Istana Maimoon dan Masjid Raya Medan

Sudah sebulan lebih saya berada di kota Medan, tapi ntah mengapa baru sekarang saya sempatkan diri untuk mengunjungi 2 bangunan bersejarah di kota ini, yaitu istana maimoon (atau maimun ya?) dan masjid raya. Padahal sejak awal datang kemedan, tempat ini sudah jadi sasaran  saya. Mungkin dikarenakan image negatif dari kawan2 saya yang sudah pernah mengunjungi tempat ini, katanya gak terurus, ga menarik, dll. Untuk membuktikan bahwa image negatif itu tidak ada, mari kita kunjungi langsung tempat tersebut….

Istana Maimun

Tempat pertama yang dikunjungi adalah istana maimoon.. Kesan pertama begitu melihat istana ini adalah kuning.. ya memang warna kuning memang menjadi warna identik melayu.. nih ada info sedikit dari wiki :

Istana Maimoon merupakan sebuah istana yang terletak di Medan, Sumatera Utara, Indonesia. Dibangun pada tahun 1886. Istana ini di rancang oleh seorang arsitek Italia dan diselesaikan di tahun 1888 semasa pemerintahan Sultan Mahmud Al Rasyid. Dewasa ini istana tersebut masih didiami oleh keluarga–keluarga sultan. Ruangan pertemuan, foto–foto keluarga kerajaan Deli, perabot rumah tangga Belanda kuno dan berbagai senjata, terbuka bagi masyarakat yang ingin mengunjunginya.

Di samping istana terdapat bangunan karo, yang didalamnya ada meriam puntung.. kenapa kok karo? baca aja sendiri ceritanya ada disana.. hehehe..Didalam istana ada banyak ruangan, namun yang paling luas adalah ruang singgasana, disini banyak foto2, cermin, lampu2 hias, dan ornamen2 menarik.. loh kok ada jemuran di depan istana? ohh rupanya istana istana ini masih ditempati oleh keturunan keluarga raja jadi wajar saja..

Didalam istana maimun

Ni adalah ruang terluas di istana ini, disini terdapat singgasana.. dengan warna khasnya yang kuning..

Wew.. capek foto2 disitana maimoon, kita lanjutkan ke masjid raya yuk…

Masjid Raya

Setelah dari istana maimoon, tak jauh darisana terdapat banguan tua lainnya yaitu Masjid Raya.  Masjid Raya ini adalah salah satu peninggalan Kesultanan Deli di Sumatera Utara setelah Istana Maimoon. Masjid ini masih dipergunakan oleh masyarakat muslim untuk sholat [sembahyang] setiap hari. Sebagian bahan-bahannya dari Itali dipergunakan untuk dekorasi masjid ini. Sholat dulu yuk disini……….

Kesimpulanku memang ada beberapa hal yang sepertinya kurang terurus terutama di istana maimoon, namun secara kesuluruhan oke kok…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s