Menuju Kisaran kabupaten Asahan

Setelah 4 minggu berkutat dengan ilmu THT di RSU djoelham, sekarang saatnya saya melancong lagi ke suatu daerah baru untuk menjalani stase koas berikutnya. tempat yang saya maksud adalah di kota kisaran yang merupakan ibukota kabupaten asahan sumut. disana saya akan mengambil stase public health atau kesehatan masyarakat. Sebenarnya malas juga pindah-pindah seperti ini, mana harus bawa barang banyak lagi. berattt…

Hari minggu jam 8 saya dan teman2 saya sudah berangkat dari binjai menuju medan, tepatnya di stasiun kereta api di dekat lapangan merdeka. Nanti darisana kami akan naik kereta api langsung menuju kota kisaran. Kebetulan waktu itu kami naek kereta api bisnis, jadi kami cukup membayar 55 ribu saja (kalau hari biasa 45 ribu). Jam 10.30 kereta api datang, kami segera naik sambil mengangkut barang2 yang super berat. ternyata suasana keretanya tidak begitu nyaman. walaupun di kelas bisnis, dan ber AC, masih ada aja anak2 muda yang seenaknya saja merokok sembarangan, bahkan setelah diingatkan oleh penumpang yang lain. Ya sudah , saya tidak menghiraukan orang tidak berotak pengertian seperti itu, saya asik melihat sepanjang jalan yang dilalui kereta. Ketika meninggalkan kota medan, disepanjang jalan kereta api banyak sekali perkampungan kumuh, saya jadi teringat jakarta, ternyata sama saja.

Bertani

Perjalanan dari medan ke kisaran memakan waktu kurang lebih 3 jam. Disepanjang perjalanan, akan banyak sekali ditemui perkebunan kelapa sawit, dan karet. Kabupaten Asahan merupakan salah satu sentra perkebunan di Provinsi Sumatera Utara, dan bahkan Provinsi Sumatera Utara menjadi penghasil kelapa sawit utama di Indonesia. Selain kelapa sawit dan karet, komoditi penting lainnya adalah kakao ( coklat ) dan kelapa. Hingga saat ini terdapat lebih dari 30 perusahaan perkebunan baik itu milik pemerintah, swasta nasional dan asing telah menguasai lahan lebih dari 140 ribu hektar dan menyerap sekitar 23 ribu tenaga kerja. Sementara perkebunan rakyat hanya menguasai kurang dari separuhnya, tetapi justru menyerap tenaga kerja lebih banyak yakni sekitar 50 ribu orang. Hasil perkebunan kelapa sawit dan kelapa tidak terbatas diambil buahnya, tetapi lidinya pun sudah mampu menembus pasar ekspor.

depan RS kisaran

Setelah kami sampai di setasiun kisaran, kesan pertama yang saya dapat : panasss.. sekali.., ternyata disini terasa lebih panas dari binjai. Mungkin saja ini dikarenakan kota ini terletak didataran rendah, tidak jauh dari pantai. Selai itu, kota ini agak lenggang, tidak ada mall. bahkan angkotpun tidak ada jarang terlihat. Saya akan berada dikisaran selama 8 hari. disini kami mendapat bimbingan mengenai program-program kesehatan masyarakat seperti imunisasi, KIA, kesehatan lingkungan, dll di dinas kesehatan Kisaran.

Kisaran

Saat sedang tidak ada tugas dan kegiatan, saya sempatkan berkeliling kota Kisaran.Kota ini tampak bersih dan rapi, jalan-jalan tidak ruwet, dan orang2 disini baik2. Disini banyak sekali gedung2 yang lumayan tinggi, tapi bukan untuk dihuni manusia, tapi dihuni oleh burung walet. ya.. disini buanyak sekali burung walet, suara2 mereka yang berisik selalu menemani disepanjang jalan. Sepertinya populasi mereka mengalahkan populasi manusia disini. haha.. Penduduk disini memiliki kebudayaan bervariasi, ada batak, melayu, china, india, dll.. Setiap kali berkata, ada tambahan kata “nya” di sela2 kalimat.

