Wisata Sejarah di Museum SUMUT

Entah mengapa hari ini jiwa “indonesiaku” bangkit kembali.. sepertinya setelah melihat beraneka raham suku, agama, kebudayaan di sumatera utara ini, saya jadi merasa tertarik untuk mengetahuinya lebih lanjut. Oleh karena itu saya putuskan untuk mengunjungi tempat wisata yang paling jarang dikunjungi di sumatera utara yaitu museum sumut. Museum ini terletak di jalan M.Jhoni. Tidak begitu jauh dari makam pahlawan yang terletak di jalan sisingamangaraja.

Ornamen di atap

Museum ini berbentuk rumah adat batak, dengan berbagai macam campuran ornamen di atapnya.. ada ornamen karo, nias, batak, dll. untuk masuk kedalam, harga tiketnya sangat murah sekali, hanya 750 rupiah. Kalau bayar pake seribu masih ada kembalian buat beli permen. hehehe….

ayo kita masuk kedalam…

Dilantai satu, semua koleksi tertata dengan baik sekali. bergaya sangat modern. sepertinya baru aja di renovasi. disini ada bermacam2 ruangan dengan tema2 tersendiri, mulai dari ruang zaman batu, zaman megalitikum, zaman hindu, islam, kolonial, sampai dengan zaman kemerdekaan. Buat saya pribadi, yang paling menarik adalah ruang di zaman megalitikum, karena disini diperlihatkan patung2, makam, ukiran, aksara, dll dari masing2 suku dan daerah di sumut. bahkan replika makan raja sidabutar yang ada di pulau samosir pun ada disini.

salah satu patung yang ada di museum sumut tapi ga tau namanya :p (soalnya tanpa pemandu sih.)

ini terompet dengan ukiran2nya yang bagus sekali… mantap kan? bisa beli dimana ya?

” ko… saya mau beli obat penumbuh rambut? “
” haiya.. lu gak liat pala gw juga botakkk….”

Oke kita lanjutkan ke lantai 2. ternyata disini suasananya tidaklah semenarik di lantai 1 tadi, di tangga banyak coretan anak2 smu yag super kreatif, ditambah lagi banyak coretan di patung2 yang ada disana. Disini kita bisa melihat miniatur rumah adat, pakaian, alat musik, dsb. oh ya disini juga ada thai room. kenapa ada disini ya? saya juga agak bingung…

Sebenarnya masih banyak hal yang bisa dilihat disini, cuma karena saya lagi malas ngetik, mendingan liat sendiri aja masing2 hehehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s