung kecewa berat, tempat ini penuh sesak.. masyarakat jambi memang miskin akan tempat hiburan jadi wajar kalau tempat ini langsung diserbu, apalagi saat itu masih dalam suasana lebaran.. Selain penuh sesak, tampak masih berantakan, mungkin karna jadi tempat ini masih baru dibuka?? ada beberapa permainan disini diantaranya kereta air, outbound, dan kolam renang.. tidak satupun yang sempat saya coba karena antriannya yang panjaaaaaang saking banyaknya pengunjung sementara wahana yang ada cuma sedikit..

Taman Raja

bebek-bebekan di Taman Raja

Udahlah daripada kecewa, saya keluar dan lanjutkan  perjalanan.. ohya bagi yang belum pernah ke jambi, di jambi juga terdapat monas.. terletak dikota baru jambi…sayangnya banyak anak2 muda mabok2an disini…

Tugu Monas Jambi

Selain itu, Jambi juga punya “ancol” loh… ancolnya jambi itu bernama Tepian Tanggo Rajo. Taman Tanggo Rajo sendiri berada di tepian sungai terpanjang di Sumatera, sungai yang menjadi salah satu kebanggaan Jambi, yakni, sungai Batanghari. Lokasinya mudah dicapai, karena berada tepat di tengah kota Jambi. Lebih tepatnya, setelah pasar Angso Duo, atau di depan rumah dinas (Rumdin) Gubernur Jambi. Bagi pengunjung yang datang dari luar kota Jambi, sarana transportasi dan akomodasi seperti penginapan, juga mudah didapat.Kalau dimalam hari, apalagi pada saat malam minggu, biasanya tempat ini raame banget dengan pasangan muda mudi yang sedang memadu kasih.. Kalau pada malam hari memang tempat ini indah sekali, cahaya lampu yang memantul di sungai batanghari begitu indah. Kebetulan saya datang ketempat ini masih siang, jadi tidak begitu ramai.. Paling enak duduk2 disini sambil melihat sungai batang hari, sambil makan jagung bakar dan minum es tebu.. apalagi kalau bersama pacar.. hwehehe..

Tangga Raja

Taman Tanggo Rajo

Sudah menjelang sore, saya lanjutkan ketempat lain.. di dekat bandara sulthan taha jambi, terdapat suatu area bekas MTQ yang lumayan rame dikunjungi orang2 yang ingin berolahraga, atau sekedar pengen nongkrong. di arena eks MTQ yang memiliki luas hampir 10 hektar ini, tempatnya tenang dan sejuk.

Rumah adat JAmbi (kerinci)

Di tempat ini banyak di temui anjungan rumah2 adat disetiap kabupaten di jambi, ada pula replika candi tinggi. Tempat ini memang cukup ramai. Apalagi pada saat  hari-hari libur. Sabtu dan Minggu. Selain itu jika ada event tertentu biasanya dia adakan di tempat ini. Cuma sayangnya tempat ini tampaak terlantar, padahal kalau dikelola dengan baik, pasti bisa menarik wisatawan.

Candi Tinggi

Masih di arena MTQ, kita juga dapat mengunjungi kebun binatang Taman Rimba. Disini terdapat beberapa satwa yang menarik untuk dilihat seperti Gajah, Harimau Sumatra, dll . Sayangnya lagi2 tempat ini sepertinya tak terurus.

Gajah di Taman Rimba

Sudah malam.. saatnya saya pulang… diperjalanan pulang melewati salah satu jembatan terkenal di jambi.. namanya adalah jemabatan Makalam.  Konon, nama Jembatan Makalam diambil dari nama gubernur pertama provinsi jambi yaitu Makalam. Nama ini digunakan karena untuk mengenang jasa-jasa beliau pada saat lahirnya Provinsi Jambi. tapi ada juga yang bialng Makalam itu kependekan dari Makam Lama. Jembatan Makalam menjadi keunikan tersendiri bagi masyarakat Jambi. Jembatan ini memilki panjang ± 500 meter dan lebar ± 10 meter. Jembatan ini menjadi penghubung jalan alternatif dari jalan Makalam ke Simpang Kapuk jika kita melewatinya dari arah Cempaka Putih.

Jembatan Makalam….

Sekian dulu ya Jalan Jalannya.. capek juga.. tidur dulu ah… zzzzz

2 thoughts on “Satu Hari Keliling Kota jambi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s