Makan

Yang paling menyenangkan adalah makanannya, disini makanan seafood banyak dan murah sekali. Berbagai macam ikan, udang, kerang, dll ada disini. Wah.. saya disini setiap hari makan ikan. Selain itu es kelapanya enak sekali, airnya manis, daging kelapanya tebal tapi empuk.. Oh ya di malam hari, (ehm) banyak .. (sensor)

43 thoughts on “Menuju Kisaran kabupaten Asahan

  1. top bro!!! gwa anak kisaran jgn kau caci kisaran tuh,
    ko tengok kota kisaran lbh nyaman dari pada kota medan!!!
    tpi klo malam bkn urusan kita bro,klo yg itu gwa angakt tangan,hanya dia dan tuhan yang tahu….thnks atas informasi nya.

  2. yup…..
    kisaran tuh “kota walet” bro!!
    hahaha….
    but, kisaran termasuk kota yang adem ayem tuh,,
    kalo demo sana sini ampe tawuran….kisaran kaenya engga ikut2an gt…
    (*hihii….bukan bela2in kota kelahiran sendiri ni)
    setelah pembuktian q yg da kliling kota,
    kisaran so far so good la….
    kapan2 kalo maen ke kisaran lagi cobain sate khas kisaran deh.
    jamin ketagihan bro!!

  3. betul apa yang dikatakan saudari santy. waktu kerusuhan 98 dan demo-demo besar lainnya di seluruh indonesia, kota kisaran tetap aman. tidak ada penjarahan, dan lain sebagainya.

    • benar,sekitar kisaran macam tanjung balai dll,cm kisaran saja anggota tenteranya kompak,perusuh tidak dpt masuk kota,salut buat penduduk kota kisaran,perusuh dr luar smua dicegat diluar kota kisaran,terima kasih buat penduduk kisaran yg kompak !

  4. Camne lak kos perbelanjaannye lau bermakam kat sane.?n malam ade pe lak 2 smpi nk secret direct jew coz kite owg m’sia nie xtaw maksud bro td…….

  5. terima kasih semuanye…,gw jd kangen ma kota kelahiran gw.(kisaran).
    dan sekolah tercinta (tamziz).kisaran.
    dah 7thn gw tinggalin tu kota..
    kisaran kota mak
    mur.,damai..,bersih..,pa lagi (LG) nya..hehehe,tahun ni gw harus plng ke kisaran…,

  6. Di kisaran nasi lomaknyo mantap kali. Apalagi mie goreng wak Amlet di tobing kisaran, mantap kali la…….Kalo di kota mie robus wak Udin sodap tak tertandingi…Wih rindu kali la samo kisaran kalo ado ondak manghubungi awak dan bakonalan kini awak tinggal di jakarta 081288859150

  7. Eh sye jga org kisaran jga lo, tpi gw tgl di meranti. Gw jga kngen nich ma kmpung 2 thn hrs meninggalkan kmpung.dan aq skrang ada di malaysia. Oy aku cuma mw ksi tw z aq bru tmat sklh lnsung ke malaysia,yaitu pda tgl 18-5-2010. Skrang umur aq bru 19 thn,blek nanti umur aq da 21 thn.oy klw mw lebih lanjut tentang dri aq hub aq ke no ini 0146675128.eh bkan mksd aq ntk cri prhtian y???,,

  8. hai ……..,,saya orang dari kalimantan timur ……
    saya dengar kota kisaran dari teman saya yg ada di kota kisaran situ juga , setelah saya lihat sekilas sepertinya suatu kota yg nyaman dan menyenangkan…….
    jd pengen k kisaran kyk x suatu t4 yg indah dan nyaman bgt ni ……..
    y sekalian jalan2……….

    • saya jg cuma mampir sebentar di kisaran. Emg kotanya lumayan bersih dan rapi tp sayangnya panas sekali. Siapakah yg ada d kisaran? Teman? Pacar? Haha

  9. ehmmmmmmm…………………..
    tp kayak x asik juga tu disana ……
    tp sayang x aq juga g pernah tau temen q tu seperti apa ,………
    kenal aja lewat telpon doank……….,,,wah2 kok jd curhat y ,, sorry ya . tp g pa2 juga lw mw dengerin …….

  10. awak jg anak kisaran,skrg di balikpapan lg tugas pengabdian bangsa..alhamdulilah ud 10 thn..kisaran itu memang indah kota kcl tp mengasikan,apa lg miso bacoknya ehem wenak tenan,kmpg awak di dadi mulyo,mamapir ya ke bok gemblong mebi nama awak

  11. trima kasi impormasi yg anda berikan…sunggu sgat luar biasa…,
    saya anak BB::KB:BATU BARA…DS air hitam…..
    sunggu cantik kota kisaran,yg begitu indah suwasananya.

  12. bergitu indah kabu paten batu bara,suasananya bagus lokasinya juga bagus.
    pegasilan sungguh luar biasa.saya bangga jadi anak batu bara..
    tempat pariwisatanya sungguh indah.misal ny.pantai perjuangan,pantai bunga,pantai
    sejara.pantai kelana.istana datuk niat lima laras,tanjung gading.taman rekreasi 100.
    dan banyak lagi yg lain-lain nya.

  13. semua org yang pernah tinggal di kisaran atau menetap untuk sementara di kota kecil ini, pasti mempunyai kesan” yang bebeda dan diantara semua kesan itu banyak yang positive>>
    kisaran cinta damai bung>>>>>
    sebagai anak kisaran aku cukup bangga dengan kota ku yg satu ini😀😀
    salam blogger

  14. bah sudah sampai kisaran kau bang…kota kelahiran ku itu…..begitulah kota kecil tapi tetep adem dihati walau cuacanya panas……malah saya berharap angkot jangan sampai banyak. lebih enak begitu…….

  15. Kota kisaran itu emang bikin kangenn aja, wlwpun setahun sekali saya menyambanginya untuk ritual pulang kampung sungkeman sama mamak dan abah serta kakak kakak dan adik2 ku, tapi itu masih kurang buat melepaskan rasa kangenn ku pada kota Kisaran, Pokoknya kalo udah pulkam kisaran, berasa tak mau balik lagi ke tempat kerja,,,,

  16. Untuk sarana transportasi di kisaran gimana ya, misal angkot atau lainnya. Sy ada tgas di Univ Asahan, kisaran. Mohon infonya teman.

  17. Saya baru seminggu di Kisaran karena pindah tugas. Tempat wisata dan kuliner unggulan Kisaran apa dan dimana ya?

  18. sekedar info !! klw kalian mau beli tiket pesawat hubungi DOKTER TRAVEL aja yaa…tepatnya di jln cokroaminoto ga perlu jauh2 ke medan. cz hrga qt sama sprti di online.

  19. Terima kasih buat pujiannya untk kota kisaran kita tercinta ini🙂
    kisaran memang indahhhh
    aku juga anak kisaran, salam kenal buat semuanya… I love you Kota Indah, Sejuk, Aman, Rapi, Adem, Nyaman.

  20. Melihat isi blog ini membuat saya terinspirasi juga untuk menulis artikel mengenai kota kisaran. Alhamdulillah banyak komentar positive mengenai kota ini. Kota dimana saya besar dan dilahirkan. Semoga dengan membaca blog ini dan setiap komentarnya bisa menjadi references saya untuk menulis di blog saya

  21. aku lahir di pondok sentang kisaran dan tahun 1975 km sekeluarga pindah dari sana ke batam prov kepri sekarang..kurun waktu itu sy tdk pernah pulang lihat kota kelahiranku..kepingin & sangat rindu sih..tapi y jika Tuhan memberikan rezeki tentunya bisa kesana..pasti jauh bedanya dulu dgn yg sekarang…..aku teringat lagunya d”llyoid….semalam di malaysia..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s